Projektino.com Apakah ada cara menghemat baterai Samsung tanpa aplikasi? Bagi kalian yang bertanya seperti itu, maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar pemakain baterai hp Samsung menjadi lebih irit. Caranya cukup gampang, dan bisa dilakukan tanpa perlu menginstal aplikasi penghemat baterai Android.

Samsung sendiri merupakan salah satu merk handphone yang laku keras dipasaran. Banyak orang yang membelinya karena faktor kualitas yang sudah teruji oleh waktu. Namun sayangnya tidak semua smartphone Samsung memiliki daya tahan baterai yang baik.

Yah, ada beberapa tipe hp Samsung yang boros baterai. Salah satu penyebabnya adalah kapasitas baterai yang kecil. Tentu kita tidak bisa berharap banya pada sebuah smartphone yang memiliki baterai berkapasitas 4.000 mAh kebawah, jadi wajar apabila boros baterai.

Masih banyak smartphone Samsung yang memiliki kapasitas baterai kecil. Alhasil baterai tersebut tidak bisa mengimbangi kebutuhan daya saat mengakses internet, bermain game, ataupun kebutuhan lainnya. Bagi yang mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir, karena bisa mencoba cara menghemat baterai Samsung berikut ini.

Tips Cara Menghemat Baterai Samsung

Sebelum mencoba cara menghemat baterai Samsung yang kami sampaikan kali ini, kalian wajib mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan baterai menjadi boros. Apabila penyebabnya adalah karena kondisi baterai yang sudah lemah, maka kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Apabila kondisi baterai dirasa masih bagus, namun baterai cepat habis, maka kami sarankan untuk mencoba cara menghemat baterai Samsung yang kami sampaikan kali ini. Untuk mengetahui apa saja caranya, silahkan simak informasi projektino.com di bawah ini.

1. Kurangi Kecerahan Layar

Hal yang paling simpel untuk menghemat baterai Samsung adalah mengurangi kecerahan layar. Sebaiknya gunakan kecerahan layar anda sesuai dengan situasi dan kondisi saja, jangan selalu menampilkan handphone dengan kecerahan penuh.

Pemakaian handphone dengan kecerahan penuh, tidak hanya merusak baterai handphone anda tetapi dapat juga merusak mata. Bila perlu, gunakan kecerahan handphone secara otomatis, maka layar handphone akan otomatis terang saat berada di tempat gelap dan redup saat situasi terang.

2. Non-aktifkan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Meskipun handphone Samsung keluaran saat ini memiliki memori internal yang cukup besar, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak kapasitas memeri untuk aplikasi yang tidak penting. Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, bersiko pada baterai handpone lebih cepat habis. Untuk itu, gunakanlah aplikasi bagi anda penting dan hapus aplikasi yang tidak penting/terpakai.

3. Aktifkan Power Saving Mode

Handphone keluaran Samsung terbaru telah dilengkapi dengan power saving mode. Fungsi dari power saving mode yaitu membatasi konsumsi baterai seperti koneksi wifi, mengurangi kecerahan layar, menurunkan frame rate, mematikan lampu tombol sentuh.

Untuk itu, aktifkan power saving mode di handphone samsung anda, agar baterai lebih hemat. Cara mengaktifkannya cukup gampang yaitu masuk ke pengaturan/settings > pilihlah menu battery dan aktifkan menu battery saver.

Namun bagi yang menggunakan hp Samsung terbaru dengan sistem operasi One UI, maka cara mengaktifkan fitur Power Saving Mode adalah dengan masuk ke menu Device Care => Battery => Power Mode. Setelah itu tinggal memilih mode yang diinginkan.

4. Mengatur Screen Timeout

Handphone yang terus menerus akan membuat konsumsi baterai anda semakin tinggi, sehingga daya baterai akan cepat berkurang. Untuk itu, aturlah screen timeout pada handphone yang berfungsi mematikan lampu layar handphone secara otomatis saat terkunci dalam waktu yang sudah ditentukan.

Cara mengatur screen timeout yaitu masuk pada “Settings” > pilihlah menu “Display” > pilihlah “Screen Timeout” > silahkan atur waktu menjadi 10 atau 25 detik saja. Mudahkan? segeralah atur screen timeout anda untuk menghemat konsumsi baterai handphone Samsung anda.

5. Gunakan Tampilah Go Grayscale

Bagi anda yang hobi bermanin handphone secara terus-menurus, gunakanlah tampilan grayscale untuk menghemat baterai handphone Samsung anda. Tampilan grayscale pada handpone memiliki warna hampir abu-abu, sehingga mengurangi konsumsi baterai dan layar agak terlihat lebih redup.

Untuk mengaktifkan layar grayscale bisa menggunakan fitur Ultra Power Saving Mode. Namun fitur tersebut sudah tidak tersedia pada tipe hp Samsung terbaru yang menggunakan OneUI. Meskipun begitu kita tetap bisa merubah layar menjadi grayscale dengan cara masuk ke Developer Options, lalu pilih Simulate Colour Space. Kemudian ubah menjadi Monochromacy.

6. Mematikan Sinkronisasi

Cara yang lain untuk menghemat baterai Samsung adalah mematikan sinkronisasi, karena jika anda memasukkan akun google atau akun yang lain secara otomatis akan mensinkronisasikandata. Nah, proses singkronisasi akan berjalan secara terus-menurus saat handphone anda terhubung internet.

7. Gunakanlah Charger Original Samsung

Penggunaan carge original bagi pengguna handphone Samsung biasanya sangat diseplekan, lebih-lebih jika carge original sudah rusak, belilah carge palsu. Penggunaan carge palsu dapat berakibat kesehatan baterai anda.

Untuk menjaga atau mengatasi baterai handphone Samsung terus sehat, gunakanlah carge Samsung secara original. Penggunaan carge samsung original, selain baterai tetap sehat juga memiliki kualitas fast carging yang membuat pengisian baterai handphone lebih cepat.

8.  Tidak Menggunakan Live Wallpaper

Salah satu penyebab konsumsi baterai handphone Samsung boros yaitu menggunakan live wallpaper. Untuk mengatasinya yaitu jangan  gunakan live wallpaper kembali, meskipun layar handphone akan lebih cerah dan menarik.

9. Aktifkan Dark Mode

Fitur dark mode adalah salah satu fitur yang sedang populer saat ini. Fitur dark mode sangat menguntungkan, karena dapat menghemat daya baterai anda.

Dark mode, akan merubah penampilan handphone anda menjadi lebih gelap atau hitam. Namun, penggunaan fitur darkmode, tidak semua merk handphone Samsung memilikinya, biasanya hanya pada handphone keluaran sekarang.

10. Matikan Fitur Motion dan Gestures

Fitur motios dan gestures adalah fitur yang dapat memberikan perintah pada smartphone hanya dengan menggerakan handphone atau gesture khusus pada layarnya. Biasanya fitur ini berfungsi untuk mengambil screen shoot atau mengabaikan panggilan telepon.

Meskipun fitur tersebut terbilang canggih, tetapi dapat menambah konsumsi baterai handphone Samsung anda. Untuk lebih aman dalam kesehatan baterai, maka matikan fitur motios gesture karena anda masih dapat menggunakan cara lain dalam mengambil screenshoot atau mengabaikan panggilan telepon.

Di atas merupakan cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menghemat baterai handphone Samsung anda. Kami berharap cara-cara di atas dapat bermanfaat dan memberikan solusi tepat untuk anda yang menginginkan baterai handphone tetap sehat dan awet. Simak pula artikel sebelumnya yang membahas mengenai paket unlimited 3 dan beragam informasi menarik lainnya.