Cara Menghemat Baterai Xiaomi – Segala jenis handphone, jika dipakai secara terus menerus pasti akan mengalami penurunan kualitas. Hal yang sering terjadi dengan permasalahan handphone pemakaian lama adalah kapasitas baterai.

Pemakaian handphone secara terus menurus pasti akan menurunkan kapasitas baterai anda, salah satunya pada handphone Xiaomi. Meskipun, handphone Xiaomi dibekali kapasitas baterai yang cukup besar, namun baterai anda menjadi sering lowbet akibat penggunaanya sendiri.

Zaman sekarang banyak sekali pecandu game online yang menggunakan handphone Xiaomi dikarenakan memiliki RAM besar serta kapasitas baterai tinggi, tetapi aktivitas tersebut dapat mengubah baterai anda cepat habis karena seringnya penggunaan tanpa ingat waktu. Apalagi saat ini, keluaran handphone terbaru dari Xiaomi mengenakan baterai tanam, hal tersebut akan lebih susah untuk mengganti baterai jika terjadi penurunan kapasitas.

Bagaimana Cara Menghemat Baterai Xiaomi?

Cara Menghemat Baterai Hp XiaomiUntuk mengatasi baterai handphone Xiaomi anda tidak mudah habis, sebaiknya menjaga baterai dengan beberapa cara yang dapat anda lakukan. Yups, ada beberapa cara menghemat baterai hp Xiaomi yang terbukti cukup efektif untuk mencegah baterai cepat habis.

Ada dua opsi yang bisa dipilih, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi. Kami sendiri lebih memilih cara menghemat baterai Xiaomi tanpa aplikasi, karena menurut kami fungsi aplikasi penghemat baterai Xiaomi sama saja dengan cara kita melakukannya tanpa aplikasi.

Hanya butuh beberapa langkah saja untuk menghemat baterai hp Xiaomi. Cara yang projektino.com sarankan dibayah ini merupakan cara termudah yang bisa dicoba oleh semua pengguna hp Xiaomi. Untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak cara menghemat baterai Xiaomi pada informasi projektino.com berikut ini.

1. Mengurangi Kecerahan Handphone

Salah satu penyebab handphone xiaomi anda sering lowbet/habis yaitu pencahayaan handphone terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya atur pencahayaan handphone agar tidak terlalu terang atau tinggi.

2. Mematikan GPS, Bluetooth, Wifi

Cara kedua untuk menghemat baterai handphone Xiaomi anda yaitu dengan mematikan GPS, Bluetooth, dan Wifi jika ketiga perangkat tersebut sudah tidak digunakan lagi. Jika, ketiga perangkat tersebut lupa dimatikan maka akan selalu mencari sesuai dengan kebutuhan perangkatnya. Jadi, untuk selalu diingat ya gais, matikan ketiga perangkat tersebut ketika sudah digunakan lagi.

3. Membatasi Penggunaan Data

Bagi anda yang ingin menghemat baterai handphone xiaomi, dapat melakukan cara dengan membatasi penggunaan data. Penggunaan data secara berlebihan dan bersama-sama akan membuat konsumsi baterai Xiaomi lebih cepat habis.

Untuk sekarang, silahkan anda memenage aplikasi yang kiranya lebih membutuhkan terpakai dan mana yang tidak terlalu penting digunakan. Caranya sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi “Keamanan” pada handphone Xiaomi anda
  2. Pilihlah menu “Penggunaan Data
  3. Batasilah penggunaan data dengan mencentang aplikasi yang tidak sering digunakan

4. Aktifkan Fitur Sleep Display

Salah satu keunggulan Xiaomi yang tidak dimiliki handphone lainnya yaitu adanya fitur sleep display. Cara kerja fitur ini yaitu akan mematikan handphone Xiaomi beberapa detik setelah hp tidak digunakan dan mampu hingga berjam-jam.

Penggunaan fitur sleep display sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menghemat baterai, karena akan menghemat baterai handphone Xiaomi hingga 50%.

5. Aktifkan Fitur Power Saving

Fungsi dari fitur power saving adalah untuk menghemat baterai Xiaomi dengan meminimalisirkan fitur-fitur yang tidak digunakan. Untuk mengaktifkan fitur power saving sangatlah mudah, anda cukup membuka pengaturan security dan pilihlah power saver kemudian aktifkan.

6. Aktifkan Mode Auto Close App

Xiaomi memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh handphone lain, yaitu fitur rom miui. Fitur tersebut berfungsi untuk membersihkan RAM dan bekerjanya fitur tersebut sangat canggih, karena jika keadaan handphone xiaomi sleep maka secara otomatis akan membersihkannya.

Untuk menghemat baterai Xiaomi, silahkan aktifkan mode auto close app dengam cara:

  • Bukalah aplikasi pengaturan pada handphone Xiaomi anda
  • Pilihlah menu “baterai“, kemudian cari menu “Profile” dan “Tambah Profile
  • Selanjutnya, pilhlah “Bersihkan Memori” dan silahkan pilihlah pengaturan waktu sesuai selera anda serta diakhiri dengan mengaktifkan profil tersebut.

7. Bersihkan File

Terrlalu banyak file yang terdapat pada handphone anda, menjadi penyebab konsumsi baterai anda boros. Untuk mengatasinya, maka bersihkan file-file yang sekiranya tidak penting untuk menghemat baterai anda dan membuat kinerja handphone Xiaomi lebih ringan.

Untuk menghapus file yang tidak terpakai atau kadualuarsa, anda cukup dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Pilihlah menu “Pengaturan” dan pilihlah menu “Aplikasi Keamanan
  • Selanjutnya, pilihlah menu “Pembersih” atau “Cleaner
  • Tekanlah tombol scan dan tunggulah hingga proses pembersihan selesai

8. Nonaktifkan Location Service di Akun Google

Suatu hal yang dapat mengakibatkan baterai Xiaomi anda boros yaitu aktifnya GPS. Fungsi GPS sebenarnya penting untuk Xiaomi, karena akan memberikan informasi lokasi sepanjang hari.

Untuk menghindari borosnya baterai Xiaomi, maka matikanlah GPS di pengaturan pada saat situasi tidak terlalu penting.

9. Pilihlah Mode Senyap

Mungkin terlihat aneh ya, jika mode senyap dalam Xiaomi dapat menghemat baterai? Yaa, karena jika handphone anda menggunakan suara sekaligus getar akan semakin menambah konsumsi baterai, karena keduanya bekerja secara bersamaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, saran kami pilihlah mode senyap pada aplikasi yang tidak terlalu penting seperti media sosial. Gunakanlah mode suara untuk aplikasi panggilan saja.

10. Menutup Aplikasi Media Sosial

Cara terakhir yang dapat anda lakukan dalam menghemat baterai Xiaomi yaitu menutup aplikasi pada media sosial setelah digunakan. Penggunaan tersebut, selain membuat boros kuota juga boros baterai.

Ternyata banyak juga ya cara-cara menghemat baterai Xiaomi yang dapat anda lakukan. Mulai sekarang, sayangilah handphone Xiaomi anda dengan menghemat baterai dengan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat, terima kasih.