3 Cara Reset Hp Realme Ke Pengaturan Pabrik

Salah satu cara mengatasi hp Realme lemot adalah dengan melakukan hard reset. Cara reset hp Realme sangat mudah, dan terbukti ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab Hard Reset akan menghapus semua cache sehingga performa smartpone akan kembali seperti semula.

Setelah proses hard reset berhasil maka pengaturan hp Realme akan kembali ke pengaturan pabrik. Semua file akan terhapus, termasuk aplikasi, game, foto, dan video yang sebelumnya tersimpan di memori internal. Namun untuk file yang ada di memori eksternal tetap akan aman.

Realme menyediakan beberapa metode hard reset atau factory reset. Yang termudah adalah melalui menu Pengaturan. Sedangkan cara yang kedua adalah melalui Recovery. Untuk beberapa tipe caranya juga berbeda karena tergantung dari versi sistem operasi serta spesifikasi yang digunakan.

Faktor sistem operasi sangat berpengaruh terhadap cara reset hp Realme. Sebab ada dua jenis sistem operasi berbeda, yakni ColorOS dan Realme UI. Untuk smartphone terbaru semuanya sudah menggunakan Realme UI. Namun untuk smartphone tipe lama seperti Realme C2 masih menggunakan ColorOS sama seperti milik Oppo.

Perlu kalian ketahui, Realme dan Oppo merupakan satu induk perusahaan yang sama. Bahkan sebelumnya Realme merupakan bagian dari Oppo, namun sekarang sudah berdiri sendiri. Terlepas dari itu, keduanya sama-sama berkualitas dan menawarkan spesifikasi mumpuni yang berkelas.

Bagi yang selama ini menggunakan smartphone Realme ataupun Oppo pasti tahu dengan benar bagaimana kualitas keduanya. Namun apabila terjadi masalah pada smartphone yang kalian gunakan maka bisa mencoba cara reset hp Realme berikut ini.

Tutorial Cara Reset Hp Realme

Cara Reset Hp Realme

1. Cara Factory Reset Hp Realme

Factory Reset akan mengembalikan pengaturan hp Realme ke pengaturan pabrik. Itu artinya semua pengaturan akan kembali seperti semula sama seperti seperti ketika smartphone pertama kali diaktifkan. Alhasil performa smartphone akan kembali optimal karena semua data dan cache akan ikut terhapus.

Sebelum mencoba factory reset kami sarankan untuk terlebih dahulu membackup file-file penting yang ada di smartphone. Sebab semua file di memori internal akan terhapus, termasuk file foto, video, aplikasi, game, dan beragam pengaturan lainnya. Nah setelah proses backup selesai, maka tinggal mencoba cara reset hp Realme berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan buka menu Settings
  2. Kemudian pilih Addition Settings
  3. Berikutnya pilih Back Up and Reset
  4. Setelah itu pilih Erase All Data (Factory Reset)
  5. Kemudian akan muncul beberapa opsi Factory Reset. Nah untuk mengembalikan pengaturan hp Realme ke pengaturan pabrik silahkan pilih Erase All Data
  6. Kemudian akan muncul peringatan bahwa langkah ini akan menghapus semau data. Silahkan klik Erase Data
  7. Selanjutnya akan muncuk peringatan bahwa data yang hapus tidak bisa dikembalikan. Jika yakin dengan langkah ini, maka pilih Erase Data
  8. Berikutnya semua data akan dihapus dan proses factory reset telah selesai.

2. Cara Hard Reset Hp Realme UI

Selain cara reset hp Realme di atas, anda juga bisa melakukan hard reset melalui menu Recovery. Namun metode ini tergantung dari sistem operasi yang digunakan. Sebab untuk cara reset hp Realme yang menggunakan Realme UI berbeda dengan ColorOS.

Sebagai contoh kami akan memberikan tutorial cara hard reset hp Realme 7 Pro yang sudah menggunakan Realme UI terbaru. Untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Pastikan smartphone dalam kondisi mati.
  2. Berikutnya tekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan dalam beberapa detik
  3. Setelah muncul logo Realme silahkan lepas semua tombol
  4. Berikutnya akan muncul menu pengaturan bahasa. Silahkan pilih bahasa English dengan menggunakan tombol volume untuk navigasi dan power untuk konfirmasi
  5. Selanjutnya akan muncu menu Realme UI Recovery.
  6. Kemudian untuk proses hard reset silahkan pilih Wipe Data
  7. Selanjutnya anda harus memasukan kunci layar yang digunakan
  8. Setelah itu tinggal pilih Format Data
  9. Kemudian pilih Format dan tunggu proses hard reset selesai
  10. Apabila hard reset berhasil, maka tinggal pilih Reboot untuk merestart hp Realme yang sudah di hard reset.

3. Cara Reset Realme ColorOS

Kami yakin sebagian besar pengguna hp Realme di Indonesia masih menggunakan hp Realme dengan sistem operasi ColorOS seperti Realme C2, Realme 5 Pro, Realme 6 Pro, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk tipe tersebut memiliki menu Recovery yang berbeda sehingga cara resetnya juga berbeda.

Meskipun berbeda, namun cara reset Realme dengan ColorOS sama-sama mudah. Bahkan caranya tidak berbeda jauh dengan hp Realme yang menggunakan RealmeUI. Adapun caranya silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Matikan smartphone terlebih dahulu
  2. Kemudian tekan Tombol Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan
  3. Lepaskan semua tombol apabila sudah muncul logo Realme
  4. Berikutnya pilih bahasa English menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan power untuk konfirmasi
  5. Langkah selanjutnya pilih Wipe Data And Cache
  6. Setelah itu pilih Yes untuk menyetuji proses hard reset
  7. Silahkan tunggu sampai proses hard reset selesai, kemudian pilih Reboot.

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat kita simpulkan bahwa cara reset Realme sebenarnya sangat mudah. Namun yang perlu diingat adalah semua data yang ada di smartphone, khususnya memori internal akan terhapus. Oleh karena itulah pastikan telah membackup semua data-data penting sebelum melakukan hard reset.

Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Silahkan anda mencoba tutorial di atas dan semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat serta bisa menjadi referensi bagi semua pengguna hp Realme di Indonesia. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Screenshot Realme C2” dan beragam artikel menarik lainnya.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar