Semua nasabah Bank Mandiri berhak mendapatkan beragam fasilitas perbankan. Salah satunya adalah SMS Banking. Nah bagi yang ingin mengetahui cara daftar SMS Banking Mandiri silahkan simak informasi projektino.com berikut ini.

SMS Banking Mandiri bisa menjadi allternatif selain Mobile Banking dalam bertransaksi. Fasilitas perbankan ini memungkinkan nasabah Bank Mandiri untuk bertransaksi lewat hp dengan cara yang mudah, fleksibel, dan efisien.

Menariknya lagi, sms banking Mandiri bisa diakses di semua tipe handphone dan smartphone tanpa perlu koneksi internet. Inilah salah satu kelebihan SMS Banking Mandiri dibanding mobile banking yang hanya terbatas untuk smartphone Android dan iPhone saja.

Agar bisa menggunakan fasilitas perbankan ini, nasabah Bank Mandiri harus terlebih dahulu mendaftar SMS Banking Mandiri. Ada dua cara mendaftar layanan ini. Pertama adalah lewat ATM dan yang kedua melalui kantor cabang Mandiri terdekat. Lalu apa saja syaratnya?

Syarat Daftar SMS Banking Mandiri

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Ada beberapa syarat daftar SMS Banking Mandiri. Persyaratan untuk daftar melalui ATM dan kantor cabang juga berbeda. Namun pada intinya harus memiliki nomor handphone atau sim card yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Apabila mendaftar SMS Banking Mandiri di kantor cabang maka harus mengisi formulir pendaftaran. Selain itu, nasabah bank Mandiri bisa melakukan pendaftaran SMS Banking melalui ATM
  2. Pendaftaran melalui ATM harus menggunakan kartu debit Mandiri
  3. Untuk mendaftar di kantor cabang harus menunjukan kartu identitas (KTP, SIM, Paspor atau KMS) serta kartu ATM dan buku rekening
  4. Harus memiliki SIM Card dari operator GSM atau CDMA yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri
  5. Nasabah harus membuat PIN SMS Banking di ATM atau melalu kantor cabang
  6. Nomor handphone harus aktif untuk proses verifikasi

Sebelum mendaftar SMS Banking Mandiri, pastikan telah memiliki SIM Card atau nomor handphone dari provider Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan 3 (Tri). Nomor yang digunakan untuk mendaftar harus aktif dan memiliki pulsa yang mencukupi.

Setelah mengetahui semua syarat yang dibutuhkan maka selanjutnya tinggal melakukan pendaftaran SMS Banking Mandiri melalui ATM atau kantor cabang terdekat. Bagi yang tidak ada waktu ke kantor cabang maka lebih baik mendaftar di ATM Mandiri.

Cara daftar SMS Banking Mandiri di ATM sangat mudah, namun pendaftaran di ATM hanya terbatas untuk transaksi non-finansial seperti cek saldo, mutasi, dll. Sedangkan untuk transaksi finansial seperti transfer, beli pulsa, dll harus melalui kantor cabang.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri di ATM

Bagi yang tidak ada waktu untuk datang ke kantor cabang maka bisa terlebih dahulu mengaktifkan SMS Banking Mandiri lewat ATM. Adapun cara mendaftarnya silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini. 

  1. Datang ke gerai ATM Mandiri terdekat
  2. Masukan kartu ATM ke slot yang tersedia
  3. Kemudian pilih Bahasa Indonesia atau Bahasa InggrisCara Mendaftar SMS Banking Mandiri
  4. Selanjutnya masukan 6 Digit Pin ATMMasukan Pin ATM Mandiri
  5. Setelah masuk ke menu utama, silahkan pilih “Transaksi LainnyaDaftar SMS Banking Mandiri di atm
  6. Kemudian pilih “Pendaftaran E-BankingPendaftaran E-Banking Mandiri
  7. Selanjutnya pilih “Mobile BankingDaftar Mobile Banking Mandiri
  8. Kemudian akan muncul informasi konfirmasi nomor hp. Silahkan pilih “LanjutCara Daftar Mandiri SMS
  9. Langkah selanjutnya masukan Nomor Handphone, lalu pilih “Benar“. Pada langkah ini pastikan pulsa mencukup untuk menerima SMS OTP
  10. Berikutnya anda harus membuat PIN Mandiri SMS yang terdiri dari 6 Digit, lalu pilih “BenarBuat PIN SMS Banking Mandiri
  11. Masukan sekali lagi PIN Mandiri SMS, lalu pilih “BenarPIN SMS Banking Mandiri
  12. Kemudian layar ATM akan menampilkan menu untuk mengaktifkan notifikasi Mandiri SMS. Silahkan pilih “Ya
  13. Selanjutnya masukan tanggal lahir dengan format (DDMMYYYY), lalu pilih “Benar“.
  14. Kemudian masukan nomor OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor yang telah didaftarkan pada langkah sebelumnya.
  15. Setelah itu anda akan mendapatkan struk bukti pendaftaran SMS Banking telah berhasil dan layar ATM menujukan bahwa layanan Mandiri SMS telah aktif
  16. Selain itu, anda juga mendapatkan SMS yang berisi bahwa nomor handphone yang didaftarkan telah terdaftar sebagai nasabah Mobile Baking Mandiri.

Setelah mencoba cara daftar SMS Banking Mandiri di atas maka anda bisa langsung mencoba cek saldo dengan format SAL (index) (4 Digit Nomor Rekening Terakhir), lalu kirim ke 3355. Sebagai contoh SAL 1 1234.

Sayangnya cara daftar SMS Banking Mandiri di atas hanya terbatas untuk transaksi non-finansial. Itu artinya anda tidak bisa menggunakan fasilitas perbankan ini untuk transfer ke rekening Mandiri ataupun ke rekening Bank Lain.

Agar bisa digunakan untuk transfer, maka harus melakukan aktivasi transaksi finansial di kantor cabang Mandiri terdekat. Untuk mengetahui bagaimana prosedur pendaftarannya, silahkan simak berikut ini.

Cara Aktivasi SMS Banking Mandiri di Kantor Cabang

Cara Aktivasi SMS Banking Mandiri

Apabila ingin daftar SMS Banking Mandiri sekaligus mengaktifkan layanan transaksi finansial maka lebih baik mendaftar di kantor cabang Mandiri terdekat.

Mendaftar di kantor cabang memang lebih mudah, namun kami yakin banyak nasabah yang enggan datang ke kantor cabang karena keterbatasan waktu ataupun lokasinya terlalu jauh.

Bagi yang tidak mau mendaftar di kantor cabang maka bisa mencoba cara daftar SMS Banking Mandiri lebat ATM yang kami sampaikan di atas. Namun perlu diingat, layanan yang didaftarkan hanya terbatas untuk transaksi non-finansial.

Padahal tujuan mendaftar SMS Banking Mandiri adalah agar bisa transfer lewat hp. Oleh karena itulah kami sarankan untuk menyisikan sedikit waktu untuk mengaktifkan SMS Banking Mandiri di kantor cabang terdekat.

Proses pendaftarannya cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan terlebih dahulu mempersiapkan syarat pendaftaran SMS Banking di kantor cabang berupa bukti diri (KTP/SIM/Paspor), Buku Tabungan dan Kartu ATM.
  2. Kemudian tinggal datang ke kantor cabang Mandiri terdekat. Untuk mengetahui lokasinya silahkan “KLIK DI SINI
  3. Jangan lupa untuk membawa semua persyaratan di atas
  4. Setelah sampai di kantor cabang, silahkan ambil nomor antrian dan tunggu sampai dipanggil
  5. Setelah dipanggilan, silahkan beritahukan keperluan anda, yakni mendaftar SMS Banking Mandiri
  6. Kemudian serahkan persyaratan yang sudah disiapkan ke petugas Bank Mandiri
  7. Lalu anda harus mengisi formulir pendaftaran dengan data yang valid dan benar
  8. Kemudian petugas akan melakukan pemeriksaan dan meminta anda memberitahukan nomor handphone yang digunakan untuk bertransaksi melalui SMS Banking Mandiri
  9. Selanjutnya anda mendaptkan 6 digit PIN Mandiri SMS yang dikirimkan oleh Bank Mandiri via SMS. Nantinya PIN tersebut harus diganti sebelum digunakan bertransaksi.
  10. Kemudian tinggal mengikuti setiap instruksi yang diberikan petugas Bank Mandiri

Setelah proses pendaftaran berhasil dan layanan finansial telah aktif maka anda bisa menggunakan fasilitasn SMS Banking Mandiri untuk transfer, pembelian, pembayaran, dan beragam transaksi perbankan lainnya. Nah yang jadi pertanyaan, apakah proses pendaftaran SMS Banking dikenakan biaya?

Limit Transaksi dan Biaya

Untuk pendaftaran SMS Banking Mandiri sepenuhnya gratis. Yang berbayar adalah biaya transaksi menggunakan SMS Banking. Yah, fasilitas perbankan ini memang tidak gratis. Nasabah akan dikenakan biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp. 500. Kemudian untuk notifikasi SMS dikenakan biaya Rp. 500.

Meskipun tidak gratis, namun fasilitas SMS Banking Mandiri bisa digunakan untuk bertransaksi lewat semua tipe handphone dan smartphone tanpa perlu koneksi internet. Alhasil anda bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun menggunakan semua perangkat yang mendukung jaringan seluler.

Dengan adanya SMS Banking maka nasabah Bank Mandiri bisa bertransaksi secara bebas. Namun perlu diingat, Bank Mandiri menerapkan sistem limit transaksi menggunakan SMS Banking. Untuk mengetahui berapa limit maksimap perhari silahkan simak tabel di bawah ini.

 JENIS TRANSAKSILIMIT PERHARI
1TransferRp. 100.000.000
2Pembayaran non kartu kreditRp. 100.000.000
3Pembayaran kartu kredit Bank MandiriRp. 100.000.000
4Pembayaran Kartu Kredit Bank LainRp. 50.000.000
5Isi ulang pulsaRp. 5.000.000

Limit di atas merupakan limit akumulatif untuk semua layanan mobile banking yang diakses oleh nasabah Bank Mandiri.

Cara Menggunakan Lewat Hp 

Setelah layanan ini aktif, maka tinggal digunakan untuk bertransaksi menggunakan format SMS Banking Mandiri. Untuk mengetahui format SMS Banking secara lengkap silahkan klik tautan berikut “Format SMS Banking Mandiri”

Kesimpulan

Silahkan memilih salah satu cara daftar SMS Banking Mandiri di atas. Namun perlu diingat, pendaftaran SMS Banking di ATM hanya terbatas untuk transaksi non-finansial seperti cek saldo dan mutasi 5 transaksi terakhir.

Agar bisa bertransaksi secara finansial seperti transfer, beli paket data, bayar tagihan, dll maka nasabah Bank Mandiri perlu melakukan aktivasi finansial di Customer Service Bank Mandiri atau mendaftar langsung di kantor cabang.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara daftar SMS Banking Mandiri silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apa Itu SMS Banking Mandiri?

SMS Banking Mandiri merupakan layanan perbankan yang memungkinkan nasabah Bank Mandiri untuk bertransaksi perbankan melalui SMS yang ada di smartphone atau handphone.

Bagaimana Cara Mengaktifkan SMS Banking Mandiri?

Bank Mandiri menyediakan dua cara daftar SMS Banking Mandiri, yakni melalui ATM dan kantor cabang.

Apakah Bisa Daftar SMS Banking Mandiri Lewat Hp?

Sayangnya tidak bisa, proses pendaftaran hanya bisa melalui ATM atau kantor cabang

Apakah SMS Banking Mandiri Dikenakan Biaya?

Yah, setiap transaksi akan dikenakan biaya sms + Rp. 500

Nomor Apa Saja Yang Bisa Digunakan Untuk Daftar?

Anda bisa menggunakan nomor handphone dari provider Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan Tri

Apakah SMS Banking Mandiri Bisa Untuk Transfer?

Agar bisa transfer, nasabah Bank Mandiri harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan finansial melalui Custumer Service Mandiri di kantor cabang terdekat.

Sekian informasi seputar cara daftar SMS Banking Mandiri yang kami lansir dari situs resmi Mandiri. Simak pula informasi sebelumnya mengenai “Cara Daftar SMS Banking BNI” dan beragam informasi menarik lainnya.