6 Cara Screenshot Panjang Hp Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot Panjang Hp Samsung – Semua smartphone terbaru Samsung dilengkapi fitur screenshot panjang yang berguna untuk mengambil semua tangkapan layar dengan mode gulir atau scroll. Fitur ini bisa kalian jumpai pada Samsung A11, A12, A02, dan masih banyak lagi tipe lainnya.

Ada beberapa tipe smartphone Samsung yang secara default sudah mengaktifkan Screenshot Pnjang. Namun bagi yang fitur ini belum aktif maka harus mengaktifkannya secara manual. Caranya sangat mudah, karena cukup masuk ke menu Screenshot yang ada di bagian Pengaturan.

Dengan mengambil screenshot panjang maka pengguna hp Samsung bisa mengambil semua gambar layar pada sebuah menu ataupun aplikasi. Hasil screenshot juga bisa diolah secara mudah menggunakan fitur editing yang disediakan Samsung. Selain itu, hasil screenshot akan langsung tersimpan di memori internal.

Ukuran gambar hasil screenshot panjang tentu lebih besar dibanding screenshot biasa. Oleh karena itulah pastikan memori internal mencukupi untuk menyimpan hasil screenshot. Nah yang jadi pertanyaan, bagiamanakan cara screenshot panjang Samsung A11 dan beragam tipe hp Samsung lainnya?

Tutorial Cara Screenshot Panjang Hp Samsung

Cara Screenshot Panjang Hp Samsung

Cara Mengaktifkan Screenshot Panjang

Sebelum mencoba screenshot panjang di hp Samsung, anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur bernama Screenshot Toolbar. Fungsinya adalah sebagai tombol virtual yang akan muncul apabila pengguna hp Samsung mengambil screenshot. 

Nah pada Screenshot Toolbar akan tersedia tombol untuk mengambil screenshot panjang. Oleh karena itulah fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu. Sayangnya tidak semua tipe hp Samsung memiliki fitur tersebut. Untuk mengetahui apakah hp Samsung kalian memilikinya atau tidak, silahkan mengeceknya sendiri dengan cara sebagia berikut. 

  1. Buka Pengaturan, kemudian pilih menu Fitur Lanjutan
  2. Lalu pilih menu Gambar Layar dan Perekam LayarCara Mengaktifkan Screenshot Panjang Hp Samsung
  3. Selanjutnya aktifkan Bilah Alat Gambar Layar atau Screenshot ToolbarScreenshot Toolbar Samsung

Setelah screenshot toolbar aktif maka anda bisa mencoba mengambil screenshot dengan fitur tersebut. Fungsi screenshot toolbar sendiri adalah sebagai tombol bantuan saat mengambil screenshot. Nantinya tombol tersebut akan muncul setelah anda mengambil screenshot. 

Cara Screenshot Panjang Hp Samsung

Sebelum mencoba cara mengambil screenshot panjang pada hp Samsung, anda harus terlebih dahulu mengetahui cara screenshot secara konvensional. Ada beberapa metode yang bisa digunakan, namun kami akan memberikan cara screenshot termudah yang bisa kalian coba dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Samsung menyediakan beragam metode screenshot. Namun cara termudah adalah dengan menekan tombol kombinasi yang terdiri dari Tombol Volume Bawah dan Tombol Power. Kedua tombol tersebut harus ditekan secara bersamaan, kemudian secara otomatis akan mengambil screenshot.Cara SS Panjang Hp Samsung
  2. Nah setelah proses pengambil screenshot berhasil, maka akan muncul Screenshot Toolbar. Agar bisa mengambil screenshot panjang, silahkan klik Tombol Anak Panah Ke Bawah. Kemudian akan muncul preview hasil screenshot pada bagian samping.Cara Screenshot Panjang di Hp Samsung
  3. Kemudian klik lagi tombol anak panah tersebut untuk mendapatkan screenshot panjang yang diinginkan. Semakin banyak anda mengklik tombol anak panah tersebut maka semakin panjang hasil screenshot yang didapatkan. Jika sudah maka hasil screenshot akan langsung tersimpan di galeri.

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat di atas, cara mengambil screenshot panjang di hp Samsung memang sangat mudah. Kalian hanya perlu mengaktifkan fitur Screenshot Toolbar, lalu tinggal mengambil screenshot dengan metode yang tersedia.

Ada banyak metode pengambilan screenshot yang disediakan Samsung. Sebagai contoh, kalian bisa melihatnya pada artikel “Cara Screenshot Samsung M02″ atau “Cara Screenshot Samsung A02s” yang sudah diulas pada artikel projektino.com sebelumnya.

Nah demikianlah informasi singkat mengenai cara screenshot panjang hp Samsung. Namun perlu kalian ingat, tidak semua hp Samsung memiliki fitur screenshot panjang. Fitur ini hanya tersedia pada hp Samsung tipe terbaru yang sudah menggunakan OneUI generasi terbaru. 

Untuk smartphone tipe lama seperti Samsung Galaxy J2 Prime, Galaxy J7, ataupun smartphone lain yang belum mendukung fitur screenshot panjang maka bisa mencoba mencoba alternatif lain dengan cara menginstal aplikasi pihak ketiga. 

Apabila terpaksa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, kami sarankan untuk menginstal aplikasi Screen Master atau LongShot yang terbukti bisa diandalkan untuk mengambil screenshot panjang pada hp Android. Cukup sekian informasi kali ini, semoga artikel di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi. 

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar