Telat Bayar? Inilah Denda Shopee Pinjam Perhari dan Perbulan

Shopee Pinjam merupakan pinjaman tunai dari Shopee yang diberikan kepada pengguna terpilih. Bagi yang beruntung bisa mengaktifkan pinjaman online ini maka wajib membayar tagihan tepat waktu agar tidak dikenakan denda keterlambatan Shopee Pinjam.

Yah, sama halnya dengan Shopee Paylater, pengguna akan dikenakan denda keterlambatan jika telat bayar. Sebagian besar pengguna Shopee Pinjam pasti belum mengetahui besaran denda jika telat bayar. Alhasil banyak yang kaget tiba-tiba tagihan membengkak.

Agar terhindar dari denda maka mau tidak mau harus membayar tagihan Shopee Pinjam secara tepat waktu, paling lambat pada tanggal jatuh tempo. Apabila melewati jatuh tempo maka akan langsung dikenakan denda.

Denda dihitung perbulan, bukan perhari. Jadi telat 1 hari, 2 hari, 3 hari, atau bahkan 30 hari dendanya sama saja. Denda akan bertambah jika pada bulan berikutnya tetap tidak membayar tagihan. Inilah salah satu resiko jika tidak bayar Shopee Pinjam.

Resiko lainnya adalah akun SPinjam dibekukan sehingga tidak bisa lagi mengajukan pinjaman. Pengguna harus terlebih dahulu melunasi semua tagihan jika ingin kembali menggunakan layanan ini.

Sudah sewajarnya Shopee memberlakukan peraturan ini. Sebab kewajiban peminjam adalah harus membayar pinjaman. Hal tersebut juga berlaku untuk semua pinjaman, baik itu pinjaman online maupun pinjaman konvesional dari bank.

Jika memang tidak bisa bayar maka lebih baik jangan mengajukan pinjaman. Anda harus terlebih dahulu mengukur kekuatan finansial sebelum mengajukan pinjaman ini. Jangan sampai terlilit hutang hanya karena Shopee Pinjam.

Denda Shopee Pinjam bisa semakin menggunung jika telat bayar hingga berbulan-bulan. Nah yang jadi pertanyaan, berapakah sebenarnya denda keterlambatan Shopee Pinjam? Untuk mengetahuinya silahkan cek artikel projektino.com berikut ini.

Denda Keterlambatan Shopee Pinjam

Denda Telat Bayar Shopee Pinjam

Shopee Pinjam dan Shopee Paylater merupakan dua layanan yang berbeda. Meskipun berbeda, namun keduanya memiliki besaran denda yang sama. Dimana dendanya adalah sebesar 5% per bulan dari total tagihan.

Coba bayangkan apabila memiliki tagihan sebesar Rp. 2.000.000, maka dendanya menjadi sebesar Rp. 100.000 per bulan. Meskipun terdengar cukup kecil, namun jika dikalikan hingga berbulan-bulan maka akan menjadi sangat besar.

Besaran denda Shopee Pinjam bisa berubah sewaktu-waktu., mengikuti kebijakan yang dikeluarkan Shopee. Namun untuk saat ini hanya sebesar 5% dari total tagihan. Tidak menutup kemungkinan kedepannya denda keterlambatan Shopee Pinjam semakin besar.

Satu-satunya cara agar terhindar dari denda adalah membayar tagihan tepat waktu. Namun sebenarnya kapan tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam? Untuk mengetahuinya silahkan cek di bawah ini.

Tanggal Jatuh Tempo Shopee Pinjam

Denda Telat Bayar Shopee Pinjam

Pembayaran Shopee Pinjam harus dilakukan paling lambat tanggal 5 setiap bulannya. Itu artinya tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam adalah tanggal 5. Jika melebihi tanggal 5 maka akan dikenakan denda.

Tentu anda tidak ingin mendapatkan denda, jadi bayarkan tagihan tepat waktu. Nah untuk mengecek tagihan Shopee Pinjam bisa melalui menu SPinjam yang tersedia di aplikasi Shopee.

Setelah menu SPinjam diklik maka akan muncul tagihan yang harus dibayarkan. Kemudian anda tinggal memilih metode pembayaran yang diinginkan, bisa melalui Shopee Pay, transfer, atapun minimarket.

Kesimpulan

Setelah mengetahui besaran denda SPinjam, maka lebih baik berpikir dua kali jika berencana untuk menunda pembayaran atau bahkan tidak membayar pinjaman.

Yang paling parah adalah jika tidak membayar. Selain dikenakan denda, anda juga harus siap menanggung semua resikonya.

Resikonya sama saja dengan tidak membayar SPaylater yang bisa anda simak pada artikel berikut “Resiko Tidak Membayar Shopee Paylater“.

Nantinya pihak Shopee berhak melakukan penagihan menggunakan dept collector bagi pengguna yang tidak mau membayar pinjaman. Selain itu, skor kredit akan menurun dan bisa masuk ke daftar blaclist SLIK OJK.

Shopee Pinjam merupakan pinjaman online resmi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Oleh karena itulah SPinjam memiliki kekuatan hukum untuk melakukan penagihan secara langsung melalui debt collector.

Jika sudah ditagih debt collector maka anda harus membayar semua pinjaman beserta bunga dan denda yang harus dibayarkan. 

Nah demikianlah informasi mengenai denda keterlambatan Shopee Pinjam. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Melihat Album Tersembunyi di Xiaomidan beragam artikel lainnya

Satu pemikiran pada “Telat Bayar? Inilah Denda Shopee Pinjam Perhari dan Perbulan”

Tinggalkan komentar