10 Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung Termudah

Sebagai pengguna HP Samsung kita tentunya wajib tau detail menggenai HP yang kita miliki, mulai dari spek sampai dengan fitur. Salah satu fitur yang mungkin masih banyak yang menanyakan adalah fitur untuk Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung yang sebenarnya cukup mudah.

Untuk bisa kembali kembali ke pangaturan pabrik tentunya ada beberapa mekanisme yang perlu di lakukan. Namun untuk metode ini samsung menawarkan beberapa cara mudah agar pengguna bisa mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Mulai dari menggunakan menu pengaturan, kode rahasia sampai dengan tombol fisik bisa pengguna pilih. Dengan hadirnya beberapa pilihan cara tentunya akan semakin mempermudah pengguna untuk bisa melakukan reset data HP Samsung dengan mudah.

Tujuan utama pengguna ingin mengambalikan ponsel ke pengaturan pabrik sudah jelas untuk membuat ponsel tersebut kembali setelan awal. Namun pengguna juga perlu tahu jika mereka melakukan mengembalikan ponsel ke setelan awal maka semua data akan hilang.

Cara Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung memiliki beberapa langkah yang hampir sama dengan CARA MENGATASI SINYAL HILANG dengan beberapa tahap. Hanya saja untuk kembali ke pengaturan awal sebenarnya lebih mudah.

Tutorial Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung

Agar bisa kembali ke Pengaturan awal pada ponsel Samsung maka kamu wajib sudah tau menggenai resikonya. Resiko seperti data semua akan hilang, oleh sebab itu di anjurkan melakukan backup terlebih dahulu agar bisa mengembalikan semua data.

Backup data HP Samsung sendiri juga mudah bisa mengugnakan akun samsung atau juga akun Google dengan mudah. Untuk detail lengkap Kembali ke Pengaturan Pabrik Samsung sendiri bisa di lakukan dengan beberapa cara diantaranya.

Reset Dengan Tombol Fisik

Ada beberapa langkah untuk melakukan reset agar ponsel kembali ke pengaturan awal. Cara yang Projektino anggap paling mudah adalah dengan menggunakan fitur tombol fisik. Jika kamu masih awam bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan terlebih dahulu matikan HP Samsung.
  2. Saat smartphone dalam keadaan mati, kemudian tekan Tombol Volume Atas dan Tombol Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung
  3. Setelah itu lepaskan semua tombol dan akan masuk ke menu Android Recovery
  4. Apabila sudah masuk ke Android Recovery, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu Wipe Data / Factory Reset. Untuk memilih menu tersebut, anda harus menggunakan tombol volume. Kemudian tekan tombol Power untuk konfirmasi
  5. Langkah berikutnya silahkan pilih Factory Data Reset, lalu tekan tombol Power untuk konfirmasi
  6. Selanjutnya smartphone akan melakukan hard reset.
  7. Silahkan tunggu sampai proses reset selesai
  8. Jika langkah ini sudah dilakukan, kemudian pilih Reboot System Now.
  9. Setelah proses booting selesai maka ponsel akan kembali ke tampilan awal.
  10. Selesai.

Cara hard reset yang satu ini bisa di praktekan pada semua HP Samsung semua tipe dengan cara mengikuti langkah yang sama. Pastikan juga kamu sabar menunggu saat ponsel masuk ke Reboot system, pasalnya semakin besar file pada HP maka akan semakin lama besar ponsel tersebut melakukan reboot.

Catatan

Ada beberapa hal penting yang perlu pengguna ketahui saat akan membuat ponsel kembali ke pengaturan awal. Banyak pengguna yang belum paham dan tau menggenai dampak dan beberapa hal penting saat akan menggunakan cara ini. Berikut Projektino rangkum beberapa hal penting yang wajib diketahui.

  • Alangkah baiknya melakukan Backup data terlebih dahulu.
  • Setelah melakukan hard reset maka semua data seperti foto, Video, dan file lainnya akan otomatis terhapus.
  • Proses booting atau reboot akan memakan waktu beberapa menit.
  • Karena proses booting yang cukup lama maka HP harus dalam kondisi terisi daya lebih dari 50%.
  • Pengguna juga bisa melakukan reset HP Samsung menggunakan menu Pengaturan dengan mengakses menu management Umum.
  • Selain itu bisa juga menggunakan kode Rahasia Samsung untuk melakukan reset data dengan mengakses *2767*3855# lalu klik call.

Beberapa hal basic diatas perlu pengguna ketahui agar nantinya tidak kaget saat baru pertama kali melakukan reset hp samsung. Dimana pengguna bisa melakukan cara ini dengan beberapa mekanisme yang juga tidak kalah mudah seperti dengan lengkah diatas,

KESIMPULAN

Pada umunnya mereka yang akan menjual ponsel samsung memang wajib mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Dengan kembalinya ponsel ke pengaturan pabrik atau awal sudah pasti semua data akan di hilangkan. Oleh sebab itu bagi pengguna yang ingin berganti device memang cara ini wajib di lakukan.

Itu dia beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan saat akan membuat HP Samsung kembali ke setelan pabrik seperti saat awal di beli.  Ketahui juga informasi penting lainnya seperti “Cara Registrasi Kartu Indosat Tanpa KTP dan KK” pada Tutorial sebelumnya dari projektino.

Tinggalkan komentar