16 Cara Upgrade Android : Menaikan Versi Ke Android Terbaru

Setiap ponsel android pastinya memiliki sistem android atau OS di dalamnya, dimana OS ini akan banyak memperngaruhi perfoma ponsel. Google juga terus memberikan inofasi dengan mengeluarkan sistem android terbaru setiap tahunnya, maka dari itu pengguna harus tau Cara Upgrade Android.

Jika sebelumnya ada android pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, KitKat, dan Jelly Bean maka di tahun ini sudah banyak yang menggunakan andoid Q dan 10. Dimana sistem android akan meningkat setiap tahunnya seiring update yanbg dilakukan Google untuk memberikan peningkatan.

Jika dahulu sistem android dulunya menggunakan nama-nama makanan atau cemilan seperti pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, KitKat, dan Jelly Bean di tahun berikutnya nama tersebut kabarnya akan di ganti. Untuk menyeragamkan nama Google kambarnya akan menggunakan angka sebagai urutannya seperti halnya android 10.

Pengguna ponsel android pastinya harus menaikan sistem android mereka jika sudah ada Rilis resmi dari pabrikan ponsel. Dengan menaikan sistem android maka akan meningkatkan perfoma ponsel tersebut.

Menaikan sistem android sebenarnya sama mudahnya seperti Cara Aktifkan Dark Mode Whatsapp yang hanya membutuhkan beberapa langkah. Faktor utama untuk meningkatkan sistem android atau menaikan Level android di ponsel adalah koneksi internet, pasalnya pengguna harus mengunduh data yang memang tidak kecil.

Cara Upgrade Android

Cara Upgrade Android TerbaruAda beberapa langkah untuk bisa menaikan sistem android pada smartphone yang perlu pengguna ketahui. Namun sebelum langkah ini di lakukan pastikan dahulu beberapa syarat yang harus di miliki dahulu sebuah ponsel android untuk melakukan update tersebut.

Salah satu syarat yang wajib dipenuhi adalah pastikan memiliki akses data yang mencukupi untuk mengunduh file dengan ukuran besar. Adapun beberapa syarat yang harus di persiapkan lainnya sebelum melakukan update android adalah.

  • Pastikan memiliki akses internet untuk mengunduh File berukuran diatas 1 GB.
  • Memiliki ruang penyimpanan internal yang lebih untuk melakukan update.
  • Pastikan sudah ada update dari ponsel tersebut.
  • Saat melakukan update pastikan memiliki baterai diatas 50%.

Kegagalan dalam melakukan update di kerenakan berbagai hal diatas bisa menyebabkan ponsel menjadi bootlop dan perlu penanganan kusus untuk memperbaikiiinya. Adapun beberapa urutan cara upgrade Veri Projektino.com adalah sebagai berikut.

Upgrade Android Via Over the Air (OTA)

Upgrade Android Via Over the AirLangkah pertama yang patut di coba adalah dengan menggunakan OTA atau Over The air, dimana upgrade ini sistem android ini merupakan cara paling mudah dilakukan karena tidak perlu melakukan settingan yang ribet. Untuk caranya sendiri sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu Settting atau Pengaturan.
  2. Pilih menu about phone atau tentang perangkat.
  3. Selanjutnya pilih menu Software Update/Pembaruan Perangkat Lunak.
  4. Langkah seterusnya Periksa Pembaharuan.
  5. Klik instal jika muncul.
  6. Silahkan unduh pembaharuan tersebut.
  7. Sebelum mengunduh pastikan memiliki baterai yang full.
  8. Biarkan sistem melakukan instal jika sudah di unduh dalam beberapa menit.
  9. Jika sudah ponsel akan melakukan Reboot otomatis.

Jika instalasi gagal maka kemungkinan akan terjadi bootloop yang mana akan membuat ponsel menjadi tidak bisa di fungsikan. Oleh sebab itu pastikan baterai cukup saat akan melakukan Upgrade android demi memberikan kelancaran.

Upgrade Android Via Over the Air merupakan cara yang paling mudah pada saat kamu ingin melakukan update ponsel android kamu. Untuk selanjutnya cara ini bisa dilakukan pada semua tipe, merek dan jenis ponsel android manapun.

Upgrade Android Via Firmware

Upgrade Android Via FirmwareCara kedua selanjutnya bisa di lakukan jika cara OTA tidak berhasil digunakan. Dengan mengunduh File Firmware yang sudah di sediakan juga bisa menjadi cara manual yang mungkin layak untuk bisa kamu coba jika cara-cara diatas masih gagal dilakukan.

  1. Pastikan produsen smartphone menyediakan versi android terbaru.
  2. Download file firmware yang tersedia di web produsen smartphone.
  3. Pastikan download sesuai dengan tipe ponsel yang kamu gunakan saat ini.
  4. Setelah berhasil di unduh wajib pindahkan file tersebut ke memori internal smartphone, atau berada di memori internal.
  5. jika sudah silahkan buka menu setting atau pengaturan> about Phone> Choose Update Package > Arahkan ke file yang sudah di unduh tadi.
  6. Biasanya kamu di di arahkan untuk melakukan restar atau mungkin melakukan restar sendiri untuk reboot memasang file yang sudah di unduh.
  7. Proses ini akan berjalan beberapa menit jadi harus menunggu.

Beberapa ponsel seperti Asus dan Google Pixel akan dengan otomatis akan mendeteksi file firmeware yang ada sudah di unduh. Jadi pengguna tidak perlu melakukan pilih file manual untuk melakukan update sistem operasinya untuk beberapa jenis smartphone.

Melakukan update sistem android memang perlu beberapa langkah yang ekstra hati-hati demi mengihindari terjadinya bootlop. Pasalnya bootlop cukup merepotkan terutama bagi pengguna yang kurang paham akan masalah bootlop pada ponsel android dengan segala cara penanganannya.

Kesimpulan

Ada beberapan cara untuk mengupgrade sistem android dimana dua cara diatas merupakan cara yang paling mudah bisa kamu lakukan dibandingkan beberapa cara lainnya. Untuk pengguna ponsel yang sudah di root juga memiliki cara yang berbeda untuk melakukan update OS.

Dengan melakukan update OS maka ponsel kamu sudah mendapatkan sistem android terbaru yang akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih optimal. Jangan lupakan juga saat melakukan update OS ada beberapa hal wajib yang perlu di ketahui supaya berhasil di update.

Bagi ponsel android keluaran lama pastinya setiap kali ada update OS maka semakin kecil kemungkinan untuk mendapatkan pembaharuan, namun sebenarnya ada cara lain untuk mengakalinya seperti dengan melakukan Custome Room. Simak juga ulasan menarik Projektino lainnya seperti Cara Mengubah File JPG ke PDF Di Android secara mudah.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar