10 Cara Menghilangkan Malware di Android Dengan Mudah

Jaman sekarang ini kebanyakan orang tidak lepas dari yang namanya internet. Dengan adanya internet, mencari informasipun bisa menjadi lebih mudah karena segala yang ingin diketahui bisa didapatkan. Namun terkadang ada hal yang mengganjal saat sedang browsing seperti malware, oleh karena itu Cara Menghilangkan Malware merupakan solusi

Hanya dengan mengetik kata pada kolom pencarian, maka akan langsung muncul hasil yang sedang dicari dan tinggal pilih mana yang paling pas dengan yang diinginkan. Namun, terkadang ada iklan yang muncul dan pastinya akan membuat kesal saat sedang berselancar menggunakan internet di HP Android.

Selain iklan yang muncul sering membuat kesal dan tidak nyaman, HP Android juga bisa terindikasi oleh malware jika iklan pop-up sering muncul di layar Android saat digunakan untuk berinternet. Malware merupakan program yang sengaja diciptakan untuk merusak, mencuri, menggandakan dan bahkan bisa mengubah data pada Android yang digunakan.

Iklan yang mengganggu tentu saja akan membuat experience kita dalam menggunakan smartphone menjadi terganggu. Oleh sebab itu malware seperti ini memang sudah seharusnya untuk di hapus dengan beberapa cara.

Sama mudahnya seperti Cara Agar Membuat HP Tidak Lag untuk menghilangkan malware sendiri ada beberapa cara mudah. Mulai dari menggunakan aplikasi tambahan sampai masuk ke settingan browser yang sedang di gunakan.

 

Tutorial Cara Menghilangkan Malware

Cara Menghilangkan MalwareDengan munculnya malware tentunya akan membuat terkadang ada rasa ingin menghilangkan iklan tersebut agar terasa nyaman saat menggunakan internet. Sebenarnya iklan malware sendiri bisa di buang dengan mudah secara tuntas.

Buat kamu yang sedang mengalami ponsel terganggu karena malware maka wajib tau Cara Menghilangkan Malware di Android. Ikuti beberapa langkah mudah dari Projektino.com untuk menghilangkan malware pada ponsel android dengan berbagai cara.

1. Menggunakan Aplikasi Penghilang Iklan

Cara pertama untuk menghilangkan malware iklan di Android yaitu dengan menggunakan aplikasi. Ada dua jenis aplikasi yang direkomendasikan untuk menghilangkan iklan di Android.

Aplikasi tersebut yaitu, aplikasi Adblock dan aplikasi Adclear yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di Android. Dibawah ini adalah penjelasannya.

Adblock

Tutorial Menghilangkan MalwareAplikasi ini bisa didapatkan dengan cara mengunduhnya di Play Store yang merupakan salah satu aplikasi wajib dalam HP Android. Aplikasi Adblock ini akan melakukan pengaturan secara otomatis sehingga tidak ada iklan yang muncul saat melakukan internet di Android.

Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur AdGuard yang bisa bekerja walaupun di mode VPN sehingga iklan bisa diblock tanpa harus di root. Cara ini juga termasuk cara yang paling mudah untuk menghilangkan iklan di Android.

Adclear

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan adalah aplikasi Adclear. Aplikasi ini juga bisa didapatkan di Play Store, berikut ini adalah lagkah-langkahnya.

  1. Unduh dan instal aplikasi Adclear di Playsore.
  2. Setelah terinstal, kemudian buka aplikasi tersebut.
  3. Lalu tap tombol “Power” untuk memulai.
  4. Kemudian tap “OK” ketika ada pemberitahuan VPN.
  5. Terakhir, gunakan opsi “Enable Advance Protection” jika iklan masih muncul.

2. Menggunakan Browser Google Chrome

Google ChromeDalam browser Google Chrome terdapat fitur yang bisa diatur sesuai dengan keinginan sehingga jika ingin menghilangkan iklan pada Android bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan rooting pada Android tersebut. Untuk mengatur fiturnya, bisa ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  1. Pertama masuk ke Google Chrome.
  2. Setelah itu pilih 3 titik vertikal yang ada di sebelah kanan atas.
  3. Lalu pilih “Settings” dan cari opsi “Site Settings”.
  4. Kemudian pilih opsi “Pop-ups and redirects“.
  5. Jika sudah lalu pilih toggle sehingga tampilan akan berubah menjadi warna abu-abu dan iklan pop-up akan otomatis terblokir.

Selain itu, iklan pop-up pada situs tertentu juga bisa diblokir dengan cara mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pilih opsi “Ads” yang ada dibawah opsi “Pop-ups and directs”.
  • Setelah itu, pilih “toggle”.
  • Jika sudah, maka tampilannya akan berubah menjadi abu-abu dan iklanpun berhasil diblokir.

Jika tidak ingin ada notifikasi dari situs tertentu, maka bisa lakukan cara-cara dibawah ini.

  1. Buka menu “Site Settings”.
  2. Kemudian cari opsi “Notifications”.
  3. Setelah itu pilih “toggle”
  4. Iklan sudah berhasil jika warnanya sudah berubah menjadi abu-abu.

3. Melalui Security Setting

Menu SecurityCara yang terakhir untuk menghilangkan malware iklan di Android adalah melalui scurity setting. Cara ini dilakukan jika tidak ingin mengunduh aplikasi untuk menghilangkan iklan tersebut di Android, berikut adalah cara-caranya.

  1. Buka “Pengaturan“.
  2. Masuk ke “Security Setting“.
  3. Kemudian pilih “Jangan izinkan penginstallan aplikasi dari sumber yang tidak jelas“.
  4. Setelah itu, iklan sudah tidak meuncul lagi di HP Android.
  5. Selesai

Demikian cara-cara untuk menghilangkan malware iklan di Android yang bisa dicoba. Dari ke-3 cara yang sudah disebutkan, bisa dipilih mana yang paling mudah dan paling efektif untuk menghilangkan iklan pada Adroid.

Namun jika iklan sudah berhasil diblokir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melindungi HP Android dari malware seperti, Perbarui semua aplikasi, Periksa semua izin aplikasi sebelum diunduh dan Gunakan VPN untuk ketika menggunakan WiFi umum untuk melindungi data yang ada di Android. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Cukup mudah bukan untuk menghilangkan iklan malware yang mengganggu pengguna saat menggunakan browser. Cara diatas bisa dengan mudah kamu praktekan di semua ponsel android apapun dengan langkah-langkah yang memang sama.

Kamu juga harus jeli membedakan malware yang ada browser dan Virus karena keduanya memang terasa cukup sama dalam memberikan dampak pada ponsel. Itu di informasi kali ini simak juga Cara Screenshot Vivo Y20 pada ulasan Projektino sebelumnya.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar