10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A32 5G : Spesifikasi & Harga

Semakin banyak ponsel 5G murah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah yang mulai mengadakan jaringan 5G di Indonesia. Salah satu ponsel 5G yang cukup menarik adalah Samsung A32 5G. Nah yang penasaran ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan Samsung A32 5G silahkan simak informasi berikut.

Samsung A32 5G berbeda dengan Samsung A32 4G yang terlebih dahulu diluncurkan di Indonesia. Ada banyak sekali perbedaannya, mulai dari layar, kamera, hingga sensor keamanan yang digunakan. Dari segi jaringan tentu lebih baik versi 5G karena teknologi yang digunakan jauh lebih canggih.

Teknologi 5G bisa dikatakan sebagai teknologi masa depan. Kedepannya semua smartphone akan mengadopsi teknologi tersebut. Namun untuk saat ini jaringan 5G masih hanya sebatas percobaan dan belum semua daerah tercover jaringan tersebut.

Kelebihan 5G dibanding 4G adalah koneksi internet yang bisa 10x lebih cepat sehingga kecepatan download dan upload menjadi lebih optimal. Bagi yang ingin merasakan teknologi tersebut maka harus terlebih dahulu membeli smartphone berteknologi 5G.

Ada banyak smartphone murah yang mengadopsi teknologi tersebut. Namun apabila mencari smartphone 5G berkualitas dengan harga terjangkau maka kami sarankan membeli Samsung A32 5G. Namun sebelum membelinya silahkan simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan Samsung A32 5G pada ulasan projektino.com berikut ini.

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5g

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A32 5G

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A32 5G

Tidak ada smartphone yang sempurna. Samsung Galaxy A32 5G pasti memiliki banyak kelebihan yang menutupi semua kekurangan ponsel ini. Anda wajib mengetahui semua kelebihan dan kekurangan Samsung A32 5G agar tidak menyesal apabila membelinya. Oleh karena itulah kami akan memberikan ulasannya secara lengkap di bawah ini.

1. Layar Bukan Super Amoled

Spesifikasi Samsung A32 5G

Perbedaan yang paling mencolok antara Samsung A32 5G dan Samsung A32 4G adalah kualitas layarnya. Sebab smartphone ini tidak menggunakan layar Super Amoled, melainkan layar TFT yang dari segi ketajaman dan kecerahan jauh dibawah Super Amoled yang digunakan Galaxy A32 4G.

Ukuran layarnya memang sedikit lebih besar. Dimana layarnya dibentangkan seluas 6.5 inci dengan kerapatan 270 ppi. Layar ponsel ini membentang cukup luas. Hanya saja panel yang digunakan tidak sesuai ekspetasi. Mungkin Samsung sengaja menggunakan panel tersebut agar harga Samsung A32 5G lebih terjangkau.


2. Bodi Full Plastik

Galaxy A32 5G

Harga Samsung A32 5G sebenarnya tidak murah. Ponsel ini dijual dengan harga di atas 3 Juta Rupiah. Namun dengan teknologi yang dibawanya maka wajar apabila harganya berada di angka tersebut. Kemudian untuk segi desain terlihat hampir sama dengan versi 4G.

Ponsel ini dibalut material full plastik, baik pada frame ataupun backcover. Untuk dimensinya memiliki panjang 164.2mm, lebar 76.1mm, dan ketebalan 9.1mm. Sedangkan bobotnya seberat 205 gram yang menjadikan bobot ponsel ini tergolong cukup berat saat digenggam.


3. Performa Bertenaga

Performa Samsung Galaxy A32

Dari segi performa bisa dikatakan cukup bertenaga. Hasil Antutu ponsel ini di angka 300 Ribuan. Performa tersebut tak lepas dari perpaduan antara chipset MediaTek MT6853 Dimensity 720 5G dan Processor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) yang berpadu dengan GPU Mali Mali-G57 MC3.

Smartphone ini bisa kalian andalkan untuk bermain semua game. Apalagi Samsung menyediakan Ram 8GB dan memori internal 128GB yang bisa diperluas dengan microSD. Kemudian untuk sistem operasinya menggunakan Android 11 yang dibalut antarmuka OneUI 3.0.


4. Baterai 5.000 mAh

Layar Samsung A32

Teknologi 5G pasti akan mengurus cukup banyak daya. Oleh karena itulah Samsung membekali ponsel ini dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan baterai tersebut maka smartphone ini bisa bertahan dari pagi sampai malam dengan satu kali pengisian daya.

Kecepatan pengisian daya Samsung A32 5G tergolong standar. Meski sudah Fast Charging, namun hanya 15W. Butuh waktu lebih dari 1 jam untuk mengisi baterai ponsel ini hingga 100%. Meskipun cukup lama, namun daya tahan baterainya tergolong awet.


5. Sensor Sidik Jari Di Samping

Satu lagi downgrade yang dilakukan Samsung, yakni memindahkan sensor pemindai sidik jari ke bagian samping. Posisi tersebut dipilih karena Samsung A32 5G tidak menggunakan panel Super Amoled sehingga tidak mendukung teknologi Under Display Fingerprint Sensor.

Dengan posisinya yang berada disamping maka sensor tersebut menjadi lebih mudah diakses ketika membuka layar kunci. Namun menurut kami teknologi Under Display Fingerprint jauh lebih canggih dan berkesan lebih mahal dibanding sidik jari yang ada di samping.


6. Kamera Downgrade Menjadi 48MP

Kelebihan Samsung Galaxy A32 5G

Jika sebelumnya Samsung Galaxy A32 4G memiliki kamera utama 64 Megapixel, smartphone ini justru hanya memiliki kamera utama 48 Megapixel. Kualitasnya sudah pasti menurun, namun menurut kami hasilnya tetap bagus. Selain itu, masih ada tiga kamera lain yang mendukung hasil pengambilan foto dan perekaman video.

Dimana kamera yang kedua menggunakan lensa ultrawide beresolusi 8 Megapixel. Lalu untuk kamera yang ketiga merupakan lensa macro 5 Megapixel dan didukung depth sensor 2 Megapixel. Untungnya smartphone ini tetap bisa diandalkan untuk mereman video hingga resolusi 4k.


7. Kamera Depan 13 Megapixel

Tidak hanya kamera belakangnya saja yang di downgrade, namun juga kamera depan. Dimana resolusinya menjadi 13 Megapixel dari sebelumnya 20 Megapixel pada versi 4G. Penurunan resolusinya cukup signifikan, namun tetap dilengkapi fitur seperti Live Focus dan berbagai fitur foto selfie lainnya.


8. Support 5G Indonesia

Keunggulan Samsung Galaxy A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G memiliki dua slot kartu SIM. Salah satu slotnya bisa digunakan untuk mengakses jaringan 5G di Indonesia. Kecepatan internet yang dihasilkan sangatlah cepat sehingga akses streaming, download, ataupun browsing akan terasa wuz-wuz.


9. Sudah Ada NFC

Bukan hanya itu saja, ponsel ini juga dibekali teknologi Wi-Fi Dual Band, Bluetooth v5.0, NFC, dan pastinya sudah menggunakan port USB Type-C. Fitur konektivitas yang dimiliki ponsel ini memang cukup lengkap dan sebanding dengan harga jualnya.


10. Harga Samsung A32 5G Cuma 3 Jutaan

Kekurangan Samsung A32 5G

Samsung Galaxy A32 5G menjadi hp Samsung termurah di Indonesia yang mengadopsi teknologi 5G. Pada awal preorder harga ponsel ini dibanderol sebesar Rp. 3.999.000 dan peminatya akan mendapatkan grais Galaxy Buds Live dan Cashback. Namun masa pre-order sudah berakhir dan sekarang anda bisa membelinya di marketplace dengan harga sekitar Rp. 3.6-3.7 Jutaan.

Harga Samsung Galaxy A32 5G masih cukup terjangkau, sehingga bisa menjadi alternatif terbaik bagi yang ingin mencicipi teknologi 5G di Indonesia. Namun sayangnya jaringan 5G belum merata, jadi untuk sementara waktu anda bisa terlebih dahulu membeli versi 4G yang bisa anda simak harganya pada ulasan berikut “Spesifikasi dan Harga Samsung A32 4G“.


Spesifikasi Samsung Galaxy A32 5G

Review Spesifikasi Samsung A32

Nah setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan Samsung A32 5G, selanjutnya silahkan simak informasi mengenai spesifikasi smartphone ini secara lengkap.

Body
Panjang 164.2 mm
Lebar 76.1 mm
Ketebalan 9.1 mm
Berat 205 gram
Layar 
Panel TFT
Ukuran 6.5 inches
Resolusi 720 x 1600 pixels
Rasio 20:9
Kerapatan ~270 ppi
Pelindung
Software & Hardware  
Sistem Operasi Android 11
UI One UI 3.0
Chipset MediaTek MT6853 Dimensity 720 5G
Processor Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G57 MC3
Ram 8GB
Memori Internal 128GB
Memori Eksternal MicroSD Up To 1TB
Kamera Belakang
Resolusi 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
8 MP, f/2.2, 123˚, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
5 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur LED flash, panorama, HDR
Video 4K@30fps, 1080p@30/120fps
Kamera Depan
Resolusi 13 MP, f/2.2, (wide)
Video 1080p@30fps
Konektivitas
Sim Card Dual SIM
Internet HSPA, LTE, 5G
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Nirkabel Bluetooth V5.0, NFC
GPS A-GPS, GLONASS, BDS, Galileo
Port USB USB Type-C
Baterai
Kapasitas Li-Po 5000 mAh
Fitur Fast charging 15W
Sensor Fingerprint, accelerometer, proximity, compass

Spesifikasi di atas merupakan spesifikasi resmi yang kami lansir dari website samsung.com. Dari segi spesifikasi memang terjadi downgrade pada beberapa sektor. Hal ini sengaja dilakukan Samsung agar harga Samsung A32 5G lebih terjangkau. Meskipun dari segi spesifikai terdapat beberapa kekurangan, menurut kami ponsel ini tetap menarik untuk dimiliki. Sebab Samsung A32 5G menjadi hp Samsung termurah di Indonesia yang mengadopsi teknologi tersebut. 

Kesimpulan

Nah apabila masih ada pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan pada spesifikasi Samsung A32 5G, silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apa Saja Kelebihan Samsung A32 5G?

Kelebihan utamanya adalah sudah mendukung teknologi 5G di Indonesia. Selain itu, ponsel ini juga memiliki performa yang cepat dan baterai yang irit.

Apa Saja Kekurangan Samsung A32 5G?

Kekurangan yang paling mengecewakan adalah layar masih TFT dengan resolusi hanya HD. Selain itu, Samsung melakukan downgrade pada bagian kamera sehingga ponsel ini hanya memiliki kamera utama 48 Megapixel dan kamera depan 13 Megapixel

Berapa Harga Samsung A32 5G di Indonesia?

Harga pre-order Samsung A32 5G adalah Rp. 3.999.000. Namun sekarang anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih terjangkau, sekitar Rp. 3.6-3.7 Jutaan

Apakah Samsung A32 5G Sudah Super Amoled?

Belum, layarnya masih TFT sehingga kualitas gambarnya kurang tajam dan jernih

Apakah Samsung A32 5G Bagus Untuk Game?

Menurut kami sangat bagus. Sebab sudah ada processor 7nm yang berpadu dengan Ram 8GB dan Android 11

Apakah Samsung A32 5G Memiliki NFC?

Sudah ada

Berapa Kapasitas Baterai Samsung Galaxy A32 5G?

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh

Apakah Samsung A32 5G Sudah Support Fast Charging?

Sudah, namun hanya sebatas 15W

Silahkan anda memutuskan sendiri apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Semoga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A32 5G di atas bisa menjadi referenensi sebelum anda membelinya. Simak pula artikel sebelumnya mengenai review Kelebihan dan Kekurangan Samsung M62 dan beragam artikel menarik lainnya.

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar