10 Cara Menghilangkan POP UP Iklan Di Android : ADWARE

Bagi pengguna ponsel android wajib tau menggenai Adware, dimana iklan jenis ini sangatlah mengganggu terlebih jika penempatannya salah. Maka dari itu pengguna wajib tau Cara Menghilangkan POP UP Iklan Di Android untuk semua ponsel android.

Adware merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai oleh para pengguna Smartphone karena sangat mengganggu ketika sedang melakukan browsing. Adware atau virus iklan ini juga sering muncul ketika Smartphone sudah terinfeksi dan biasanya akan muncul dalam bentuk pop-up yang mengajak pengguna Smartphone untuk mengunduh aplikasi.

Selain itu, adware ini juga bisa berbentuk sebagai aplikasi yang dikira aplikasi tersebut adalah aplikasi sistem sehingga memungkinkan untuk didownload, padahal aplikasi tersebut bisa membahayakan Smartphone yang digunakan. Adware juga tidak tidak hanya muncul pada saat browsing saja, namun adware juga bisa muncul pada kondisi seperti, saat berada di home screen.

Selain itu, bisa muncul pada saat Smartphone berada di mode sleep, saat membuka Galery dan lainnya. Bahkan, adware juga bisa muncul pada saat membuka aplikasi yang benar-benar gratis seperti Facebook, Instagram, Whatsapp dan aplikasi gratis lainnya.

Jika hal ini terjadi pada HP Android, maka kemungkinan HP sudah terkena adware pada kondisi yang seharusnya tidak ada pop-up iklan. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah cara-cara dibawah ini untuk menghilangkan adware pada Smartphone Android.

Tutorial Cara Menghilangkan POP UP Iklan Di Android

Cara Menghilangkan POP UP Iklan Di AndroidAda beberapa hal yang membuat iklan pop up atau adware ini sangat mengganggu seperti tata letaknya yang tidak tepat. Kebanyakan adware di ponsel android merupakan Virus karena pengguna salah mengunduh file yang ternyara virus.

Menggunakan Browser Anti Iklan saja kurang pas untuk menghilangkan adware. Ikuti langkah dari Projektino.com berikut ini untuk Cara Menghilangkan POP UP Iklan Di Android dengan mudah yang bisa di ikuti.

1. Menghilangkan Adware pada Android Melalui Device Administrator

Device AdministratorCara pertama untuk menghilangkan adware pada Android adalah dengan melalui pengaturan Device Administrator. Cara ini bisa dilakukan tanpa harus melakukan root pada HP Android tersebut sehingga lebih aman.
Untuk lebih jelasnya, bisa ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  1. Buka menu “Settings“.
  2. Setelah itu, pilih “Security
  3. Kemudian “Device Administrator“.
  4. Jika sudah, maka HP Android akan menampilkan aplikasi dengan administrasinya yang aktif.
  5. Apabila melihat ada aplikasi yang mencurigakan dengan akses administrasinya yang aktif, maka segeralah untuk mematikan aplikasi tersebut.
  6. Setelah itu, cari aplikasi yang mencurigakan tersebut di “Manajemen aplikasi ponsel” kemudian hapus aplikasi tersebut.
  7. Namun sebelum menghapusnya, pastikan data dan cache pada aplikasi tersebut dihapus terlebih dahulu agar cache tidak menumpuk dalam memori internal.

Kamu bisa menggunakan cara pertama di menu setting pada setiap tipe ponsel android. Pada beberapa tipe ponsel android kebanyakan memiliki menu setting yang bisa mengantur dan mengilangkan adware atau iklan pop up.

2. Menghilangkan Adware Melalui Safe Mode

Safe ModeCara Menghilangkan POP UP Iklan Di Android yang kedua ini dilakukan jika sudah melakukan cara diatas untuk menghilangkan adware pada Android, namun virus iklan masih ada. Hal ini terjadi karena besar kemungkinan adware tersebut sudah berubah menjadi aplikasi sistem yang tidak bisa terlacak di menejer aplikasi.

  1. Pertama, masuk kedalam safe mode dengan cara menekan tombol power dan tombol volume secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul menu safe mode.
  2. Di dalam safe mode, hanya terdapat aplikasi sistem saja yang bisa ditemukan.
  3. Karena adware ini sudah menjelma sebagai aplikasi sistem, maka harus mencari aplikasi yang mencurigakan tersebut terlebih dahulu.
  4. Lalu uninstall aplikasi tersebut, jika sudah menemukannya.
  5. Setelah itu, restart HP Android dan adware pun sudah hilang.

Untuk itu, ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan masuk kedalam safe mode dan cari aplikasi adware yang mencurigakan tersebut lalu menghapusnya. Berikut ini adalah cara-cara untuk menghilangkan adware pada Android melalui safe mode.

3. Menggunakan Aplikasi ES Pengelola Berkas

Cara Menghilangkan POP UP IklanYang terakhir adalah menggunakan aplikasi ES Pengelola Berkas untuk menghilangkan adware pada Android. Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa diunduhnya melalui Googe Play Store yang ada di HP Android.

  1. Pertama, install aplikasi “ES Pengelola Berkas” di Play Store.
  2. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut dan masuk kedalam menu aplikasi.
  3. Selanjutnya cari aplikasi yang tidak mempunyai nama.
  4. Jika sudah ketemu, pilih aplikasi tersebut lalu tekan tombol “Uninstall“.
  5. Maka muncul permintaan hapus akses administrator, langsung hapus saja akses tersebut.
  6. Jika sudah dilakukan, maka langkah tersebut sudah selesai dan adware pun sudah berhasil dihilangkan.

Cara ini juga bisa digunakan untuk HP yang belum diroot sehingga akan lebih mudah saat melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghilangkan adware dengan menggunakan aplikasi ES Pengelola Berkas.

Itulah cara-cara untuk menghilangkan adware di Android yang bisa dicoba. Dari cara-cara diatas, bisa dipilih mana yang paling mudah dan paling efektif untuk menghilangkan adware pada Android.

Dengan hilangnya adware tersebut, maka akan terasa lebih nyaman karena tidak ada adware yang mengganggu saat melalukan browsing di HP Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat baca juga Cara Screenshot HP Realme yang sudah Projektino ulas sebelumnya.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar