10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro : Spesifikasi & Harga

Tahun 2021 menjadi tahunnya Xiaomi. Sebab di tahun ini, Xiaomi merilis banyak sekali smartphone di Indonesia. Setelah sebelumnya meluncurkan Redmi Note 10 Series, kali ini giliran Poco X3 Pro. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro silahkan simak informasi berikut.

Xiaomi Poco X3 Pro merupakan penerus Poco X3 NFC yang sukses besar di Indonesia. Smartphone ini memiliki desain sama dengan Poco X3 NFC. Namun untuk dapur pacunya berubah dratis karena menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm yang memiliki performa setara smartphone flagship dengan harga berkali-kali lipat lebih mahal.

Harga Xiaomi Poco X3 Pro memang tergolong sangat murah. Meksipun murah, namun bukan berarti smartphone ini murahan. Smartphone ini dirancang sebagai smartphone gaming murah meriah yang memiliki performa gaming cepat dan lancar. Beragam fitur telah tersedia pada ponsel ini seperti NFC, Quad Camera, layar 120Hz, dan masih banyak lagi lainnya.

Semua fitur yang tersedia membuat smartphone ini sangat menarik untuk dimiliki. Kami yakin para Mi Fans akan bingung antara memilih Xiaomi Redmi Note 10 Pro atau Xiaomi Poco X3 Pro. Sebab harga keduanya tidak berbeda jauh. Agar yakin memilih salah satunya, kami sarankan untuk menyimak informasi kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro di bawah ini.

Review Spesifikasi Xiaomi Poco X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro

Xiaomi Poco X3 Pro bukanlah smartphone sembarangan. Smartphone ini hadir membawa spesifikasi di atas rata-rata smartphone sekelasnya. Karena faktor inilah Poco X3 Pro layak disebut sebagai salah satu smartphone mid-range terbaik di tahun 2021. Untuk membuktikan hal tersebut, silahkan anda simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki spesifikasi Poco X3 Pro.

1. Qualcomm Snapdragon 860

Spesifikasi Xiaomi Poco X3 Pro

Yang membedakan antara Poco X3 NFC dan Poco X3 Pro adalah dapur pacunya. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 860 yang memiliki peforma tinggi saat memainkan beragam game berat. Chipset tersebut didukung processor 7nm dengan kecepatan Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 Gold & 3×2.42 GHz Kryo 485 Gold & 4×1.78 GHz Kryo 485 Silver) yang berpadu sempurna dengan grafis Adreno 640.

Semua game online bisa dilibas secara lancar tanpa lag. Apalagi Poco X3 Pro sudah menggunakan memori bertipe UFS 3.1 yang menawarkan kecepatan baca dan tulis sangat cepat. Kapasitas memori yang tersedia juga sangat besar. Dimana untuk versi termurah memiliki Ram 6GB dengan Internal 128GB. Lalu di atasnya memiliki Ram 8GB dengan Internal 256GB.

Jika memori internalnya kurang tersedia slot microSD untuk penyimpanan eksternal. Selain itu, Xiaomi Poco X3 Pro menggunakan sistem pendingin berteknologi LiquidCool 1.0 Plus yang membuat ponsel tidak cepat panas saat bermain game. Kemudian untuk sistem operasinya menggunakan Android 11 dengan antarmuka MIUI 12 for POCO.

2. Layar 120Hz DotDisplay

Performa Xiaomi Poco X3 Pro

Kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro adalah belum menggunakan layar Super Amoled. Meksipun begitu, kualitas layar Poco X3 Pro tetap layak diacungi dua jempol. Sebab Xiaomi melengkapinya dengan layar IPS DotDisplay 6.67 Inch yang memiliki refresh rate 120Hz sehingga pergerakan layar terasa sangat smooth ketika scrolling dan bermain game. Selain itu layarnya mendukung HDR10 dengan resolusi 1080 x 2400 pixels.

Layar Xiaomi Poco X3 Pro dijamin tajam dan jernih. Ketajamannya memang dibawah Xiaomi Redmi Note 10 Pro yang menggunakan panel Super Amoled. Akan tetapi samrtphone ini tetap memiliki layar berkualitas dengan kerapatan pixel mencapai 395 ppi. Kemudian untuk pelindung layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass 6 yang kuat terhadap goresan dan benturan.

3. Bodi Plastik Dengan Rating IP53

Harga Xiaomi Poco X3 Pro yang murah membuat ponsel ini masih menggunakan bodi berbahan plastik. Material yang digunakan tetap terasa premium dan solid digenggaman. Dimana untuk dimensinya memiliki panjang 165.3 mm, lebar 76.8 mm, dan ketebalan 9.4 mm. Sedangkan bobotnya seberat 215 gram.

Ketahanan bodi smartphone ini juga layak diajungi jempol. Meksi belum tahan air sepenuhnya, namun Poco X3 Pro telah mengantongi sertifikat IP53 yang menandakan bahwa ponsel ini mampu bertahan dari cipratan air dan debu.

4. Baterai 5.160 mAh

Bobotnya memang terasa cukup berat karena dibalik bodinya tertanam baterai berukuran besar. Dimana kapasitas baterainya sebesar 5.160 mAh yang membuat pengguna Poco X3 Pro bisa bermain game selama mungkin. Xiaomi mengklaim baterai tersebut bisa bertahan selama 11 jam saat bermain game dan 18 Jam ketika merekam video.

Dengan kapasitas baterai yang besar tentu harus didukung teknologi pengisian daya yang cepat. Oleh karena itulah Xiaomi melengkapinya dengan teknologi Fast Charging 33W yang diklaim bisa mengisi baterai 100% dalam waktu 59 menit.

5. Speaker Hi-Res Audio

Agar semakin memanjakan pecinta game, Poco X3 Pro dilengkapi speaker ganda stereo yang menghadirkan pengalaman suara surround saat bermain game ataupun mendengarkan musik. Kualitas audio Poco X3 Pro memang sangat bagus dan sudah mengantongi Sertifikasi Audio Hi-Res. Tak hanya itu saja keunggulanannya, ponsel ini juga dilengkapi Motor linier Z-axis yang memberikan umpan balik getaran dengan respon yang halus dan cerdas.

6. AI Quad Camera

Kamera Poco X3 Pro

Selain unggul dalam gaming, Xiaomi Poco X3 Pro juga memiliki keunggulan pada segi fotografi. Dimana sudah ada teknologi AI Quad Camera yang memadukan empat lensa untuk menghadirkan pengalaman fotografi yang menyenangkan. Dimana kamera utamanya memiliki resolusi 48 Megapixel dan didukung kamera Ultrawide 8 Megapixel.

Selain itu, tersedia pula lensa Macro 2 Megapixel dan lensa Depth Sensor 2 Megapixel untuk mendukung pengambilan foto bokeh. Dengan kamera tersebut pengguna Poco X3 Pro bisa merekam video 4K dan video slow motion 720@960fps. Lalu ada pula fitur gyro-EIS untuk menstabilkan rekaman video.

7. Kamera Selfie 20 Megapixel

Saat ini jamannya meeting dengan Zoom dan beragam aplikasi lainnya. Tentu hal tersebut harus didukung kamera depan beresolusi tinggi agar hasilnya bagus. Oleh karena itulan Xiaomi melengkapi ponsel ini dengan kamera depan 20 Megapixel yang bisa diandalkan untuk selfie ataupun sekedar meeting via Zoom.

8. Sudah Ada NFC

Fast Charging Poco X3 Pro

Fitur konektivitas yang dimiliki Xiaomi Poco X3 Pro sangat lengkap. Smartphone ini sudah dilengkapi NFC yang mendukung Google Pay dan bisa digunakan untuk membaca kartu e-money. Lalu ada pula dua slot kartu SIM Hybrid yang bisa menampung memori eksternal sampai dengan 1TB. Sayangnya untuk segi jaringan belum mendukung 5G.

Smartphone ini masih 4G LTE dan dilengkapi beragam fitur konektivitas lainnya seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth v5.0, Infrared, USB Type-C dan GP (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS).

9. Sensor Sidik Jari Disamping

Xiaomi tetap mengedepankan sistem keamanan smartphone miliknya. Oleh karena itulah ponsel ini memiliki sensor sidik jari dibagian samping yang membuat sistem keamanan dijamin sangat aman. Selain itu, tersedia pula AI Face Unlock yang memanfaatkan kamera depan untuk membuka layar.

10. Harga Murah Meriah

Xiaomi Poco X3 Pro

Apabila spesifikasi di atas dimiliki smartphone Samsung, Oppo, atau Vivo, pasti harganya akan berada di atas 5 Juta Rupiah. Namun Poco X3 Pro merupakan smartphone buatan Xiaomi yang dikenal berani membanderol produknya dengan harga terjangkau. Dimana untuk harganya cuma Rp. 3.499.000 untuk varian Ram 6GB/128GB dan Rp. 3.999.000 untuk varian Ram 8GB/256GB.


Spesifikasi Xiaomi Poco X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Hp Xiaomi Poco X3 Pro

Body
Panjang 165.3 mm
Lebar 76.8 mm
Ketebalan 9.4 mm
Berat 215 gram
Layar
Panel IPS LCD DotDisplay 120Hz
Ukuran 6.67 inches
Resolusi 1080 x 2400 pixels
Aspek Rasio 20:9
Kerapatan Layar 395 ppi
Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 6
Software & Hardware
Sistem Operasi Android 11
UI MIUI 12 For Poco
Chipset Qualcomm Snapdragon 860
Processor Octa-core (1×2.96 GHz Kryo 485 Gold & 3×2.42 GHz Kryo 485 Gold & 4×1.78 GHz Kryo 485 Silver)
GPU Adreno 640
Ram 6GB / 8GB
Memori Internal 128GB /256GB
Memori Eksternal MicroSD Up To 1TB
Kamera Belakang
Resolusi 48 MP (Wide)
8 MP (Ultrawide)
2 MP (Macro)
2 MP (depth)
Fitur Dual-LED flash, HDR, panorama
Video 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, 720p@960fps, gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi 20 Megapixel
Video 1080p@30fps
Konektivitas
Sim Card Dual SIM
Internet HSPA, LTE
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Nirkabel Bluetooth v5.0, NFC, Infrared
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Port USB USB Type-C
Baterai
Kapasitas Li-Po 5.160 mAh
Fitur Fast charging 33W
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Apabila melihat ulasan kelebihan dan kekurangan spesifikasi Xiaomi Poco X3 Pro, sebenarnya smartphone ini layak dihargai Rp. 4-5 Jutaan. Namun nyatanya Xiaomi berani menjual smartphone ini dengan harga Rp. 3 Jutaan. Dengan harga semurah itu, anda akan mendapatkan sebuah smartphone gaming dengan performa mumpuni yang bisa diandalkan untuk bermain game online.


Kesimpulan

Apabila masih ada pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro, silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Berapa Harga Xiaomi Poco X3 Pro?

Xiaomi memasarkan smartphone ini dengan harga resmi Rp. 3.499.000 (Ram 6GB/128GB) dan Rp. 3.999.000 (Ram 8GB/256GB)

Apakah Layar Xiaomi Poco X3 Pro Sudah Amoled?

Belum, smartphone ini masih menggunakan layar IPS. Namun layar tersebut sudah support HDR10 dan memiliki refresh rate 120Hz dengan resolusi Full HD+

Apakah Layar Poco X3 Pro Sudah Gorilla Glass?

Sudah, smartphone ini telah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 6

Apakah Xiaomi Poco X3 Pro Bagus Untuk Game?

Sangat bagus. Sebab Poco X3 Pro dirancang sebagai smartphone gaming murah yang ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 860

Apakah Xiaomi Poco X3 Pro Sudah 5G?

Belum, smartphone ini hanya sebatas 4G LTE

Apakah Xiaomi Poco X3 Pro Ada Fingerprint?

Ada, lokasinya berada dibagian samping

Apa Saja Kelebihan Xiaomi Poco X3 Pro?

Kelebihan utama ponsel ini adalah dapur pacunya. Selain itu, Xiaomi mengoptimalaknnya dengan layar 120Hz dan baterai besar yang membuat ponsel ini cocok untuk bermain game

Apa Saja Kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro?

Salah satu kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro adalah layarnya masih IPS dan bodinya terbuat dari plastik

Nah demikianlah beragam kelebihan dan kekurangan Xiaomi Poco X3 Pro yang kami lansir dari www.po.co.id/id/product/poco-x3-pro. Silahkan anda memutuskan sendiri apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Menurut kami, Poco X3 Pro merupakan smartphone terbaik direntang harga 3 Jutaan.

Apabila mencari yang lebih murah, anda bisa menyimak informasi sebelumnya mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung M12 yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Cukup sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebelum membeli Poco X3 Pro.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar