Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 11 4G : Kelebihan Kekurangan

Xiaomi gila-gilaan dalam meluncurkan smartphone. Setelah sebelumnya meluncurkan Redmi Note 11 dalam versi 5G, kali ini giliran versi 4G yang diluncurkan secara resmi. Spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 11 4G tentu berbeda dan untuk mengetahuinya silahkan simak review berikut ini.

Xiaomi Redmi Note 11 4G sama-sama mengusung chipset buatan Mediatek. Bedanya chipset yang digunakan belum mendukung teknologi 5G. Dimana chipsetnya adalah MediaTek Helio G88 yang dipadukan dengan processor Octa Core dengan performa cukup mumpuni.

Jika dibandingkan dengan versi 5G, bisa dikatakan performa ponsel ini satu tingkat di bawahnya. Namun hal tersebut tak jadi masalah selama harga Xiaomi Redmi Note 11 4G lebih terjangkau. Lagi pula ponsel ini sama-sama memiliki kamera utama dengan resolusi sama besarnya.

Resolusi kamera Redmi Note 11 4G tergolong cukup besar jika dibanding smartphone sekelasnya. Ponsel ini juga memiliki jumlah kamera lebih banyak, yakni 3 buah. Sedangkan untuk varian 5G hanya memiliki 2 buah kamera. Namun sayang resolusi kamera depannya lebih rendah dibanding versi 5G.

Harga yang murah menjadi alasan kenapa banyak fitur yang harus dipangkas. Bagi yang mencari smartphone murah maka ponsel ini bisa menjadi pilihan paling tepat. Nah untuk mengetahui berapa harga Xiaomi Redmi Note 11 4G silahkan simak pembahasan projektino.com berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 11 4G

1. Layar 90Hz

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 11 4G memiliki layar berukuran 6.5 inci. Layar tersebut cukup bagus, namun sayang belum menggunakan panel Super Amoled yang memiliki ketajaman lebih baik. Untungnya resolusi layar Redmi Note 10 4G sudah Full HD dengan kerapatan 405 ppi.

Yang menarik dari layar ponsel ini adalah memiliki refresh rate 90Hz. Dengan referesh rate sebesar itu maka pergerakan layar menjadi terasa lebih smooth, terutama saat scrolling dan bermain game yang mendukung frame rate tinggi.

2. Desain Punch Hole

Layar yang digunakan juga tampak mewah dengan desain punch hole yang kekinian. Kemudian untuk bodinya dibalut material berbahan plastik dengan ketebalan 8.9 mm dan bobot seberat 181 gram.

Bobotnya memang tidak ringan, namun tetap nyaman digenggam. Apalagi ukuran layar ponsel ini cukup ideal sehingga nyaman untuk penggunaan satu tangan.

3. Ditenagai Helio G88

Processor yang digunakan ponsel ini adalah Mediatek Helio G88. Processor dengan fabrikasi 12nm tersebut memiliki 8 core dengan kecepatan Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan didukung GPU Mali-G52 MC2. Selain itu, tersedia pula dua pilihan Ram yang terdiri dari 4GB dan 6GB.

Untuk varian Ram 4GB dan 8GB sama-sama memiliki memori internal berkapasitas 128GB. Meskipun cukup besar, namun Xiaomi tetap melengkapinya dengan slot microSD. Sedangkan untuk sistem operasinya menggunakan Android 11 dengan MIUI 12.5 yang akan diupdate seiring berjalannya waktu.

4. Kamera Utama 50 Megapixel

Bisa dikatakan salah satu keunggulan Xiaomi Redmi Note 11 4G adalah kamera utama yang bersarang di bodi belakang. Kamera tersebut memiliki resolusi sangat besar, yakni mencapai 50 Megapixel. Dengan sensor sebesar itu maka tangkapan foto dan hasil rekaman video akan terlihat lebih tajam dan jernih.

Selain kamera 50 Megapixel, tersedia pula kamera Ultrawide dengan resolusi 8 Megapixel dan kamera Macro 2 Megapixel. Sayang ponsel ini belum bisa merekam video 4K. Xiaomi Redmi Note 11 4G hanya bisa merekam video Full HD 1080p@30fps dengan didukung fitur HDR dan LED Flash.

Kamera depan juga cukup lumayan, namun hanya 8 Megapixel. Resolusinya memang tidak terlalu tinggi, namun sebanding dengan harga Xiaomi Redmi Note 11 4G yang murah. Kamera tersebut juga tetap bisa diandalkan untuk video call ataupun foto selfie sehingga tak jadi masalah

5. Belum 5G

Dengan tidak adanya teknologi 5G maka smartphone ini kurang cocok bagi yang mencari smartphone untuk 3-4 tahun ke depan. Sebab kedepannya jaringan 5G akan menjadi standar baru jaringan internet di Indonesia. Untuk saat ini memang belum merata dan mungkin masih butuh 2 tahun kedepan.

Tidak adanya teknologi 5G menjadi kekurangan utama smartphone ini. Namun bukan 5G yang menjadi nilai jual utama Xiaomi Redmi Note 11 4G karena smartphone ini hanya dikhususkan bagi pengguna yang tidak membutuhkan teknologi 5G.

Sedangkan untuk konektivitas lainnya terdiri dari Wi-Fi Dual Band, Bluetooth V5.1, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Infrared, dan port USB Type-C. Kemudian untuk sistem keamanan didukung Fingerprint Sensor yang berada dibagian samping atau bersamaan dengan tombol power.

6. Baterai 5.000 mAh

Bagi yang mencari smartphone dengan baterai awet maka Xiaomi Redmi Note 11 4G bisa menjadi pilihan tepat. Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh yang membuatnya bisa bertahan dalam waktu sangat lama. Dengan baterai sebesar itu maka jangan khawati baterai lowbat saat main game.

Menariknya, Xiaomi Redmi Note 11 4G juga memiliki teknologi Fast Charging 18W dan mendukung Reverse Charging 9W. Nah dengan semua fitur tersebut, lalu berapakah harga Xiaomi Redmi Note 11 4G di Indonesia? Untuk mengetahui harganya silahkan simak informasi berikut ini.

7. Harga Xiaomi Redmi Note 11 4G

Smartphone ini akan mulai tersedia di pasaran pada bulan Desember mendatang. Harganya mulai $155 atau setara Rp. 2.2 Jutaan untuk varian Ram 4GB/128GB. Sedangkan untuk varian Ram 6GB/128GB dijual dengan harga $170 atau setara Rp. 2.4 Jutaan. Menurut kami harganya cukup terjangkau sehingga bisa menjadi alternatif bagi yang mencari smartphone di range harga 2 Jutaan.

Sayang belum ada info lebih lanjut mengenai tanggal peluncuran ponsel ini di Indonesia. Namun kami yakin Xiaomi akan membawanya ke Indonesia dengna harga 2 Jutaan. Harga Xiaomi Redmi Note 11 4G tersebut cukup masuk akal untuk sebuah smartphone yang belum mengadopsi teknologi 5G.

Kesimpulan

Kecepatan intenret jaringan 4G dan 5G memang berbeda sangat jauh. Bahkan kecepatan 5G bisa 10 kali lebih cepat dibanding 5G. Namun teknologi tersebut tidak ada pada ponsel ini. Jadi lebih baik pertimbangkan 2 kali sebelum membelinya karena dimasa depan semua smartphone wajib 5G.

Untungnya harga Xiaomi Redmi Note 11 4G cukup terjangkau sehingga tidak masalah apabila masih 4G. Silahkan anda putuskan sendiri apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Semoga review di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebelum membeli ponsel ini.

Simak pula ulasan sebelumnya mengenai  Kelebihan dan Kekurangan Realme 8i dan beragam artikel lain seputar smartphone dan gadget di Indonesia.

Tinggalkan komentar