Rekomendasi 4 Motherboard AMD Terbaik 2024

Membangun PC gaming yang optimal memerlukan pengetahuan mendalam tentang komponen-komponen yang dibutuhkan, dan salah satu elemen krusialnya adalah motherboard. Bagi para pengguna AMD, pemilihan motherboard terbaik tidak hanya tentang memastikan kompatibilitas, tetapi juga mengoptimalkan performa sistem untuk pengalaman gaming yang tak terlupakan.

Dalam proses ini, beberapa faktor kunci seperti chipset, socket, form factor, fitur, dan tentunya harga harus dipertimbangkan dengan cermat.

Dengan memahami detail spesifikasi dan keunggulan masing-masing motherboard, kita dapat menemukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kita. Dalam ulasan ini, akan kita jelajahi beberapa motherboard AMD terbaik yang telah teruji melalui pengujian dan ulasan media online.

Dengan setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, penting untuk memilih yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi konfigurasi PC kita. Mari kita simak bersama apa saja pilihan yang tersedia!

1. MSI MPG X570 Gaming Plus

MSI MPG X570 Gaming Plus

MSI MPG X570 Gaming Plus merupakan pilihan yang memikat bagi para pengguna yang masih setia dengan soket AM4. Dirancang dengan fitur-fitur khusus untuk mendukung CPU seri Ryzen 5000, motherboard ini tidak hanya menawarkan performa yang impresif tetapi juga kelincahan yang dibutuhkan untuk menangani tuntutan gaming modern.

Dengan dukungan untuk dua slot M.2, pengguna dapat dengan mudah memperluas kapasitas penyimpanan dan mempercepat waktu booting serta transfer data. Selain itu, adanya slot PCIe 16X ganda memberikan fleksibilitas dalam mengakomodasi kartu grafis ganda untuk pengalaman gaming yang lebih immersif dan responsif.

Salah satu keunggulan yang membedakan MSI MPG X570 Gaming Plus adalah dukungan RAM DDR4 hingga 4400+(OC) MHz, memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan kinerja sistem mereka dengan memori berkecepatan tinggi.

Sementara itu, pencahayaan RGB yang terintegrasi melalui ekosistem Mystic Light dari MSI tidak hanya menambahkan sentuhan estetis yang menarik tetapi juga memberikan pengguna kendali penuh atas tampilan visual dari sistem mereka.

Tidak hanya berfokus pada performa, MSI juga memperhatikan aspek stabilitas dan keandalan motherboard ini. Teknologi IR digital PWM dengan komponen berkualitas tinggi memberikan jaminan stabilitas dan durabilitas saat melakukan overclocking atau beban kerja yang intens.

Lebih lanjut, pengguna akan merasa lebih tenang dengan adanya PCB tingkat server dan pelindung baja untuk slot PCIe, yang memberikan perlindungan ekstra terhadap gangguan elektromagnetik dan mekanis.

Bagi pengguna yang mengandalkan drive penyimpanan M.2, MSI MPG X570 Gaming Plus memberikan keamanan tambahan dengan pelindung dan heatsink yang dirancang khusus untuk menjaga suhu tetap optimal.

Fitur-fitur cerdas lainnya termasuk header kipas yang dapat mendeteksi otomatis kebutuhan pendinginan sistem, serta header PIN pompa air khusus dengan arus hingga 2A untuk mengontrol kecepatan pompa pendingin cair. Sementara teknologi bilah kipas yang dipatenkan oleh MSI menjaga suhu chipset dan slot M.2 tetap stabil tanpa terganggu oleh kartu grafis besar yang mungkin terpasang.

Dengan harga sekitar Rp3,3 jutaan, MSI MPG X570 Gaming Plus menawarkan kombinasi sempurna antara performa, keandalan, dan nilai yang sulit ditandingi.

Bagi para penggemar gaming yang mengutamakan pengalaman yang tanpa cela dan para pengguna PC yang cerdas, motherboard ini menjadi pilihan yang tidak bisa diabaikan. Dengan segala fitur dan keunggulannya, MSI MPG X570 Gaming Plus membawa pengalaman gaming Anda ke level selanjutnya.

2. GIGABYTE B650 AORUS Elite AX

GIGABYTE B650 AORUS Elite AX

GIGABYTE B650 AORUS Elite AX menawarkan solusi motherboard yang terjangkau namun tetap bertenaga. Dengan chipset entry level dari AMD, motherboard ini menjadi pilihan utama di kelas bujet murah untuk pengguna prosesor AMD.

Meskipun demikian, jangan ragu dengan performanya karena GIGABYTE telah menghadirkan fitur-fitur unggulan yang membuatnya layak dipertimbangkan.

Salah satu keunggulan utama dari GIGABYTE B650 AORUS Elite AX adalah dukungan overclocking DDR5, yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan performa sistem dengan memori berkecepatan tinggi hingga 6666MHz. Selain itu, rangkaian perangkat keras jaringan yang luas dengan Wi-Fi 6E dan dukungan PCI-E 5.0 menjadikan motherboard ini siap untuk menghadapi tuntutan konektivitas modern.

Tidak hanya itu, sistem power delivery 14+2+1 yang mumpuni menjamin stabilitas dan efisiensi daya yang optimal, sehingga pengguna dapat dengan percaya diri mengeksploitasi potensi penuh dari prosesor AMD Ryzen 7000 Series yang didukung oleh motherboard ini.

Dengan harga sekitar Rp4,2 jutaan, GIGABYTE B650 AORUS Elite AX mungkin sedikit lebih tinggi dari rata-rata motherboard lain dalam kelasnya, namun fitur yang ditawarkannya sepadan dengan nilai investasi tersebut.

Dengan 4 slot memori DDR5 dan hingga 19 port USB, motherboard ini memberikan fleksibilitas yang cukup untuk kebutuhan penyimpanan dan konektivitas pengguna modern.

Ditambah dengan 3 x M.2 connectors untuk ekspansi penyimpanan yang lebih besar, GIGABYTE B650 AORUS Elite AX benar-benar menghadirkan paket lengkap untuk para pengguna yang mencari keseimbangan antara kinerja, nilai, dan fitur. Dengan kombinasi yang kuat antara harga yang terjangkau dan kemampuan yang solid, motherboard ini layak dipertimbangkan sebagai alternatif menarik dibandingkan dengan opsi lain yang jauh lebih mahal di pasaran.

3. ASRock X670E PG Lightning Gaming

ASRock X670E PG Lightning Gaming

ASRock X670E PG Lightning Gaming merupakan motherboard AM5 berbasis X670E yang menonjol di kelas menengah. Dibangun untuk memberikan pengalaman gaming dan produktivitas yang mulus, motherboard ini menggabungkan chipset AMD kelas atas dengan sistem power delivery yang andal.

Meskipun tidak dilengkapi dengan fitur Wi-Fi untuk mengurangi biaya produksi, ASRock X670E PG Lightning Gaming tetap menghadirkan beragam opsi I/O yang umumnya hanya ditemukan pada motherboard high-end.

Salah satu keunggulan yang paling mencolok dari motherboard ini adalah port Ethernet 2.5G, yang memungkinkan pengguna untuk menikmati latensi rendah saat bermain game atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet stabil.

Dengan 4 slot memori DDR5 dan hingga 21 port USB, motherboard ini menawarkan fleksibilitas yang luas untuk berbagai kebutuhan pengguna modern.

Dengan 14+2+1 power phases, ASRock X670E PG Lightning Gaming menjamin stabilitas dan efisiensi daya yang optimal, sehingga pengguna dapat mengeksploitasi potensi penuh dari prosesor AMD Ryzen 7000 Series yang didukung. Ditambah dengan 4 x M.2 sockets untuk ekspansi penyimpanan yang lebih besar, motherboard ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan sistem sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Meskipun banderol harganya sekitar Rp4,8 jutaan, ASRock X670E PG Lightning Gaming tetap menjadi pilihan yang menarik bagi para gamer yang mencari kombinasi antara performa yang solid dan nilai yang baik.

Meski beberapa kekurangan seperti ketiadaan fitur Wi-Fi dapat diatasi dengan mudah melalui penambahan adaptor Wi-Fi eksternal, motherboard ini tetap menjadi salah satu opsi terjangkau yang layak dipertimbangkan di pasaran.

Dengan demikian, ASRock X670E PG Lightning Gaming muncul sebagai pilihan yang tepat bagi para pengguna yang menginginkan kinerja yang handal tanpa harus mengorbankan anggaran mereka.

4. ASUS ROG Strix X670E-F Gaming Wi-Fi

ASUS ROG Strix X670E-F Gaming Wi-Fi

ASUS ROG Strix X670E-F Gaming Wi-Fi datang sebagai solusi yang tepat pada waktunya untuk sebagian besar pengguna yang mencari motherboard berkualitas. Dengan keseimbangan yang cermat antara fitur dan harga, motherboard ini menawarkan nilai yang luar biasa dibandingkan dengan seri-seri yang cenderung berlebihan seperti Hero dan Crosshair Extreme dari ASUS.

Salah satu keunggulan utama dari ASUS ROG Strix X670E-F Gaming Wi-Fi adalah kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan masa depan pengguna dengan dukungan PCI-E 5.0 pada slot x16 dan M.2.

Hal ini membuatnya menjadi investasi jangka panjang yang menjanjikan, memastikan bahwa sistem Anda tetap relevan dan berkinerja tinggi dalam beberapa tahun ke depan.

Dengan 4 slot memori DDR5 yang mendukung hingga DDR5 8000+(OC) EXPO, serta 17 port USB, motherboard ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa untuk pengguna modern yang membutuhkan daya tampung dan konektivitas yang besar.

Tidak hanya itu, kehadiran Wi-Fi 6E juga menjadikan ASUS ROG Strix X670E-F Gaming Wi-Fi siap untuk menghadapi tuntutan konektivitas nirkabel masa depan dengan kecepatan dan kestabilan yang tinggi.

Dengan harga sekitar Rp7,4 jutaan, motherboard ini mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor di kisaran harga yang sama, namun nilai yang ditawarkan sepadan dengan investasi tersebut.

Terutama bagi mereka yang menghargai kualitas, kinerja, dan keandalan dari lini produk ROG Strix X670E dari ASUS, motherboard ini merupakan pilihan yang sangat menarik. Dengan demikian, ASUS ROG Strix X670E-F Gaming Wi-Fi menjadi pilihan yang cocok bagi pengguna yang menginginkan kombinasi yang sempurna antara fitur, performa, dan nilai dalam sebuah motherboard gaming.

Mungkin itu saja yang dapat projektino.com bagikan, semoga bermanfaat ya ! Terima kasih.

Tinggalkan komentar