12 Kelebihan dan Kekurangan Samsung M42 : Spesifikasi & Harga

Satu lagi ponsel samsung yang bakalan melenggang di tahun 2021 yakni Samsung M42. Setelah sebelumnya samsung cukup aktif mengeluarakan samsung seri A kini giliran seri M yang akan di perkenalkan. Samsung Galaxy M42 hadir dengan Kelebihan dan Kekurangan Samsung M42 yang menarik.

Bakalan banyak hal yang menarik yang bisa kita jumpai pada ponsel ini yang bahkan cukup menarik dibandingkan rivalnya. Munculnya Samsung M42 jelas ingin memutus hipe Xiaomi Redmi Note 10 dan Realme 8 yang sedang boomingnya di perbicarakan.

Hal ini bisa di tandai dengan munculnya Samsung M42 dengan layar yang sudah mengadopsi jenis Super AMOLED. Dengan menggunakan Amoled merupakan hal yang pertama untuk seri M yang baru pertama kali menggunakan layar super Amoled.

Selanjutnya dengan adanya Snapdragon 750G jelas membuat ponsel ini memiliki perfoma yang apik. Selain hal tersebut ada banyak sisi menarik dari Spesifikasi Samsung M42 yang wajib untuk di ketahui.

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung M42

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M42

Sebagai salah satu ponsel Samsung di seri M jelas samsung masih mempertahankan beberapa point plus ponse ini salah satunya pada kapasitas baterai yang jumbo. Dimana kali ini Samsung akan membekalinya dengan baterai berkapaitas 5.000 mAh, yang mana membuat SOT jelas akan lebih lama.

Spesifikasi yang dibuat memang benar-benar di persiapkan untuk menyaingi ponsel lain seperti Realme 8 dan Redmi Note 10. Buat yang masih penasaran berikut Projektino sampaikan beberapa review menggenai Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy m42 yang wajib di ketahui.

1. Desain Premium

Gambar Samsung Galaxy M42Hal yang akan cukup mencolok bisa kita lihat jelas ada pada bagian desain Samsung M42. Hadir dengan tiga pilihan warna Prism Dot Black, Prism Dot White, Prism Dot Gray ponsel ini menjadi cukup berkarakter dengan warna tersebut.

Untuk bagian belakang terlihat samsung menggunakan beberapa strip gradasi warna yang unik memberikan kesan pembeda. Namun cukup di sayangkan samsung nampaknya masih menggunakan desain water drop pada bagian layarnya.

2. Layar Super Amoled

Kelebihan dan kekurangan Samsung M42 memang cukup menarik untuk di ketahui salah satunya di bagian layar ada layar dengan panel super Amoled. Yang cukup di sayangkan sebenarnya layar tersebut masih menggunakan resolusi HD Plus saja.

Layar 6.6 Inchi tersebut memang cukup memanjakan pengguna terlebih dengan aspek rasio layar yang mencapai 20:9 yang membuatnya cukup minim bazel. Bahkan dengan kerapatan pixel mencapai 266 ppi membuat resolusi layarnya tidak kalah dengan layar yang sudah full HD.

3. Resolusi HD Plus

Samsung M42 IndonesiaMeskipun sudah menggunakan layar dengan panel Super Amoled namun cukup di sayangkan ponsel ini masih menggunakan resolusi HD saja. Mungkin samsung melihat banyak pertimbangan dengan masukan layar HD salah satunya untuk menekan Harga Samsung M42 ini agar lebih murah.

Sebenarnya tidak masalah resolusinya masih HD pasalnya secara kualitas tampilan layar tidak banyak berbeda dengan yang diatasnya. Untuk refresh rate sendiri belum ada informasi secara detail rerefh rate berapa ponsel ini akan dibekali.

4. Chipset Bertenaga di Kelasnya

Sektor selanjutnya yang tidak kalah bagus untuk bisa kita kulik ada pada bagian chipset. Dimana secara percaya diri samsung menggunakan chipset Snapdragon 750G 5G, selain perfomannya tangguh sekaligus membuat ponsel ini sudah mendukunga jaringan 5G.

Untuk berbagai kebutuhan seperti game HD juga akan nampak tidak ada kendala dengan chipset tersebut. GPU adreno 619 yang bakalan membuat tampilan grafis samsung menjadi semakin baik.

5. Multitasking Mempuni

Perfoma Samsung M42RAM besar juga dengan pilihan 4GB, 6GB dan 8GB siap di tawarkan ke konsumen. Semakin besar pilihan RAM yang kamu pilih maka akan membuat ponsel tersebut memiliki kemmpuan menjalankan aplikasi secara bversamaan dengan semakin baik.

Tak ketinggalan Samsung juga nampak mendampingi ponsel ini dengan hadirnya memori internal 128GB. Namun pengguna ga perlu khawatir karena masih bisa mengekspansinya dengan hadirnya slotmicroSD yang bisa di manfaatkan.

6. Kamera Selfi Terbaik

Kamera depan yang di usung ponsel ini memiliki lensa 20 mp dengan bukakan f/2.2 yang merupakan lensa Wide. Untuk moment mengabadikan foto selfi seharusnya ga ada masalah dengan lensa sebesar itu.

Selain lensa nya yang besar kamera ini juga akan dibekali dengan kemampuan fotografi yang apik di kamera depannya dengan mampu merekam video sampai resolusi Full HD. Untuk pengguna yang suka akan foto selfi maka kamera depan ini sudah pasti akan sangat menarik.

7. Jawara Kamera Belakang

Kekurangan Samsung M42Hal yang membuat Projektino cukup kagum salah satunya pada kamera belakang yang di usung M42 ini. Bagaimana tidak ponsel ini akan hadir dengan 4 kamera belakang dengan susunan 48 mp lensa wide sebagai kamera utamanya. Selanjutnya dukungan 8 MP Ultrawide, 5 mp macro dan 5 Mp rasanya sudah cukup bisa menggabarkan ponsel ini bakalan memiliki perfoma yang ciamik.

Selain susunan kameranya yang memang tidak di ragukan lagi dukungan beberapa fitur seperti LED flash, panorama, HDR memang patut di apresiasi. Untuk pengguna yang suka merekam Video juga akan di manjakan dengan kemampuan merekam Video sampai dengan resolusi 4K 30fps.

8. Minus NFC

Kekurangan Samsung M42 yang nampaknya akan menjadi hal menarik untuk di ketahui adalah dengan belum adanya fitur NFC. Dengan tidak adanya fitur NFC pada ponsel ini memang cukup di sayangkan mengingat NFC menjadi salah satu kebutuhan untuk beberapa pengguna.

Dengan adanya NFC pada ponsel android akan membuat penggunannya akan lebih mudah melakukan pembayaran model digital. Belum adanya NFC pada ponsel ini bisa juga di karenakan samsung ingin lebih menekan Harga Samsung Galaxy M42 supaya lebih terjangkau.

9. Baterai Jumbo 5.000 mAh

Gaming Samsung M42Selayaknya ponsel Samsung seri M lainnya ponsel ini juga akan dibekali dengan baterai dengan kapasitas jumbo 5.000 mAh. Dimana dengan kapasitas baterainya yang besar tersebut jelas membuat ponsel ini bakalan memiliki SOT yang tinggi.

Selanjunta ada juga fitur pengisian daya cepat 15 watt yang sudah di bekalkan pada M42 ini. Dengan baterai besar jelas akan membuat ponsel ini memiliki daya tahan yang sangat baik cocok untuk pengguna yang suka berlama-lama menggunakan ponselnya.

10. Sensor Lengkap

Kelengkapan sensor jelas menjadi salah satu point yang tidak bisa di kesampingkan karena semakin pentingnya sensor  untuk ponsel android. Untuk sensor sendiri Samsung M42 bakalan dibekali dengan sensor Fingerprint , accelerometer, gyro, proximity, compass yang dirasa sudah sangat lengkap.

Menariknya kali ini Samsung akan membekali sensor fingerprint yang posisinya ada di bagian depan. Posisi sensor fingerprint pada bagian depan jelas akan memberikan kesan mewah layaknya ponsel kelas atas.

Harga Samsung Galaxy M42

Kelebihan dan Kekurangan Samsung M42Saat artikel ini dibuat memang belum ada informasi detail menggenai berapa harga Samsung M42 di Indonesia nantinya. Namun menurut beberapa sumber ponsel terbaru Samsung ini akan di jual di angka kisaran 3 sampai 4 jutaan. Jika benar harganya tersebut maka ponsel ini akan bersaing dengan kelas Redmi Note 10 pro dan Realme 8 pro yang notabene membawa spek yang hampir sama.

Sisi menarik lainnya yang mungkin bakalan kita jumpai adalah hadirnya beberapa pilihan ROM dimana Samsung akan membekali pilihan RAM 4GB, 6GB dan 8GB. Dimana semua pilihan RAM yang tersedia akan di sandingkan dengan pilihan memori internal 128GB, namun Samsung cukup adil dengan masih menyediakan slot untuk microSD.

Spesifikasi Samsung M42

Body
Panjang 164.4 mm
Lebar 75.9 mm
Ketebalan 8.6 mm
Berat 19 gram
Layar
Panel Super AMOLED
Ukuran 6.6 inches
Resolusi 720 x 1600 pixels
Aspek Rasio 20:9
Kerapatan Layar 266 ppi
Software & Hardware
Sistem Operasi Android 11
UI One UI 3.1
Chipset Snapdragon 750G 5G (8 nm)
Processor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570)
GPU Adreno 619
Ram 4GB / 6GB / 8GB
Memori Internal 128GB
Memori Eksternal microSDXC
Kamera Belakang
Resolusi 48 MP (wide)
8 MP (ultrawide)
5 MP (macro)
5 MP (depth)
Fitur LED flash, HDR, panorama
Video 4K@30fps, 1080p@30fps, 720p@480fps
Kamera Depan
Resolusi 20 Megapixel (Wide)
Video 1080p@30fps
Konektivitas
Sim Card Dual SIM
Internet HSPA, LTE, 5G
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Nirkabel 5.0, A2DP, LE
NFC
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Port USB USB Type-C
Baterai
Kapasitas Li-Po 5.000 mAh
Fitur 15W
Sensor Fingerprint (dalam layar), accelerometer, gyro, proximity, compassSe

Hadir dengan spesifikasi yang sangat menarik tak salah rasanya jika Samsung M42 bakalan menjadi salah satu pilihan terbaik di kelas hp 3 jutaan yang berikutnya. Hanya saja belum ada detail resmi kapan Samsung Indonesia bekalan memperkenalkan ponsel ini di tanah Air meskipun kedatangannya hanya menunggu waktu saja.

Pilihan yang tepat rasanya jika kamu ingin memiliki Samsung karena ponsel ini memang di rasa cukup mempuni dengan seabreg kelebibah yang dibawanya. Pada intinya kehadiran samsung m42 bakalan merusak hegemoni dari realme dan xioami yang nampak sedang bersaing di kelas mid range.

 

Berapa Harga Samsung Galaxy M42 Resmi Indonesia?

Kemungkinan di jual di harga 3-4 jutaan.

Apa Kelebihan Utama Samsung M42?

Salah satu yang cukup mencolok adalah layar Super AMOLED yang di usungnya.

Apa Kekurangan Utama Samsung M42?

Layarnya masih menggunakan resolusi HD plus.

Apakah Samsung M42 sudah dibekali NFC?

Belum

Bagaimana Gaming Samsung M42?

Rasanya ga ada masalah berkat chipset Snapdragon 750G 5G dan RAM besar.

Bagaimana Kualitas Video Samsung M42?

Sudah sangat Baik dengan mampu merekam Video sampai dengan 4K.

Apakah kamera Samsung M24 bagus?

Baik kamera depan maupun belakang sama-sama mempuni dan bisa menjadi yang terbaik di kelas harganya.

Nah mungkin itu dia kelebihan dan kekurangan Samsung M42 yang bisa projektino sampaikan semoga bisa bermanfaat. Simak juga Aplikasi Treding Saham Terbaik pada ulasan sebelumnya yang pasti akan sangat bermanfaat.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar