18 Cara Reset Hp Xiaomi Redmi 9a Ke Setelan Pabrik

Banyak pengguna hp Xiaomi yang belum mengetahui cara factory reset untuk mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Padahal cara reset hp Xiaomi sangat mudah karena bisa dilakukan secara langsung melalui menu yang disediakan Xiaomi.

Ada satu hal penting sebelum mencoba cara reset hp Xiaomi, yaitu harus terlebih dahulu membackup file-file yang ada di smartphone. Sebab semua file yang ada di memori internal akan dihapus dan tidak bisa dikembalikan. Oleh karena itulah kami menyarahkan untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Proses backup bisa dilakukan melalui fitur backup yang ada di hp Xiaomi. Selain itu, kalian juga bisa memindahkan file-file penting ke memori eksternal atau menyalinnya ke komputer. Perlu kalian ketahui, factory reset hanya akan menghapus file yang ada di memori internal sehingga file yang ada di memori eksternal tetap aman.

Selain menghapus semua file, proses factory reset juga akan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik. Itu artinya smartphone akan kembali seperti saat pertama kali diaktifkan. Tentu hal ini akan membuat performa smartphone meningat karena semua cache dan aplikasi yang memberatkan performa akan dihapus.

Factory Reset bisa menjadi solusi untuk mengembalikan performa smartphone yang lemot. Kalian bisa mencobanya pada hp Xiaomi Redmi 9a ataupun smartphone Xiaomi lainnya. Caranya sama saja dan untuk mengetahui bagaimana cara reset hp Xiaomi Redmi 9a silahkan simak informasi projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Reset Hp Xiaomi Redmi 9a

Xiaomi Redmi 9a merupakan salah satu smartphone Xiaomi termurah di Indonesia. Smartphone ini dibanderol dengan harga di bawah 1.5 Juta Rupiah dan memiliki beragam kelebihan, seperti baerai berkapasitas 5.000 mAh, layar besar 6.53 inci, dan kamera utama AI beresolusi 13 Megapixel.

Dapur pacu yang digunakan Redmi 9a adalah Mediatek Helio G25. Chipset tersebut akan mendukung performa Redmi 9A yang dilengkapi Ram 2GB + Internal 32GB. Selain itu, ada pula versi Ram 3GB + Internal 32GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD.

Spesifikai Xiaomi Redmi 9a tergolong tinggi dikelasnya. Meskipun begitu tak jarang pengguna Redmi 9a mengalami masalah smartphone lemot. Nah cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan factory reset. Lalu bagaimana cara factory reset hp Xiaomi Redmi 9a? Untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

1. Cara Factory Reset Hp Xiaomi

Pertama kami akan memberikan cara reset hp Xiaomi melalui menu Setting atau Setelan. Caranya sangat mudah, namun pastikan telah membackup semua file-file penting agar tidak terhapus pada saat factory reset. Setelah selesai melakukan backup, maka barulah mencoba cara reset hp Xiaomi berikut ini.

  1. Buka menu Settings atau Setelan pada Xiaomi Redmi 9a ataupun smartphone Xiaomi lainnya
  2. Kemudian buka menu Additional Settings
  3. Selanjutnya pilih menu Backup dan Reset
  4. Berikutnya pilih Factory Reset atau Kembalikan ke Setelan Pabrik
  5. Setelah itu pilih, Reset Phone
  6. Kemudian konfirmasi untuk Hapus semua file yang ada di smartphone
  7. Selajutnya tinggal menunggu proses factory reset selesai.
  8. Setelah selesai maka smartphone akan restart secara otomatis

Setelah proses factory reset berhasil maka pengaturan hp Xiaomi Redmi 9a akan kembali ke pengaturan bawaan pabrik saat smartphone pertama kali diaktifkan. Cara ini bisa kalian coba di semua tipe hp Xiaomi, seperti Redmi 4a, Redmi 5a, Redmi 6a, Redmi 7, Redmi Note 7, dan masih bnayak lagi lainnya.

2. Cara Hard Reset Xiaomi

Sebenarnya hard reset sama saja dengan factory reset. Hanya saja cara yang kami sampaikan di bawah ini berbeda. Kami akan memberikan tutorial bagaimana cara hard reset melalui menu Recovery Xiaomi yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi hp Xiaomi yang tidak bisa dihidupkan atau mentok di logo. Adapun langkah-langkahnya silahkan simak di bawah ini

  1. Pastikan baterai smartphone di atas 50%
  2. Kemudian matikan smartphone Xiaomi yang akan di hard reset
  3. Berikutnya hidupkan smartphone dengan cara menekan Tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  4. Silahkan tunggu smapai muncul logi Xiaomi, dan setelah itu akan masuk ke menu Mi Recovery
  5. Berikutnya pilih Bahasa Inggris
  6. Setelah itu pilih menu Wipe Data/Factory Reset
  7. Lalu pilih All Wipe Data untuk menghapus semua file yang ada di smartphone.
  8. Berikutnya pilih Yes untuk melanjutkan proses hard reset
  9. Kemudian tinggal menunggu proses hard reset selesai.
  10. Jika sudah tinggal Restart atau Reboot.

Akhir Kata

Apabila proses reboot berhasil maka pengaturan smartphone akan kembali ke pengaturan pabrik dan semua file yang ada di memori internal akan terhapus. Cara reset hp Xiaomi ini memang cukup mudah, namun pastikan telah membackup semua file penting sebelum mencobanya.

Silahkan kalian mencoba salah satu cara reset Xiaomi di atas agar bisa mengembalikan pengaturan Redmi 9a ke pengaturan pabrik. Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Screenshot Samsung A11” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar