5 Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android Tanpa Aplikasi

Salah satu kekurangan Google Chrome di Android adalah tidak dilengkapi adblock yang bisa memblokir iklan secara otomatis. Meskipun begitu, kalian tetap bisa mencoba cara menghilangkan iklan di Chrome Android dengan cara cukup mudah.

Iklan pada Google Chrome memang terasa cukup menggangu. Terlebih untuk iklan jenis pop-up yang terkadang muncul secara otomatis ketika membuka situs tertentu. Lebih parahnya lagi, terkadang ada iklan yang disusupi oleh malware sehingga sangat membahayakan keamanan smartphone.

Apabila smartphone sudah terserang malware maka bisa mengakibatkan smartphone menjadi lemot dan akan muncul iklan secara otomatis. Agar terhindar dari hal tersebut maka lebih baik mencoba cara menghilangkan iklan di Chrome Android yang kami sampaikan pada artikel projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android 

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android 

1. Menggunakan Private DNS Adguard

Semua hp Android Samsung, Vivo, Realme, Oppo, dll yang memakai sistem operasi Android 9 ke atas sudah dilengkapi fitur Private DNS atau DNS Pribadi. Fungsinya hampir sama dengan VPN, namun cara kerja Private DNS tidak akan merubah lokasi dan IP.

Karena lokasi dan IP tidak berubah maka kecepatan internet tidak akan berubah. Di sisi lain, Private DNS juga bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di Google Chrome Android sekaligus membuka situs yang diblokir.

Namun perlu diingat, tidak semua Private DNS bisa digunakan untuk memblokir iklan. Hanya Private DNS tertentu saja yang bisa melakukannya. Nah untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur tersebut, silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Buka pengaturan yang ada di smartphone kalian. Kemudian pilih pengaturan Koneksi
  2. Lalu pilih Pengaturan Koneksi Lainnya
  3. Kemudian cari menu Private DNS atau DNS Pribadi
  4. Selanjutnya masukan nama host Private DNS dan ketikan dns.adguard.com

Cara mengatur Private DNS di setiap tipe smartphone mungkin berbeda. Kami sendiri menggunakan hp Samsung Galaxy Note 10+. Agar lebih mudah, kalian bisa mencoba mencari pengaturan Private DNS melalui kolom pencarian yang biasanya tersedia pada menu Pengaturan.

Apabila tidak menjumpai pengaturan Private DNS atau DNS Pribadi, berarti smartphone kalian bisa menggunakan fitur tersebut. Bagi yang bisa maka tinggal mencoba cara menghilangkan iklan di Google Chrome Android yang kami sampaikan di atas.

Host dari Private DNS yang kami gunakan adalah dns.adguard.com. Host Private DNS tersebut dikhususkan untuk memblokir iklan di Google Chrome Android. Tentu tidak semua iklan akan hilang, namun sudah lebih baik dibanding tidak menggunakannya sama sekali.

dns.adguard.com mampu memblokir iklan pop-up dan iklan yang ada di sebagian besar website. Alhasil kita bisa browsing dengan nyaman tanpa perlu terganggu oleh iklan yang menggangu.

Dengan tidak adanya iklan maka kecepatan internet akan meningkat sehingga kenyamanan browsing semakin maksimal. Lalu apakah ada cara lainnya untuk menghilangkan iklan di Chrome Android?

2. Menggunakan AdBlock

Cara Hilangkan Iklan di Chrome Android

Bagi smartphone yang tidak dilengkapi fitur Private DNS maka bisa mencoba cara menghilangkan iklan di Chrome Android menggunakan aplikasi AdBlock. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memblokir iklan di berbagai browser, seperti Chrome, Opera, Firefox, UC, Yandex, Samsung, CM, Dolphin dan masih banyak lagi lainnya.

Iklan yang bisa diblokir bermacam-macam, mulai dari iklan video, iklan floating, iklan pop-up, dan beragam jenis iklan lainnya. Dengan tidak adanya iklan maka kecepatan mengakses website menjadi lebih cepat dan akan menghemat bandwith.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store dan support beragam tipe dan jenis smartphone. Oleh karena itulah kalian wajib mencobanya. Terlebih AdBlock mampu melindungi smartphone dari malware dan spyware yang biasanya terpasang pada situs-situs tertentu.

AdBlock akan melindungi kalian dari malware dan phising sehingga browsing di Google Chrome menjadi lebih aman. Nah bagi yang penasaran ingin mencobanya, silahkan download AdBlock melalui link Play Store di bawah ini.

3. Blokada Slim Ad blocker 

Cara Memblokir Iklan di Google Chrome Android

Selain aplikasi di atas, kalian bisa mencoba aplikasi  Blokada Slim Ad blocker yang sama-sama memiliki kemampuan untuk memblokir iklan di Google Chrome Android. Cara kerja aplikasi ini adalah menggunakan server DNS (Domain Name System) yang dikhususkan untuk memblokir iklan.

Blokada Slim Ad blocker tidak hanya menghilangkan iklan di Google Chrome saja, namun juga browser dan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store dengan ukuran 26 mb dan terbukti ampuh 100% dalam menghilangkan iklan di Chrome Android.

Didalam aplikasi Blokada telah tersedia beragam pilihan server yang bisa kalian pilih sesuka hati. Aplikasi ini tidak hanya mampu memblokir iklan saja, namun juga mampu meningkatkan kecepatan browsing, menghemat data, dan menghemat daya baterai.

Bagi yang penasaran ingin mencobanya, silahkan mengunduhnya secara gratis di Play Store melalui link di bawah ini.

4. Setting Pop-Up Google Chrome

Cara ini tidak sepenuhnya menghilangkan iklan di Google Chrome. Namun paling tidak kita bisa menghilangkan iklan pop-up yang menggangu saat browsing di internet. Adapun caranya silahkan simak berikut ini.

  1. Buka Google Chrome. Kemudian klik icon tiga titik pada pojok kanan atasCara Menghilangkan Iklan Pop-Up Google Chrome
  2. Kemudian pilih menu SetelanSetelan Pop-Up Google Chrome
  3. Lalu pilih Setelan SitusSetelan Situs
  4. Kemudian atur bagian Pop-up dan Pengalihan
  5. Silahkan non-aktifkan pengaturan tersebut agar tidak muncul pop-up yang mengganguMengatur Pop-Up Google Chrome

Selain pengaturan pop-up, kalian juga harus harus mengatur pada bagian Iklan. Pastikan kedua pengaturan tersebut berada pada posisi off agar iklan dan pop-up yang menggangu diblokir. Sayangnya tidak semua iklan bisa diblokir, karena hanya sebatas untuk iklan yang menggangu saja.

Cara ini lebih efektif untuk mengantisipasi malware yang biasanya muncul pada iklan pop-up. Untuk iklan secara keseluruhan kami sarankan menggunakan Private DNS atau menggunakan aplikasi di atas yang terbukti mampu menghilangkan iklan di Chrome Android sepenuhnya.

5. Menggunakan Adguard VPN

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Android

Biasanya VPN hanya dikhususkan untuk membuka situs yang diblokir. Namun VPN yang satu ini berbeda, karena Adguard VPN bisa digunakan untuk memblokir iklan secara otomatis. Server yang tersedia pada aplikasi cukup lengkap, kalian tinggal memilih salah satu yang paling cepat.

VPN juga bisa membuka blokir situs dengan lancar, dan pastinya bisa digunakan secara gratis. Di sisi lain, AdGuard VPN akan memberikan perlindungan saat browsing sehingga penggunanya bisa terhindar dari malware, spyware, dan beragam bahaya keamananan lainnya.

Nah bagi yang penasaran ingin mencoba kemampuan Adguard VPN dalam menghilangkan iklan di Chrome Android silahkan download di bawah ini. 

Kesimpulan

Sah-sah saya apabila sebuah website di lengkapi iklan. Sebab iklan merupakan sumber penghasilan dari pemilik website. Namun apabila iklannya sudah sangat menggangu dan berpotensi telah terinfeksi malware maka lebih baik diblokir dengan cara yang kami sampaikan di atas.

Nah demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan iklan di Chrome Android. Silahkan kalian mencobanya dan simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Aktifkan Dark Mode Whatsapp Android” dan beragam artikel bermanfaat lainnya. 

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar