6 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Tanpa Root

Semua smartphone Samsung dilengkapi aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Namun kami memiliki cara khusus agar bisa menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root. Caranya cukup mudah, namun jangan harap aplikasi benar-benar terhapus dari smartphone. Sebab untuk menghapus aplikasi bawaan sampai akar-akarnya dibutuhkan akses root.

Kami sendiri tidak menyarankan untuk melakukan rooting. Sebab root bisa menghapus garansi hp Samsung. Selain itu, kesalahan root bisa membuat smartphone mengalami error dan bootlop. Terlebih setiap tipe hp Samsung memiliki cara root yang berbeda-beda sehingga kami tidak menyarankan hal tersebut.

Lebih baik menghapus aplikasi bawaan Samsung dengan cara menonaktifkan aplikasi. Cara ini lebih aman dan dijamin 100% berhasil. Namun apabila kalian nekat ingin menghapus aplikasi bawaan Samsung dengan root maka harus siap menanggung semua resiko yang akan dihadapi. Kami sendiri lebih memilih disable aplikasi bawaan dibanding menghapus aplikasi.

Cara menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root memang mustahil dilakukan. Sebab Samsung sudah mengunci aplikasi bawaan agar tidak bisa dihapus secara manual. Sebenarnya semua brand smartphone melakukan hal yang sama, terutama untuk aplikasi bawaan dari Google yang rata-rata tidak bisa dihapus.

Aplikasi seperti Google Drive, Google Duo, Play Musik, dll memang tidak bisa dihapus. Nah agar aplikasi tersebut tidak lagi muncul di smartphone maka caranya adalah dengan disable atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Lalu bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya silahkan simak informasi projektino.com berikut ini. 

Tutorial Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Tanpa Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Cara Menonaktifkan Aplikasi Samsung Tanpa Root

Menonaktifkan aplikasi menjadi satu-satunya cara untuk menghapus aplikasi Samsung tanpa root. Cara ini lebih efektif dari pada harus melakukan root yang notabennya sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan bootlop dan garansi smartphone tidak berlaku.

Perlu kalian ketahui, salah satu syarat klaim garansi hp Samsung adalah tidak ada modifikasi pada software. Itu artinya smartphone yang sudah diroot tidak bisa klaim garansi. Oleh karena itulah lebih baik menonaktifkan aplikasi bawaan dibanding menghapusnya.

Cara menonaktifkan aplikasi bawaan Samsung sangat mudah. Setelah aplikasi dinonaktifkan maka aplikasi akan berhenti bekerja sehingga tidak akan memberatkan kinerja smartphone. Selain itu, aplikasi akan hilang dari app drawer sehingga sama saja dihapus dari smartphone.

Kami yakin masih banyak pengguna hp Samsung yang belum mengetahui cara menonaktifkan aplikasi bawaan. Oleh karena itulah kami akan memberikan tutorialnya di bawah ini. 

  1. Buka menu Settings
  2. Kemudian pilih menu Aplikasi
  3. Selanjutnya pilih salah satu aplikasi yang akan dinonaktifkan
  4. Kemudian anda akan masuk ke menu Info Aplikasi. Nah pada bagian bawah silahkan klik Nonaktifkan
  5. Selanjutnya akan muncul peringatah bawaha menonaktifkan aplikasi akan menyebabkan aplikasi lain berhenti berfungsi dengan benar. Silahkan klik Nonaktifkan Aplikasi
  6. Setelah itu aplikasi akan dinonaktifkan dan hilang dari app drawer

Aplikasi yang berhasil dinonaktifkan akan langsung terhapus di app drawer sehingga kalian tidak akan bisa membukanya. Cara menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root ini merupakan solusi paling tepat untuk menghapus aplikasi bawaan yang notabennya tidak bisa dihapus

Kalian bisa mencobanya disemua tipe hp Samsung, seperti Galaxy A02, Galaxy A02s, Galaxy M02, Galaxy A51, Galaxy A01 dan beragam tipe hp Samsung lainnya. Untuk beberapa tipe mungkin menunya berbeda, karena kami tutorial di atas menggunakan Samsung Galaxy Note 10+ dengan OneUI 3.0.

Pada intinya kalian hanya perlu masuk ke menu aplikasi yang tersedia pada bagian Settings atau Pengaturan Hp Samsung. Setelah itu tinggal klik nonaktifkan agar aplikasi terhapus dari app drawer. Lalu bagaimana cara mengembalikan aplikasi tersebut agar bisa kembali digunakan?

Cara Mengambailkan Aplikasi Yang Dinonaktifkan

Cara Hapus Aplikasi Bawaan

Tujuan untuk menghapus aplikasi bawaan Samsung adalah agar aplikasi bawaan tidak berjalan di background sehingga tidak memberatkan kinerja smartphone. Apabila tujuan kalian cuma itu, maka lebih baik mendisable aplikasi dibanding menghapusnya. Sebab untuk menghapus aplikasi bawaan harus menggunakan metode root.

Aplikasi yang sudah dinonaktifkan juga bisa diaktifkan kembali. Jadi apabila sewaktu-waktu membutuhkan tinggal mengaktifkannya kembali. Caranya sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root yang kami sampaikan di atas.

Adapun caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Kemudian menu Aplikasi
  3. Selanjutnya pilih aplikasi yang sebelumnya dinonaktifkan
  4. Kemudian klik tombol Aktifkan
  5. Setelah itu aplikasi bisa kembali digunakan

Selain cara di atas, kalian juga bisa mengembalikan aplikasi yang dinonaktifkan dengan cara factory reset. Sebab Factory Reset akan mengembalikan pengaturan smartphone ke pengaturan pabrik, sehingga aplikasi yang dinonaktifkan akan kemblai seperti semula.

Bagi yang belum mengetahui cara hard reset, maka bisa mencoba tutorial “Cara Reset Samsung A02s” dan “Cara Reset Samsung A01” yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya. 

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung Dengan Root

Link2SD
Link2SD
Developer: Bülent Akpinar
Price: Free

Bagi yang nekat ingin menghapus aplikasi bawaan Samsung sampai akar-akarnya maka mau tidak mau harus melakukan root. Setiap tipe hp Samsung memiliki cara root berbeda-beda. Kalian bisa menyimak caranya pada halaman https://www.xda-developers.com/root/#samsung.

Setelah smartphone berhasil diroot maka selanjutnya kita bisa menghapus semua aplikasi bawaan Samsung menggunakan aplikasi bernama Link2SD. Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di Play Store dan tersedia versi Plus apabila ingin mendapatkan fitur lebih lengkap. 

Dengan menggunakan Link2SD kita bisa menghapus semua aplikasi bawaan Samsung. Namun kalian harus memperhatikan aplikasi yang dihapus. Sebab apabila salah menghapus aplikasi bawaan maka bisa merusak sistem dan membuat smartphone error.

Kesimpulan

Pada dasarnya aplikasi bawaan Samsung tidak bisa dihapus tanpa root. Sebagai alternatif kalian bisa mencoba menonaktifkan aplikasi yang ingin dihapus agar tidak berjalan di background dan terhapus dari app drawer. Namun apabila ingin nekat menghapus aplikasi bawaan Samsung maka satu-satunya cara adalah dengan melakukan root, lalu gunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus aplikasi yang diinginkan.

Nah demikianlah tutorial mengenai cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp Samsung tanpa root. Silahkan kalian mencoba tutorial yang kami sampaikan di atas dan semoga bermanfaat bagi semua pengguna hp Samsung. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Melihat Last Seen Telegram Yang Disembunyikan dan beragam artikel seputar dunia teknologi lainnya. 

Tinggalkan komentar