15 Cara Mengecek Bantuan UMKM BRI Online 2021

Pemerintah memberikan bantuan BLT UMKM untuk membantu para UMKM yang terdampak pandemi Corona. Bantuan tersebut disalurkan secara online melalui Bank BRI. Namun tidak semua UMKM mendapatkannya, dan untuk mengetahui bagaimana cara mengecek bantuan UMKM BRI online silahkan simak di bawah ini.

Sebenarnya bantuan BLT UMKM tidak hanya disalurkan oleh Bank BRI saja, namun juga Bank BNI dan Bank Mandiri Syariah. Hanya saja untuk saat ini kami akan secara khusus membahahas mengenai cara cek bantuan BLT UMKM BRI yang nilai bantuannya mencapai RP. 2.4 Juta.

Untuk mengetahui apakah mendapatkan bantuan atau tidak harus mengeceknya secara online. Caranya sangat mudah karena sudah ada form khusus untuk mengecek bantuan UMKM BRI Online. Nantinya anda tinggal memasukan Nomor KTP dan setelah itu akan muncul informasi apakah mendapatkan bantuan BLT UMKM BRI atau tidak.

Jangan kecewa apabila tidak mendapatkan bantuan. Sebab bantuan BLT BRI ini hanya dikhususkan untuk UMKM yang belum pernah mengajukan pinjaman apapun dari Bank. Jadi apabila anda pernah mengajukan pinjaman ke Bank maka kecil kemungkinan akan mendapatkan bantuan BLT UMKM tersebut.

Bantuan dari Bank BRI ini sebenarnya memiliki nama BPUM (Bantuan Presiden Untuk Usaka Mikro). Bantuan ini sudah masuk ke tahap pertama sudah 100% disalurkan ke UMKM yang membutuhkan. Bagi yang belum mendapatkannya tidak perlu kecewa, karena kabarnya pemerintah sedang menyiapkan bantuan BLT UMKM tahap 2.

Nantinya UMKM yang mendapatkan bantuan BLT ini harus mengecek terlebih dahulu apakah namanya terdaftar atau tidak pada situs BPUM BRI. Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengecek bantuan UMKM BRI Online 2021, silahkan simak caranya pada artikel projektino.com berikut ini.

Cara Mengecek Penerima Bantuan UMKM BRI Online

Cara Mengecek Bantuan UMKM BRI Online 2021

Syarat Menerima Bantuan UMKM 

Seperti yang kami sampaikan di atas, tidak semua UMKM bisa mendapatkan bantuan UMKM BRI. Ada beberapa syarat agar bisa menerima bantuan ini, dan untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak di bawah ini

  1. Merupakan UMKM dan memiliki Usaha Mikro
  2. Bantaun BPUM hanya untuk Warga Negara Indonesia
  3. Memiliki KTP 
  4. Penerima bantuan buka ASN, TNI/POLRI ataupun pegawai BUMN/BUMD
  5. Penerima bantuan tidak sedang sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.
  6. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Dari syarat di atas dapat kita simpulkan, bahwa bantuan BPUM hanya diberikan untuk pelaku Usaha Mikro yang tidak pernah mengajukan pinjaman dari Bank, terutama Kredit Usaha Rakyat (KUR).  Nah bagi yang merasa tidak pernah mengajukan pinjaman ke Bank maka bisa mencoba cara mengecek bantuan UMKM BRI berikut ini. 

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM BRI Online

Cara Mengecek Bantuan UMKM BRI Online

Sebenarnya ada dua cara cek penerima bantuan UMKB BRI Online. Yang pertama adalah secara online dan yang kedua lewat SMS. Hanya saja tidak semua penerima bantuan telah mendaftarkan nomor hp-nya ke Bank BRI sehingga banyak penerima bantuan yang tidak mendapatkan SMS.

Bagi yang tidak mendapatkan SMS kami sarankan untuk mengecek bantuan BRI secara online. Adapun caranya silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini. 

  1. Silahkan buka halaman https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Kemudian masukan nomor KTP yang anda miliki
  3. Berikutnya masukan kode verifikasi
  4. Setelah itu klik tombol Proses Inquiry
  5. Lalu akan muncul informasi apakah Nomor ekTP terdaftar sebagai penerima BPUM atau tidak.

Apabila sudah dicek dan ternyata mendapatkan bantuan maka harus melakukan verifikasi ke Bank BRI untuk mencairkan bantuan tersebut. Proses pencairan bantuan cukup mudah, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuh. Adapun syarat-syaratnya silahkan simak di bawah ini.

Syarat Mencairkan Bantuan UMKM BRI

Ada beberapa syarat pencarian bantuan UMKM BRI. Syaratnya cukup mudah, karena tinggal membawa beberapa dokumen sebagai berikut.

  1. Buku tabungan BRI
  2. Kartu ATM BRI
  3. Kartu Indentitas (eKTP) sesuai dengan nama penerima bantuan
  4. Suarat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau Surat Kuasa Penerima dana BPUM

Silahkan menyiapkan semua persyaratan di atas saat melakukan pencairan bantuan UMKM BRI. Kemudian tinggal datang ke kantor cabang BRI terdekat atau ke bank penyalur yang sudah ditentukan. Setelah proses pencairan selesai maka bantuan akan langsung masuk ke rekening penerima bantuan UMK BRI.

Bantuang yang diberikan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Untuk saat ini nominal bantuan yang diberikan sebesar Rp. 2.4 Juta. Untuk bantuan UMKM BRI tahap 2 mungkin jumlahnya lebih besar atau bahkan lebih kecil. 

Dengan adanya bantuan BPUM ini diharapkan para UMKM tetap mampu menjalankan bisnisnya ditengah-tengah Pandemi Corona yang entah sampai kapan akan berakhir. Untuk saat ini tinggal menunggu bantuan tahap 2 yang masih masuk ke proses pembahasan anggaran.

Kesimpulan

Bagi yang baru mendapatkan informasi mengenai bantuan BPUM BRI maka bisa mencoba cara mengecek bantuan UMKM BRI online di atas. Siapa tahu nama anda terdaftar sehingga bisa mencairkan bantuan tersebut. 

Nah demikianlah informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Screenshot Di Laptop Yang Mudah” dan beragam informasi bermanfaat lainnya. 

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar