7 Cara Screenshot Di Laptop Yang Mudah Tanpa Ribet

Banyak dari kita yang menggunakan Laptop namun tidak tau menggenai tombol-tombol kombinasi saat menggunakan laptop. Salah satunya adalah Cara Screenshot Di Laptop yang mana mungkin akan belum bisa kita ketahui sebagai pengguna laptop baru.

Tombol windows sistem kombinasi di laptop sendiri ada kemungkinan berbeda-beda mengingat merek laptop yang banyak. Hal ini tentunya berbeda dengan tombol kombinasi saat digunakan di perangkat PC yang kemungkinan besar sama.

Pengguna laptop pastinya suatu saat membutuhkan screenshot untuk berbagai kebutuhan dengan alasan menampilkan tampilan layar laptop. Ada beberapa cara untuk melakukan screenshot di laptop salah satunya dengan menggunakan tombol kombinasi.

Selain tombol kombinasi sebenarnya ada juga cara lain untuk melakukan screenshot di laptop seperti dengan menggunakan aplikasi atau software tambahan. Meskipun terlihat repot menggunakan software tambahan hanya untuk SS, namun cara ini di anggap lebih praktis.

Banyak yang menggunakan software tambahan lantaran mereka akan lebih mudah juga akan ada fitur tambahan di dalam software terserbut. Sama halnya dengan software untuk Mengubah File PDF ke JPG untuk software screenshot di laptop juga akan banyak kita jumpai.

Cara Screenshot Di Laptop

Cara Screenshot Di Laptop Windows 10

Hal yang simple seperti cara screenshot laptop memang harusnya sudah ada di luar kepala mengingat fitur ini akan sering digunakan. Untuk berbagai kebutuhan cara screenshot di laptop memang sudah selayaknya diluar kepala dengan menggunakan berbagai cara.

Buat kamu yang masih bingung dengan berbagai alasan mungkin penjelasan PROJEKTINO.com kali ini untuk Cara Screenshot Di Laptop Yang Mudah Tanpa Ribet bisa di praktekan. Simak beberapa cara dibawah ini.

1. Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

Tangkapan layar atau screenshot pada laptop memiliki cara yang berbeda-beda, salah satunya adalah dengan cara menekan tombol yang berlogo Windows Key + Shift + S yang ada di keyboard Laptop kamu. Setelah kamu menekan tombol tersebut secara bersamaan, maka layar akan meredup dan penunjuk mouse pada Laptop akan berubah.

Key + Shift + S

Setelah itu, kamu bisa memilih bagian layar yang akan di screenshot dengan cara menarik kursor sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, kamu menginstall terlebih dahulu sistem operasi Windows 10 atau versi yang terbaru agar cara ini bisa berfungsi dengan baik.

2. Menggunakan Snipping Tool

Cara selanjutnya untuk melakukan screenshot adalah dengan menggunakan Sniping Tool. Dengan cara ini, kamu hanya tinggal mengetik saja kata Snipping Tool pada kolom pencarian Windows, setelah itu akan muncul lima pilihan menu yaitu, New, Mode, Delay, Cancel dan Options.

Untuk melakukan screenshot, kamu bisa pilih menu mode yang didalamnya terdapat empat pilihan yaitu, Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip dan Full-screen Snip yang bisa kamu pilih untuk melakukan screenshot pada layar Laptop kamu. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari Windows sehingga kamu tidak perlu menginstall aplikasi ini untuk melakukan screenshot.

3. Menggunakan Tombol Print Screen

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan screenshot pada Laptop kamu. Kamu hanya tinggal pencet satu kali tombol Print Screen yang berada di pojok kanan atas dan biasanya tombol Print Screen dilabeli dengan prt sc, prnt scrn atau prt scr tergantung pada merek Laptop yang kamu punya, setelah pencet tombol tersebut kemudian hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di clipboard.

Cara untuk melihat hasil screenshot pada Laptop adalah dengan membuka aplikasi Paint atau aplikasi sejenis yang terinstall pada Laptop. Sedangkan untuk menyimpannya kamu bisa menekan tombol Ctrl + V atau menyalin screenshot dengan klik kanan pada tombol Mouse lalu pilih paste, setelah itu kamu bisa menyimpan screenshot tersebut dengan folder yang sesuai dengan keinginanmu.

4. Menggunkan Aplikasi Dropbox

Untuk menggunakan cara ini, kamu harus menginstallnya terlebih dahulu karena aplikasi ini bukan aplikasi bawaan Laptop. Salah satu fitur yang terdapat dalam aplikasi ini adalah bisa melakukan screenshot dengan cepat dan otomatis sehingga akan memudahkanmu saat melakukan screenshot.

Cara untuk menyimpan hasil screenshot tersebut adalah dengan memilih menu Preference lalu klik opsi import, setelah muncul tulisan “save screenshots to your Dropbox” kemudian beri tanda centang pada tulisan tersebut lalu tekan tombol Print Screen dan screenshot akan tersimpan di akun Dropbox kamu.

Jika kamu ingin melihat hasil screenshot kamu, kamu bisa membuka folder Dropbox pada Windows Explorer, kamu juga tidak perlu khawatir file screenshot kamu hilang jika Laptop kamu rusak karena file ini tersimpan secara online sehingga file akan tetap aman dengan menggunakan aplikasi Dropbox ini.

5. Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Bagi kamu yang memiliki Laptop dengan Windows 10, ada cara yang lebih efisien untuk melakukan screenshot pada Laptop kamu. Hanya dengan menekan tombol berlogo Windows dan ditambah dengan menekan tombol PrtScr secara bersamaan, screenshot sudah berhasil dan kamu tidak perlu manyalin hasil screenshot tersebut di Paint.

Windows + PrtScr

Kamu juga tidak perlu repot untuk menyimpan hasil screenshot kamu karena dengan menggunakan kedua tombol ini. Hasil screenshot akan langsung tersimpan secara otomatis di direktori C pada folder User. Dengan demikian, kamu tidak perlu takut lupa menyalin diprogram pengolahan gambar lainnya karena screenshot sudah tersimpan secara otomatis di perangkat Laptop kamu.

6. Menggunakan Game Bar

Salah satu program bawaan Windows 10 untuk melakukan screenshot adalah Game Bar. Program yang satu ini memungkinkan kamu untuk melakukan screenshot seperti pada video game, merekam atau menyiarkan secara langsung video game kamu dengan lebih cepat.

Cara untuk melakukan screenshot dengan menggunakan Game Bar adalah dengan menekan tombol berlogo Windows + G secara bersamaan sampai muncul tulisan “Yes, this is a game”.

Setelah muncul tulisan tersebut kenudian pencet tombol berlogo Windows + Alt + PrtScr atau ikon kamera dan hasil screenshot kamu akan tersimpan secara otomatis pada folder User direktori C di perangkat Laptop kamu.

7. Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Kombinasi tombol lain yang bisa digunakan untuk melakukan screenshot adalah dengan memencet tombol Alt ditambah dengan tombol PrtScr secara bersamaan. Hasil screenshot yang ditampilkan oleh kedua tombol ini yaitu hanya menampilkan jendela yang sedang aktif sehingga kamu bisa mengambil screenshot sesuai dengan yang kamu butuhkan tanpa harus memotong yang tidak perlu.

Alt + PrtScr

Untuk menyalin dan menyimpan hasil screenshot juga memiliki cara yang berbeda disetiap perangakat, bisa dengan menekan tombol Alt + PrtScr. Bisa juga dengan menekan tombol Alt + fn + PrtScr jika Laptop kamu tidak bisa melakukan penyimpanan screenshot menggunakan dua tombol. Cara yang satu ini paling banyak disukai karena lebih mudah untuk melakukan screenshot pada bagian yang dibutuhkan saja.

Kesimpulan

Ada banyak cara melakukan screenshot di laptop dibamana 7 cara diatas merupakan cara yang paling mudah menurut projektino. Selain juga cara screenshot di laptop diatas bisa kamu praktekan di semua merek laptop apapun tanpa.

Urutan cara melakukan screenshot pada laptop tentunya akan sangat mudah jika kamu sudah paham betul dimana lokasi key kombinasi yang akan digunakan. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat simak juga informasi menarik lainnya seperti Cara Membersihkan RAM HP Oppo.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar