Cara Registrasi Kartu Indosat Tanpa KTP dan KK, Apakah Bisa?

Semua pemilik kartu Indosat Ooredoo wajib melakukan registrasi kartu prabayar sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Pemerintah. Nah yang jadi pertanyaan, apakah bisa registrasi kartu Indosat tanpa KK dan KTP?

Sayangnya proses aktivasi kartu Indosat wajib menggunakan KTP dan KK. Kartu tidak akan bisa diaktifkan apabila tidak memiliki kedua dokumen tersebut. Bagi yang tidak memilikinya maka bisa meminjam milik kelurga ataupun orang terdekat.

Peraturan registrasi kartu menggunakan KTP dan KK berlaku untuk semua provider seluler, seperti Telkomsel, Smartfren, XL, Axis, dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi masyarakat Indonesia dari penyalagunaan nomor telepon.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali kasus penipuan dan ketindakjahatan lainnya yang dilakukan lewat Telepon. Nah dengan adanya registrasi menggunakan KTP dan KK maka pihak berwajib mendeteksi pemilik nomor telepon.

Meskipun sudah ada peraturan ini, namun tetap saja masih banyak oknum-oknum jahat yang melakukan tindak kejahatan via telepon. Jadi bisa dikatkaan peraturan registrasi kartu menggunakan KTP dan KK belum terlalu optimal.

Masih ada manfaat lain registrasi kartu prabayar. Salah satunya adalah untuk memudahkan provider memberikan layanan bagi para konsumennya, seperti untuk transaksi online, dan lain-lain.

Dengan semua manfaat yang didapatkan, tentu tidak ada salahnya melakukan registrasi kartu. Lagi pula cara mengaktifkan kartu Indosat sangat mudah. Nah untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Registrasi Kartu Indosat

Cara Registrasi Kartu Indosat

Sebelum melakukan registrasi kartu Indosat, silahkan persiapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang dibutuhkan. Syaratnya cukup mudah karena hanya membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP dan Nomor Kartu Keluarga.

Pastikan nama dan nomor NIK yang tertera pada KTP sesuai dengan yang ada di KK. Nantinya pihah provider akan melakukan pengecekan dengan database yang dimiliki Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Jangan harap bisa melaksukan nomor NIK dan nomor KK. Sebab registrasi kartu Indosat akan langsung ditolak jika salah memasukan kedua nomor tersebut. Lalu bagaiman cara registrasinya?

Cara termudah registrasi nomor Indosat adalah lewat SMS. Anda hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 4444 dengan format sebagai berikut

NIK#Nomor KK#, kirim ke 4444

Pastikan 16 Digit nomor KK dan nomor KTP yang dimasukan telah benar. Setelah itu tinggal menunggu balasan dari 4444 untuk mengetahui apakah registrasi disetujui atau tidak.

Setelah mendapatkan balasan SMS yang berisi bahwa registrasi berhasil maka anda bisa langsung menggunakan kartu Indosat untuk telepon, sms, ataupun mengakses paket data internet.

Bisa dikatakan cara mengaktifkan kartu Indosat sangat mudah, karena hanya perlu memasukan nomor KK dan nomor NIK KTP. Setelah it tinggal mengirimkan format di atas ke nomor 4444.

Meskipun mudah, namun banyak pengguna kartu Indosat yang terkendala tidak memiliki KTP ataupun KK. Solusinya adalah meminjam KK ataupun KTP miliki orang lain. Untungnya Indosat tidak membatasi jumlah registrasi kartu sehingga tak masalah jika menggunakan KK dan KTP milik orang lain.

Kesimpulan

Meskipun tidak bisa mengaktifkan kartu Indosat tanpa KTP dan KK, namun anda tetap bisa melakukan registrasi dengan meminjam kepada orang lain. Kami sarankan untuk meminjamnya dari keluarga, teman, ataupun orang terdekat.

Jika terjadi kendala saat melakukan registrasi, silahkan hubungi Contact Center Indosat berikut ini.

  1. email : info.business@indosatooredoo.com
  2. Telp : 0815-1201-8888
  3. Whatsapp : 0815-1998-0000

Selain lewat SMS, sebenarnya masih ada cara registrasi lainnya. Anda juga bisa melakukan registrasi di gerai Indosat dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga. Tentu cara tersebut lebih ribet, sehingga lebih baik melakukan registrasi lewat SMS.

Soal biaya tidak perlu khawatir, karena proses registrasi tidak dikenakan biaya sama sekali. Setelah kartu berhasil diregistrasikan maka anda bisa langsung menggunakannya untuk berkomunikasi.

Nah cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Menghapus Aplikasi di HP Vivo dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan komentar