7 Cara Cek Garansi iPhone Lewat IMEI

Apple memberi kemudahan bagi pengguna iPhone untuk mengecek status garansi secara online. Dengan adanya layanan ini maka pengguna iPhone bisa mengecek status garansi, apakah masih berlaku atau tidak. Caranya juga sangat mudah dan bagi belum mengetahui bagaimana cara cek garansi iPhone online silahkan simak informasi berikut ini.

Tidak semua iPhone di Indonesia merupakan produk resmi. Ada banyak sekali iPhone garansi internasional yang dijual di Indonesia. Biasanya dijual dengan harga lebih murah dibanding iPhone garansi resmi yang harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Yah, harga iPhone memang dikenal mahal. Meskipun begitu smartphone buatan Apple ini tetap laris manis di Indonesia. Hal ini tak lepas dari kualitas iPhone yang dikenal mendunia sehingga banyak orang yang tidak ragu membelinya. Namun sebelum membeli iPhone kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek garansinya.

Kami tidak menyarankan membeli iPhone garansi internasional. Harganya memang lebih murah, namun tidak bisa klaim garansi ke Apple Indonesia (iBox). Tentu hal sangat merepotkan. Terlebih jika terjadi kerusakan sebelum masa garansi berakhir. Apple sendiri memberikan garansi selama 1 tahun penuh untuk semua perangkat yang mereka pasarkan.

Masalah garansi sangatlah penting. Oleh karena itulah kami sarankan untuk terlebih dahulu mengecek garansi sebelum membeli iPhone baru ataupun bekas. Untungnya cara cek garansi iPhone sangat mudah dan untuk mengetahui caranya silahkan simak artikel projektino.com dibawah ini.

Tutorial Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Garansi iPhone

1. Cek IMEI Terlebih Dahulu

Cara termudah mengecek garansi iPhone adalah melalui nota pembelian. Apabila tanggal pembelian pada nota sudah melebihi 1 tahun maka berarti garansi sudah hangus. Namun tidak semua penjual iPhone, terutama iPhone bekas memberikan nota pembelian awal. Alhasil banyak orang kesulitan mengetahui garansi iPhone, apakah masih berlaku atau tidak.

Agar bisa mengecek garansi iPhone, anda harus terlebih dahulu mengetahui Nomor Seri atau IMEI. Ada banyak cara mengecek IMEI iPhone. Kami sudah pernah membahasnya pada artikel “Cara Cek IMEI iPhone“. Perlu anda ketahui, setiap iPhone memiliki nomor seri berbeda-beda. Sebab nomor tersebut merupakan identitas dari iPhone itu sendiri.

Apple menggunakan IMEI untuk mendeteksi garansi smartphone miliknya. Tak hanya itu, IMEI juga digunakan oleh Kemenperin untuk mendeteksi iPhone garansi resmi dan non-resmi. Silahkan anda terlebih dahulu mengeceknya melalui dusbook, menu pengaturan, slot sim, ataupun backcover iPhone. Setelah mengetahui nomor IMEI maka tinggal mengecek garansi dengan cara sebagai berikut.


2. Buka Situs Cek Garansi iPhone

Langkah selanjutnya adalah membuka situs cek garansi iPhone. Silahkan buka situs https://checkcoverage.apple.com/id/id/. Situs tersebut merupakan website resmi yang disediakan Apple khusus untuk mengecek garansi. Kalian bisa menggunakannya untuk mengecek garani semua jenis iPhone, baik seri lama ataupun seri terbaru.


3. Masukan Nomor IMEI

Cek Garansi iPhone

Setelah situs berhasil terbuka, maka langkah selanjutnya adalah memasukan IMEI pada kolom Nomor Seri. Masukan IMEI dengan benar. Apabila salah maka pengecekan garansi akan gagal. Sebagai contoh kami akan mengecek iPhone 5s dengan nomor IMEI 358752053530303.


4. Masukan Kode Verifikasi

Cara Mengecek Garansi Apple  iPhone

Langkah selanjutnya adalah memasukan kode verifikasi yang muncul pada website. Setelah itu tinggal klik tombol Lanjutkan untuk mulai pengecekan garansi.


6. Melihat Informasi Garansi iPhone

Berikutnya akan muncul halaman Perlindungan Servis dan Dukungan iPhone. Dimana pada halaman tersebut akan terlihat dengan jelas informasi garansi apakah sudah berakhir atau masih aktif. Kebetulan pada handphone yang kami cek garansinya sudah berakhir. Selain itu, anda juga bisa mengecek apakah tanggal pembelian handphone valid atau tidak.


7. Cara Klaim Garansi

Dengan mengikuti tutorial di atas maka anda bisa mengetahui apakah garansi iPhone masih berlaku atau tidak. Jika muncul tulisan Perlindungan Perbaikan dan Servis Berakhir maka berarti garansi sudah tidak berlaku lagi. Namun anda tetap bisa melakukan perbaikan dengan membayar biaya service dan penggantian spare-part.

iPhone garansi resmi ataupun non-resmi tetap bisa melakukan perbaikan di iBox ataupun service center Apple resmi lainnya. Namun klaim garansi hanya berlaku untuk iPhone garansi resmi yang mengalami kerusakan bukan karena faktor human error. Jika kerusakan disebabkan human error seperti terjatuh, terbentur, ataupun rusak terkena air maka garansi tidak berlaku.

Apabila ingin klaim garansi ada beberapa syarat yang harus dipenuh. Diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Klaim garansi hanya bisa dilakukan iBox dan service center resmi Apple
  2. Membawa buku garansi dan nota pembelian untuk berjaga-jaga
  3. Kerusakan iPhone bukan karena faktor human error
  4. Masa garansi masih berlaku

Kesimpulan

Saat klaim garansi petugas akan terlebih dahulu mengecek kerusakan iPhone, apakah karena faktor human error atau bukan. Jika kerusakan karena kesalahan produksi dan kesalahan sistem maka bisa klaim garansi. Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu mengecek apakah garansi masih berlaku atau tidak.

Silahkan mencoba tutorial cara cek garansi iPhone di atas untuk memastikan apakah garansi masih berlaku atau sudah berakhir. Apabila masih ada pertanyaan seputar informasi di atas, silahkan simak halaman FAQ berikut ini. 

Bagaimana Cara Mengetahui Sisa Garansi iPhone?

Silahkan buka website checkcoverage.apple.com yang merupakan situs khusus untuk mengecek garansi semua jenis iPhone

Apakah iPhone Garansi Internasional Bisa Klaim Garansi?

Tidak bisa. Klaim garansi hanya berlaku untuk iPhone garansi resmi iBox atau TAM

Apa Itu iPhone Garansi Internasional?

iPhone garansi internasional merupakan iPhone yang dibeli di luar negeri.

Berapa Lama Masa Garansi iPhone?

Apple memberikan garansi selama 1 tahun penuh

Apa Garansi iPhone Bisa Hangus?

Bisa, jika kerusakan terjadi karena huma error, termasuk jailbreak, terkena air, terbentur, dan terjatuh.

Nah demikianlah informasi seputar cara cek garansi iPhone semua tipe. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengguna iPhone yang ingin mengetahui sisa masa garansi. Simak pula informasi sebelumnya mengenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan OPPO dan beragam artikel lainnya.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar