10 Cara Restart Hp Samsung Agar Tidak Lemot

Cara restart hp Samsung sangatlah mudah. Anda hanya perlu menekan tombol power, lalu akan muncul menu untuk restart. Cara tersebut merupakan cara restart biasa yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam hal pada smartphone Samsung, seperti hp lemot, error, ataupun berbagai macam salah lainnya.

Semua smartphone pasti mengalami masalah, entah itu masalah ringan ataupun berat. Sebagai pengguna hp Samsung kita wajib mengetahui bagaimana cara restart agar bisa mengatasi setiap masalah yang terjadi pada smartphone. Untungnya Samsung menyediakan metode restart yang simple sehingga mudah digunakan.

Salah satu tujuan restart adalah untuk menutup semua aplikasi sehingga kinerja smartphone kembali cepat. Dengan me-restart smartphone maka masalah lemot dan tidak responsif bisa teratasi. Selain restart secara manual, anda juga bisa melakukan restart secara otomatis melalui fitur yang disediakan Samsung.

Sayangnya tidak semua hp Samsung dilengkapi fitur restart otomatis. Fitur ini hanya tersedia pada hp Samsung yang menggunakan OneUI versi terbaru. Apabila masih menggunakan OneUI versi lama maka harus terlebih dahulu update dengan cara masuk ke menu Pengaturan, kemudian pilih Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika ada update terbaru maka jangan ragu untuk melakukan update. Nah untuk memastikan apakah smartphone yang anda memiliki fitur restart otomatis atau tidak, silahkan simak tutorial cara restart hp Samsung yang kami sampaikan pada artikel projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Restart Hp Samsung

Cara Restart Manual

Dengan fitur restart otomatis maka bisa mencegah masalah pada hp Samsung, seperti lemot dan tidak responsif. Fitur ini memungkinkan hp Samsung untuk melakukan restart secara berkala sesuai dengan waktu yang ditentukan. Namun apabila smartphone yang digunakan saat ini sedang dalam keadaan lemot maka lebih baik melakukan restart terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut

  1. Tekan Tombol Power beberapa detik
  2. Kemudian akan muncul tiga pilihan menu yang terdiri dari Daya Mati, Mulai Lagi, dan Mode Darurat
  3. Untuk me-restart smartphone, silahkan pilih Mulai Lagi
  4. Kemudian smartphone akan restart dan tunggu sampai proses booting selesai untuk menyelesaikan proses restart.

Cara Restart Otomatis

Seperti yang anda lihat di atas, cara restart hp Samsung secara manual semudah membalikan telapak tangan. Lalu bagaimana jika ingin mengatur smartphone agar bisa restart secara otomatis sesuai dengan waktu yang ditentukan. Untuk mengetahui caranya, silahkan mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Buka Pengaturan hp Samsung
  2. Kemudian pilih menu Baterai dan Pemeliharaan Perangkat
  3. Berikutnya ketuk Opsi Lainnya atau icon tiga titik pada pojok kanan atas
  4. Kemudian pilih Otomatisasi
  5. Selanjutnya pilih ketuk Restart Otomatis Pada Waktu Yang Ditentukan
  6. Setelah itu aktifkan fitur ini sampai muncul tanda “Aktif” atau “On“. Berikutnya atur jadwal smartphone akan di-restart secara otomatis. Anda bebas memilih hari dan jam yang diinginkan. Setelah itu smartphone akan melakukan restart otomatis sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Silahkan anda mengatur waktu restart sesuai hari dan jam yang diinginkan. Kami sarankan untuk memilih waktu restart ketika smartphone sedang tidak digunakan, seperti di malam hari saat tidur ataupun di pagi hari.

Proses restart otomatis hanya akan terjadi apabila layar smartphone dalam keadaan mati serta ponsel sedang tidak digunakan. Selain itu, syarat agar bisa restart otomatis adalah kondisi baterai di atas 30% dan kunci kartu sim dalam keadaan nonaktif.

Metode di atas juga bisa digunakan untuk restart hp Samsung tanpa tombol power. Anda tinggal mengatur waktu yang diinginkan, lalu smartphone akan melakukan restart tanpa perlu menekan tombol power terlebih dahulu.

Bagi pengguna hp Samsung yang mengalami masalah tombol rusak maka bisa mencoba metode restart otomatis. Namun perlu diingat, tidak semua hp Samsung memiliki fitur tersebut. Fitur ini hanya tersedia pada hp Samsung yang menggunakan OneUI versi terbaru.

Akhir Kata

Silahkan anda mencoba tutorial di atas agar kinerja smartphone selalu optimal dan terhindar dari masalah lemot atau tidak responsif. Anda juga bisa mencoba melakukan restart secara manual jika dirasa smartphone terasa lemot ketika digunakan menjalankan aplikasi ataupun bermain game.

Selain dengan restart anda juga bisa mencoba mengatasi hp yang lemot dengan melakukan hard reset. Metode ini akan menghapus semua file dan mengambalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Adapun caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Reset Hp Samsung“.

Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang mengalami masalah lemot ataupun tidak responsif. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengunci Galeri di HP Vivo Tanpa Aplikasi dan beragam artikel menarik lainnya.

Tinggalkan komentar