4 Cara Screenshot Hp Samsung A12 : Panjang, Gesture & Dengan Tombol

Semua hp Android Samsung dilengkapi fitur Screenshot yang berguna untuk mengambil gambar tangakapan layar. Fitur tersebut juga tersedia pada Samsung Galaxy A12. Cara Screenshot pada hp Samsung A12 sangat mudah, dan bagi yang belum mengetahui caranya silahkan simak informasi projektino.com berikut ini.

Samsung Galaxy A12 merupakan salah satu smartphone terbaru Samsung yang menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI Core. Sistem operasi yang digunakan memang berbeda dengan hp Samsung dikelas menengah ke atas yang menggunakan One UI biasa.

[toc]

One UI Core memang dikhususkan untuk smartphone entry-level. Meskipun begitu, Samsung tetap melengkapi Samsung A12 dengan fitur screenshot yang sama dengan seri lainnya. Ada banyak sekali metode screenshot yang digunakan. Kalian bisa memilih cara screenshot tanpa tombol atau dengan tombol.

Fitur screenshot memang sangat penting. Semua smartphone Android pasti memilikinya. Namun cara screenshot hp Samsung A12 berbeda dengan hp merk lain. Sebab caranya sangat mudah dan tersedia beragam metode cara mengambil screenshot. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui cara screenshot hp Samsung A12, silahkan simak informasinya di bawah ini.

Tutorial Cara Screenshot Hp Samsung A12

Cara Screenshot Hp Samsung A12

1. Screenshot Dengan Tombol Kombinasi

Dari beberapa cara screenshot Samsung A12, yang menurut kami termudah adalah menggunakan tombol kombinasi. Sebab cara ini bisa dilakukan secara langsung, tanpa perlu menyeting menu pengaturan terlebih dahulu. Selain itu, hasil screenshot akan langsung tersimpan ke galeri sehingga lebih mudah.

Adapun tombol kombinasi yang digunakan adalah Tombol Volume Bawah + Tombol Power. Silahkan tekan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan secara otomatis akan mengambil screenshot dan menyimpannya digaleri.

Cara di atas bisa kalian gunakan kapanpun juga. Bahkan saat smartphone pertama kali diaktifkan. Lalu bagiamana jika tombol volume ataupun tombol power mengalami kerusakan? Bagi yang mengalami masalah tersebut maka bisa mencoba cara screenshot Samsung A12 yang lainnya di bawah ini.

2. Cara Screenshot Galaxy A12 Tanpa Tombol

Menu Asisten Samsung A12

Cara screenshot Samsung A12 yang kedua adalah menggunakan tombol virtual Samsung atau yang disebut sebagai Menu Asisten. Tombol virtual tersebut akan menampilkan menu untuk mengambil screenshot sehingga tidak perlu menekan tombol fisik. Namun pengguna Samsung A12 harus terlebih dahulu mengaktifkannya.

Cara mengaktifkan Menu Asisten pada Samsung A12 sama saja dengan smartphone Samsung lainnya. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Aksesibilitas
  3. Pilih Interaksi dan Kecekatan
  4. Aktifkan Menu Asisten

Setelah menu Asisten Aktif maka akan muncul tombol virtual. Silahkan klik tombol virtual tersebut, lalu klik Gambar Layar untuk mengambil screenshot. Apabila tombol virtual tersebut terasa menggangu, maka bisa mencoba cara lainnya menggunakan fitur gesture atau gerakan tangan.

3. Screenshot Dengan Gesture

Fitur Gesture memungkinkan pengguna Samsung A12 untuk mengambil screenshot dengan cara mengusapkan telapak tangan pada layar. Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Bagi yang belum mengetahui caranya silahkan mengikuti setiap langkap di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Fitur Lanjutan
  3. Kemudian Buka Gerakan dan Gesture
  4. Selanjutnya aktifkan Usapkah Telapak Tangan Untuk Mengambil

Setelah fitur ini aktif, maka anda bisa mengambil screenshot dengan mengusapkan tepi tangan ke seluruh layar. Namun sayangnya fitur ini tidak bisa digunakan pada saat keyboard Samsung Galaxy A12 aktif. Nah apabila keyboard aktif, maka bisa mencoba cara screenshot hp Samsung A12 dengan metode tombol fisik maupun via menu asisten.

4. Cara Screenshot Panjang Samsung A12

Cara Screenshot Panjang Samsung A12

Semua cara screenshot hp Samsung A12 di atas hanya akan menghasilkan gambar screenshot standar sesuai dengan menu yang ditampilkan pada layar. Nah bagi yang ingin mengambil screenshot panjang maka harus terlebih dahulu mengaktifkan menu Bilah Alat Gambar atau Screenshot Toolbar.

Screenshot Toolbar akan muncul setelah anda mengambil screenshot dengan salah satu metode di atas. Mungkin untuk beberapa smartphone sudah aktif secara otomatis sehingga bisa langsung digunakan untuk mengambil screenshot panjang. Namun bagi yang belum mengaktifkannya, maka bisa mencoba caranya di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih Fitur Lanjutan
  3. Kemudian pilih Gambar Layar & perekam Layar
  4. Setelah itu aktifkan Bilah Alat Gambar Layar (Screenshot Toolbar).

Apabila screenshot toolbar telah aktif, maka tinggal mencoba mengambil screenshot. Kemudian pada bagian bawah akan muncul menu Screenshot Toolbar. Nah untuk mengambil screenshot panjang maka caranya adalah dengan klik icon anak panah kebawah, lalu tekan berulang kali sampai mendapatkan screenshot yang diinginkan.

Fitur screenshot panjang merupakan fitur yang paling dicari pengguna hp Samsung Galaxy A12. Nah setelah mengetahui cara mengaktifkan fitur tersebut maka sekarang anda bisa mengambil screenshot panjang pada halaman website ataupun aplikasi yang terinstal pada smartphone.

Nah itulah beragam cara mengambil screenshot pada hp Samsung A12. Silahkan mencoba tutorial di atas agar bisa mengambil screenshot dengan mudah. Simak pula informasi projektino.com sebelumnya mengenai “Cara Mengatasi Baterai HP Yang Tidak Bisa Penuh Saat Di Cas” yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar