8 Cara Mendinginkan HP Saat Bermain Game

Jika dulu bermain game hanya bisa di perangkat konsol maka beberapa tahun kebelakang barmain game di perangakat smartphone juga semakin asik. Namun beberapa kendala akan kita jumpai seperti panas, oleh sebab itu pengguna harus tau Cara Mendinginkan HP Saat Bermain Game.

Game dengan ukuran besar yang membuat penggunannya harus online memang sudah pasti akan membuat ponsel cepat panas. Seperti kita ketahui panas merupakan musuh utama barang elektronik seperti hp baik android maupun IOS jika di geber bermain game HD sudah pasti akan panas.

Panas yang berlebihan pada ponsel saat bermain game juga akan membuat kita tidak nyaman saat mengunakannya. Untuk mengatasi hal tersebut memang akan ada beberapa kiat Mendinginkan HP Saat Bermain Game seperti dengan tambahan alat sampai dengan Optimasi smartphone.

Beberapa langkah dalam membuat ponsel tetap terjaga dalam suhu yang bersahabat dalam memainkan game kesukaan memang harus di lakukan. Selain untuk memberikan permainan yang mengasikan juga memberikan umur panjang bagi perangkat tersebut. Sama halnya dengan Penyebab HP Panas yang perlu di atasi untuk memulihkannya dengan cepat juga butuh tindakan.

Tutorial Cara Mendinginkan HP

Cara Mendinginkan HP Saat Bermain GameAda beberapa langkah mudah untuk mendingkan ponsel android yang panas saat bermain game. Namun kamu perlu tau juga kalau spek game yang di mainkan cocok dengan spek ponsel kamu.

Jika HP dengan spek menengah kebawah di paksakan untuk bermain game sudah pasti hp tersebut akan semakin panas. Ikuti beberapa langkah PROJEKTINO.COM berikut ini menggenai Cara Mendinginkan HP Saat Bermain Game

1. Layar Yang Terlalu Cerah

Cara Mendinginkan HPLayar yang terlalu cerah ternyata bisa menyebabkan HP cepat panas saat digunakan untuk bermain game. Tidak hanya saat bermain game online saja, namun saat bermain game offline juga bisa menyebabkan HP cepat panas jika layar HP terlalu cerah.

Selain menyilaukan mata, layar yang terlalu cerah juga menyebabkan kinerja pada HP akan berkurang sehingga HP menjadi ngelag jika digunakan untuk bermain game secara terus-menerus. Agar tehindar dari masalah seperti ini, sebaiknya atur tingkat kecerahan pada layar HP kamu dengan menggunakan mode otomatis sehingga layar akan menyesuaikan tingkat kecerahannya baik itu ditempat gelap ataupun ditempat yang terang.

2. Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Terlalu Banyak

Jika kamu memiliki HP dengan RAM besar, mungkin tidak masalah jika banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang karena masih terdapat ruang kosong di HP yang memiliki RAM yang besar tersebut. Namun berbeda dengan HP yang memiliki RAM kecil, pastinya jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menyebabkan masalah, salah satu masalah tersebut adalah HP menjadi cepat panas saat digunakan untuk bermain game.

Hal ini terjadi karena perangkat harus bekerja lebih keras untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal seperti ini, kamu bisa menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan dilatar belakang tersebut dengan cara seperti, klik menu “Settings” lalu pilih “Aplikasi” kemudian pilih aplikasi yang diinginkan dan klik pada tulisan “PAKSA BERHENTI” atau bisa juga dengan cara menekan garis tiga vertikal yang terletak disebelah pojok kiri bawah layar utama kemudian muncul aplikasi yang sedang berjalan dilatar belakang lalu pilih “TUTUP SEMUA” dan aplikasi yang sedang berjalan sudah berhasil dihentikan.

3. Game yang Dimainkan Tidak Sesuai dengan Spesifikasi HP

Penyebab HP PanasBanyak game berat yang dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang dan terkadang tidak peduli dengan spesifikasi HP yang dimilikinya. Spesifikasi pada HP juga sangat berpengaruh terhadap kondisi HP, jika game yang dimainkan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki oleh HP tersebut, maka HP akan menjadi cepat panas ketika dimainkan.

Maka dari itu, sebelum mendownload game berat sebaiknya perhatikan terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki HP kamu agar HP tidak cepat panas ketika dimainkan. Apabila kamu tetap ingin memainkan game berat, maka sebaiknya beli HP yang baru dengan spesifikasi yang mumpuni.

4. Bermain Game Sambil Di Charge

Bermain game sambil di Charge pastinya sering dilakukan bagi pecinta game yang memiliki HP dengan kapasitas baterai kecil sehingga baterai tidak tahan lama ketika digunakan. Apalagi jika pas main game sedang seru-serunya yang menjadikan saat main game tidak ingin terhenti oleh daya baterai yang habis sehingga saat main game HP tersebut sambil di Charge.

Hal inilah yang menyebabkan HP cepat panas saat digunakan untuk bermain game, bahkan jika dilakukan terus-menerus akan menyebabkan kerusakan pada baterai yang menjadikan baterai cepat habis. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka sebaiknya jangan Charge HP ketika sedang digunakan atau jika perlu ganti baterai dengan kapasitas yang besar dan berkualitas bagus sehingga baterai akan lebih tahan lama.

5. Periksa Sambungan Bluetooth, WiFi dan GPS

Ketiga fitur ini memang wajib dimiliki oleh sebuah Smartphone karena jika ada salah satu sambungan yang tidak berfungsi, maka akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual pada HP tersebut. Namun, apabila ketiga fitur tersebut menyala secara bersamaan, maka akan menyebabkan baterai menjadi cepat panas apalagi saat digunakan untuk bermain game.

Terkadang kita tidak sadar bahwa HP yang cepat panas terjadi karena sambungan seperti Bluetooth, GPS dan WiFi tersebut menyala walaupun tidak digunakan. Maka dari itu, sebelum bermain game sebaiknya periksa sambungan terlebih dahulu jangan sampai sedang asik-asiknya main game malah terkendala oleh HP yang cepat panas.

6. Kondisi Baterai Sudah Rusak

HP rusakHP yang digunakan secara terus-menerus dan sering digunakan untuk bermain game sudah pasti akan berpengaruh terhadap ketahanan pada baterai. Apalagi jika baterai sudah lama tidak diganti yang menyebabkan kondisi baterai akan semakin rusak sehingga HP akan menjadi cepat panas ketika digunakan.

Bahkan jika digunakan untuk main game, HP tersebut akan semakin panas sehingga mengakibatkan HP menjadi ngelag dan harus dimatikan terlebih dahulu agar suhu pada HP tersebut normal kembali. Jika tidak ingin hal tersebut terulang lagi, maka yang harus dilakukan adalah mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru dan yang berkualitas tinggi.

7. Bermain Game di Tempat yang Panas

Sering kita tidak menyadarinya bahwa diluar ruangan, apalagi ditempat yang panas akan menyebabkan HP menjadi ikut panas. Terkadang niat hati ingin bermain game sambil menghirup udara segar, namun tidak memperhatikan suhu di tempat tersebut karena terlalu asik bermain game.

Jika diluar ruangan sudah pasti kecerahan layar akan dimaksimalkan yang menjadikan HP akan cepat panas saat diguanakan untuk bermain game. Agar HP tersebut tidak cepat panas, maka sebaiknya saat bermain game di dalam ruangan saja, apalagi ruang tersebut memiliki pendingin ruangan pastinya HP juga tidak cepat panas dan kamu pun bisa lebih nyaman saat bermain game.

8. Gunakan Fan Cooler HP

Cara Mendinginkan HP Saat Bermain Game yang paling efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan fan cooler HP. Trend menggunakan fan cooller memang sedang sangat di gemari belakangan ini seiring semakin banyknya ponsel gaming yang mengadopsinya.

Beberapa ponsel gaming juga menawarkan keseruan dengan hadirnya fan coller secara terpisah. Perangkat fan cooler hp di jual dengan harga yang beragam mulai dari 100 ribuan sampai 1 jutaan tergantung dari merk fan tersebut.

Kesimpulan

Mengetahui spesifikasi ponsel merupakan hal yang paling wajib rasanya jika ingin memainkan game HD. Bagaimana tidak game HD juga terkadang masih panas di mainkan pada ponsel Flagship 10 jutaan keatas. Oleh sebab itu lebih bijak rasanya jika tidak memaksakan ponsel kita bermain game dengan spek yang melebihi kemampuannya.

Itu dia beberapa Cara Mendinginkan HP saat bermain game HD di android semoga bisa di aplikasikan dengan baik. Simak juga beragam informasi menarik selanjutnya seperti Cara Cek Garansi iPhone Lewat IMEI yang pastinya akan sangat berguna untuk kamu yang hendak membeli iPhone.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar