10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54 : Spesifikasi & Harga

Oppo A54 telah resmi diperkenalkan di Indonesia. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang terbilang lumayan, namun belum bisa menandingi Xiaomi Redmi Note 10 yang menjadi rival terberatnya. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A54, silahkan simak di bawah ini.

Nama besar Oppo menjadi nilai jual utama smartphone ini. Dari segi spesifikasi sebenarnya biasa-biasa saja. Smartphone ini masih menggunakan layar HD+ yang terasa kurang tajam saat menikmati konten multimedia. Seharusnya Oppo A54 menggunakan layar Full HD sama seperti smartphone Xiaomi yang dibanderol dengan harga setara.

Meskipun memiliki kekurangan dari segi layar, namun Oppo A54 tetap menarik untuk dimiliki. Bagi pecinta smartphone Oppo pasti tidak akan terlalu menghiraukan kekurangan tersebut. Yang paling penting smartphone bisa digunakan secara nyaman dan bisa diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan.

Setiap orang memiliki preferensi sendiri-sendiri dalam memilih sebuah smartphone. Jika mendewakan spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau maka lebih baik membeli hp Xiaomi. Namun bagi yang percaya akan kualitas smartphone Oppo maka bisa memilih Oppo A54 sebagai alternatif terbaik. 

Review Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54

Di dunia ini tidak ada smartphone yang sempurna. Apalagi harga Oppo A54 dibanderol dengan harga sangat terjangkau. Tentu akan ada banyak sekali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Oppo A54. Nah bagi yang tertarik membelinya, silahkan simak ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo A54 di bawah ini. 

1. Resolusi Layar Masih HD+

Kelebihan Oppo A54

Bagi yang mengidam-idamkan smartphone dengan layar tajam dan jernih lebih baik membeli smartphone lainnya. Sebab salah satu kekurangan Oppo A54 adalah resolusi layarnya masih HD+. Kekurangan tersebut membuat kualitas layar Oppo A54 terasa kurang tajam ketika digunakan menonton film, melihat foto, maupun bermain game.

Panel yang digunakan masih IPS dengan teknologi Liquid Crystal LCD yang dibentangkan seluas 6.51 inci. Ukuran layarnya sangat besar, namun tidak diimbangi dengan resolusi tinggi. Alhasil kerapatan layarnya menjadi kurang dan berpengaruh terhadap ketajaman warna yang dihasilkan. Selain itu, layar tersebut hanya memiliki referesh rate 90hz.

2. Refresh Rate Cuma 60Hz

Refresh rate pada layar Oppo A54 lebih kecil dibanding Oppo A53 yang memiliki refersh rate 90Hz. Itu artinya kualitas layar ponsel ini mengalami penurunan dibanding generasi sebelumnya. Padahal refersh rate tinggi sangatlah penting karena bisa membuat layar lebih smooth, lancar, dan halus ketika dipakai scrolling ataupun bermain game.

3. Layar Punch Hole

Oppo A54

Dibalik kekurangan layar di atas, smartphone ini sudah menggunakan layar Punch Hole yang berada dibagian pojok kiri atas sebagai sensor kamera depan. Desain layar ponsel ini sudah terlihat kekinian dan memiliki bezel cukup tipis. Kemudian untuk bagian belakang masih berbalut material berbahan plastik dan memiliki tiga buah kamera yang dibawahnya terpasang LED Flash.

4. Triple Camera AI

Seperti yang kami sebutkan di atas, Oppo A54 memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi 13 Megapixel + 2 Megapixel (Macro) dan 2 Megapixel (Depth Sensor). Resolusi kameranya tergolong standar, namun sudah bisa merekam video Full HD. Selain itu, Oppo melengkapinya dengan teknologi AI untuk meningktkan kualitas foto dan video yang bisa diambil menggunakan tiga kamera tersebut.

Setiap kamera memiliki fungsi berbeda-beda. Untuk mengambil foto dari jarak dekat bisa menggunakan lensa Macro beresolusi 2 Megapixel. Hasil fotonya akan tetap tajam karena dikhususkan untuk mengambil foto macro. Selain itu, pengguna Oppo A54 bisa mengambil foto potrait dengan efek bokeh yang dioptimalkan oleh depth sensor 2 Megapixel.

5. Kamera Depan 16 Megapixel AI

Bagi yang hobi selfie bisa mengandalkan kamera depan 16 Megapixel yang sudah dilengkapi teknologi AI untuk menghasilkan foto selfie berkualitas yang indah dan cocok untuk diupload ke media sosial. Resolusi kamera depan Oppo A54 tergolong tinggi sehingga hasil foto yang dihasilkan akan terlihat tajam dan jernih. Apalagi sudah ada teknologi AI yang mengoptimalkan hasil foto dan video.

6. Fingerprint Sensor Disamping

Berbeda dengan Oppo A53 yang memiliki Fingerprint Sensor dibody belakang, untuk ponsel ini posisinya berada dibagian samping bersamaan dengan tombol power. Posisi tersebut cukup ideal karena akan lebih mudah dijangkau ketika menghidupkan smartphone. Sensor sidik jari tersebut juga responsif dan akurat dalam mendeteksi sidik jari pengguna Oppo A54.

7. Baterai 5.000 Mah + Fast Charging 18W

Agar smartphone ini bisa bertahan seharian dengan satu kali charge, maka Oppo melengkapinya dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Menurut kami inilah salah satu kelebihan Oppo A54 yang membuat smartphone ini awet seharian penuh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai. Nah apabila baterai habis maka tinggal melakukan pengisian baterai dengan charger yang mendukung Fast Charging 18W

8. Dual SIM 4G LTE

Jangan harap smartphone ini memiliki fitur NFC. Oppo A54 hanya dilengkapi fitur konektivitas standar seperti WiFi Dual Band, Bluetooth v5.0, GPS (A-GPS, Glonass, Beidou, Galileo), dan antarmuka USB bertipe USB Type-C. Fitur konektivitas yang tersedia memang standar. Namun tak jadi masalah selama ponsel ini bisa diandalkan untuk berkomunikasi secara online maupun offline.

Oppo menyediakan dua slot kartu yang bisa digunakan untuk mengakses internet pada jaringan 4G LTE. Lalu bagaiman dengan dapur pacu yang digunakan smartphone ini? Apakah mumpuni untuk bermain game-game berat sekelas PUBG Mobile, COD Mobile, dan beragam game lainnya?

9. Ditenagai Helio P35

Oppo memilih menggunakan chipset Mediatek Helio P35 sebagai dapur pacu Oppo A54. Chipset tersebut terintegrasi dengan processor Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) serta GPU PowerVR GE8320 yang menghasilkan performa multitasking dan gaming cukup mumpuni. Namun apabila digunakan untuk bermain game berat menurut kami masih sangat kurang.

Chipset Helio P35 termasuk chipset Entry-Level yang sebelumnya sudah digunakan oleh Oppo A15s. Untungnya smartphone ini sudah dilengkapi Ram dan memori internal berkapasitas besar yang bisa mendongkrak performa Oppo A54 ketika menjalankan game ataupun beragam aplikasi secara bersamaan.

10. Ram 4GB + Internal 128GB

Oppo hanya menyediakan satu varian memori dengan kapasitas Ram sebesar 4GB dan memori internal 128GB. Apabila memori internalnya kurang sudah ada slot memori ekternal yang bisa menampung microSD hingga kapasitas 256GB. Hadirnya Ram 4GB dan Internal 128GB menjadi salah satu kelebihan Oppo A54 yang bisa menjadi pertimbangan utama sebelum membelinya.

Di sisi lain, ponsel ini sudah menggunakan sistem operasi Color OS terbaru dengan segudang fitur didalamnya. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah harga Oppo A54? Untuk mengetahui harganya silahkan simak di bawah ini.


Harga Oppo A54

Harga Oppo A54

Setelah mengetahui semua kelebihan dan kekurangan Oppo A54, pasti banyak yang penasaran ingin mengetahui harganya. Adapun harga Oppo A54 akan dibanderol sebesar Rp. 2.699.000. Harga tersebut tergolong overprice untuk sebuah smartphone berlayar HD+ yang ditenagai chipset Mediatek Helio P35.

Seharusnya Oppo bisa membanderolnya dengan harga lebih terjangkau agar tidak dibanding-bandingkan dengan smartphone lainnya. Terlebih persaingan di segmen mid-range tergolong sangat ketat. Oppo A54 akah head-to-head melawan Xiaomi Redmi Note 10 yang notabennya memiliki spesifikasi jauh lebih baik.


Spesifikasi Oppo A54

Spesifikasi Oppo A54

Body
Panjang 163.6mm
Lebar 75.7mm
Ketebalan 8.4mm
Berat 192 g
Layar
Panel IPS, Punch-Hole
Ukuran 6.51 inches
Resolusi 720  x 1600 pixels
Refresh Rate 60Hz
Pelindung Sertifikasi IPX4 (Tahan Cipratan Air Normal)
Software & Hardware
Sistem Operasi Android 10
UI ColorOS 7.2
Chipset Mediatek Helio P35 MT6765
Processor Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
Ram 4GB
Memori Internal 128GB
Memori Eksternal MicroSD Up To 256GB
Kamera Belakang
Resolusi 13 Megapixel (wide)
2 Megapixel (macro)
2 Megapixel (depth)
Fitur LED flash, HDR, panorama
Video 1080p@30fps
Kamera Depan
Resolusi 16 Megapixel
Video 1080p@30fps
Konektivitas
Sim Card Dual SIM
Internet HSPA, LTE
Wi-Fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Nirkabel Bluetooth V5.0
GPS  A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Port USB USB Type-C
Baterai
Kapasitas Li-Po 5.000 mAh
Fitur Fast charging 18W
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass

Dari semua kelebihan dan kekurangan Oppo A54 di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa smartphone ini memiliki harga yang overprice atau terlalu mahal. Seharusnya Oppo berpikir bagaimana caranya membuat smartphone murah yang memiliki spesifikasi tinggi. Ini justru mereka merilis smartphone spesifikasi rendah dengan harga cukup mahal.

Sebagian besar pecinta smartphone Oppo mungkin tidak terlalu memperpedulikan masalah spesifikasi. Sebab yang terpenting adalah kualitas smartphone yang awet, tahan lama, dan didukung layanan purna jual yang baik. Silahkan kalian tentukan sendiri apakah ponsel ini layak dibeli atau tidak. Apabila masih ada pertanyaan silahkan simak halaman FAQ berikut ini.


FAQ

Berapa Harga Oppo A54 Terbaru?

Smartphone ini dipasarkan dengan harga resmi sebesar Rp. 2.699.000

Apakah Oppo A54 Ada NFC?

Tidak ada.

Apakah Oppo A54 Bagus Untuk Game?

Untuk game standar sudah cukup bagus. Sebab sudah ada Ram 4GB dan Internal 128GB. Namun untuk game berat maka akan sedikit ngos-ngosan karena hanya mengandalkan chipse Helio P35 yang tergolong ketinggalan jaman.

Apakah Oppo A54 Sudah Ada Fingerprint?

Suda ada, letaknya berada dibagian samping dan terintegrasi dengan tombol power

Apakah Spesifikasi Oppo A54 Sudah Fast Charging?

Sudah, ponsel ini memiliki baterai 5.000 mAh yang didukung teknologi Fast Charging 18W

Apakah Oppo A54 Anti Air?

Smartphone ini sudah mengantongi rating IPX4 anti cipratan air

Apakah Kamera Oppo A54 Bagus?

Cukup bagus, karena sudah ada triple camera yang memadukan lensa utama 13 Megapixel + Macro 2 Megapixel + Depth Sensor 2 Megapixel.

Bagaimana Kualitas Kamera Depan Oppo A54?

Oppo A54 memiliki kamera depan beresolusi 16 Megapixel yang bisa diandalkan untuk mengambil foto potrait dan sudah dilengkapi teknologi AI Selfie Beauty 2.0

Apa Saja Kelebihan Oppo A54?

Kelebihan utama ponsel ini adalah memiliki layar punch hole dengan baterai 5.000 mAh. Lalu ada pula Ram 4G dan Internal 128GB yang memberikan performa multitasking lebih lancar. Kelebihan lainnya adalah memiliki kamera depan 16 Megapixel.

Apa Saja Kekurangan Oppo A54?

Kekurangan yang utama adalah resolusi layar masih HD+ dan hanya mendukung refresh rate 60Hz. Selain itu, ponsel ini masih menggunakan chipset jadul bertipe Helio P35.

Nah demikianlah ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo A54 berdasarkan spesifikasi yang kami kutip dari oppo.com. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 dan beragam artikel seputar teknologi gadget dan smartphone di Indonesia.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar