Cara Mengecek IMEI Xiaomi – Xiaomi merupakan salah satu merk HP yang sedang ramai diperbincangan orang-orang. Bahkan, banyak orang Indonesia yang menyukai dan mencintai produk buatan Xiaomi yang dikenal berkualitas dan awet. .

Alasan mengapa banyak orang menyukai merk asal Tiongkok ini adalah karenamemiliki harga yang terjangkau dan didukung spesifikasi canggih. Bahkan bisa dikatakan spesifikasi HP Xiaomi, tidak kalah canggih dari merk yang dibanderol lebih mahal.

Bagi pengguna Xiaomi atau yang berminat membelinya dan ragu-ragu apakah HP anda adalah Xiaomi asli atau tidak, sebaiknya cek IMEI. IMEI sendiri merupakan sebuah rangkaian nomor unik, yang selalu berbeda-beda setiap perangkat elektronik.

Fungsi IMEI adalah sebagai indentitas sebuah smartphone. Oleh karena itulah IMEI di setiap smartphone memiliki kode berbeda-beda. Dengan IMEI kita bisa mengecek keaslian hp Xiaomi dan mengetahui apakah merupakan hp resmi atau non-resmi.

Asal kalian ketahui, bahwa ada dua jenis hp Xiaomi yang beredar di Indonesia, yakni garansi resmi dan non-resmi (distributor). Masalah garansi menjadi hal yang sangat penting, karena untuk hp non-resmi tidak akan bisa klaim garansi di service center resmi.

Akan sangat merepotkan apabila klaim garansi didistributor non-resmi. Sebab proses klaim garansi bisa memakan waktu berbulan-bulan dan proses perbaikannya tidak jelas. Oleh karena itulah lebih baik membeli hp Xiaomi garansi resmi saja.

Untuk membedakan hp Xiaomi garansi resmi dan non-resmi bisa dilihat dari nomor IMEI-nya. Pada kesempatan kali ini projektino.com akan membahas cara mengecek IMEI Xiaomi agar pengguna hp Xiaomi di Indonesia bisa dengan mudah mengetahui keaslian handphone yang dimiliki.

Cara Cek IMEI Xiaomi

Sebelum mengecek IMEI hp Xiaomi kita harus terlebih dahulu mengetahui cara melihat IMEI Xiaomi.

Ada beberapa cara cek IMEI Xiaomi. Mungkin sebagian orang sudah mengetahuinya, karena nomor IMEI akan langsung terlihat pada bagian dusbook dan tertulis pada stiker yang menempel pada body hp saat membeli hp Xiaomi baru.

Lain cerita jika membeli hp Xiaomi bekas yang tidak dilengkapi dusbook, tentu kita tidak bisa melihat IMEI Xiaomi dari dusbook. Tenang, karena masih ada cara lainnya yang bisa kalian simak pada pembahasan projektino.com di bawa ini.

1. Melalui Menu Settings

Cara termudah untuk melihat IMEI Xiaomi adalah melalui menu settings pada handphone Xiaomi yang anda miliki. Bagaimanasi cara mengecek IMEI Xiomi melalui menu settings? silahkan perhatikan di bawah ini:

  1. Silahkan masuk pada menu settings handphone Xiaomi anda
  2. Di halaman settings, anda dapat membuka menu “About Phone/Tentang Ponsel”
  3. Pilihlah menu “Status”
  4. Selanjutnya, anda diminta memilih kartu SIM untuk mengetahui nomor IMEI pada handphone Xiaomi yang ana miliki
  5. Nomor IMEI Xiaomi akan muncul sesuai dengan type handphone yang anda gunakan

2. Melalui Kode Cek IMEI Xiaomi

Kode Cek IMEI Xiaomi

Cara selanjutnya untuk mengetahui nomor IMEI Xiaomi yaitu melalui kode *#06# pada handphone Xiaomi anda. Caranya sebagai berikut:

  1. Silahkan buka menu “Phone” atau “Telepon” pada smartphone Xiami anda
  2. Ketikkan kode *#06#
  3. Untuk melanjutkan proses mengecek IMEI, silahkan pilih menu “Call” atau yang berlambang telepon
  4. Tunggulah beberapa waktu, maka nomor IMEI akan muncul pada layar handphone Xiaomi anda

*#06# merupakan kode rahasia Xiaomi untuk mengecek nomor IMEI. Namun kode tersebut bersifat universal. Itu artinya kita bisa menggunakan kode *#06# untuk mengecek IMEI di semua merk smartphone, seperti Samsung, Oppo, Vivo, dll.

3 Melihat Dusbook

Bagi yang membeli hp Xiaomi baru atau hp Xiaomi bekas yang masih dilengkapi dusbook, maka bisa melihat nomor IMEI pada bagian belakang dusbook. Bisa dikatakan cara mengecek IMEI Xiaomi yang satu ini merupakan cara termudah.

Meskipun sangat mudah, namun bisa saja handphone yang dibeli menggunakan dusbook palsu, terutama untuk hp Xiaomi bekas. Apabila palsu, tentu nomornya akan berbeda dengan nomor IMEI asli yang bisa kita cek dengan kode rahasia *#06# atau melalui menu Settings.

4. Melalui Body HP

IMEI Belakang Hp Xiaomi

Pengecakan IMEI secara simpel, dapat dilakukan melalui belakang body HP. Biasanya pada belakang body HP Xiaomi terdapat stiker yang menempel.

Stiker yang menempel pada body HP Xiaomi mengandung informasi tentang nomor IMEI. Untuk mengetahui asli atau tidaknya, anda dapat menyamakan dengan nomor IMEI pada baterei karena biasanya batere xiaomi juga terdapat stiker yang berisikan nomor IMEI .

Selain pada batere HP, anda dapat menyamakan nomor IMEI pada belakang dusbuk HP Xiomi sendiri. Jika nomor IMEI yang tertera pada belakang HP sama dengan nomor yang tertera dengan dusbuk berarti HP Xiaomi dinyatakan keasliannya.

Cara Mengecek IMEI Xiaomi Online

Setelah mencoba cara cek IMEI Xiaomi di atas, maka selanjutnya kita tinggal mengecek kevalidan nomor IMEI tersebut, apakah merupakan IMEI hp Xiaomi resmi atau distributor. Cara mengeceknya sangat mudah. Untuk mengetahui caranya silahkan simak di bawah ini.

  1. Cek Nomor IMEI

    Cara Melihat Nomor IMEI Pada Hp XiaomiLangkah pertama adalah harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI pada handphone yang akan dicek IMEI-nya. Kalian bisa mencoba salah satu cara melihat IMEI di atas atau langsung dengan mengakses kode rahasia *#06# agar semakin mudah dalam mengecek IMEI Xiaomi.

  2. Buka Situs Registrasi Xiaomi

    Cara Cek IMEI Xiaomi Indonesia
    Cara mengecek IMEI Xiaomi adalah melalui situs registrasi hp Xiaomi yang bisa diakses melalui browser smartphone. Lalu buka situs https://buy.mi.co.id/id/registration

  3. Masukan Nomor IMEI

    Cara Cek Nomor IMEI XiaomiSelanjutnya masukan nomor IMEI yang telah didapatkan pada kolom “Masukan Nomor IMEI”.

  4. Klik Langkah Selanjutnya

    Cara Cek IMEI Xiaomi Online
    Kemudian klik langkah selanjutnya untuk mulai mengecek IMEI Xiaomi.

  5. Pengecekan Selesai

    Cara Cek IMEI Hp XiaomiApabila IMEI yang dimasukan merupakan IMEI dari smartphone Xiaomi garansi resmi, maka akan muncul informasi Negara Pembelian yang bertuliskan Indonesia. Selain itu, kita juga bisa melihat informasi mengenai tipe smartphone, waktu produksi, dan waktu aktivasi.

  6. Contoh IMEI Xiaomi Garansi Non-Resmi (Distributor)


    Namun jika IMEI yang dicek berasal dari hp Xiaomi non-resmi atau garansi distributor, maka informasi Negara Pembelian bukan berasal dari Indonesia. Biasanya akan tertulis China, Malaysia, atau negara lainnya.

Cara Cek Keaslian IMEI Xiaomi

Cara Cek Keaslian IMEI Xiaomi

Dengan mengikuti tutorial cara mengecek IMEI Xiaomi di atas, maka kita bisa memastikan apakah handphone yang dimiliki merupakan hp Xiaomi asli garansi Indonesia atau distributor.Cara di atas juga bisa digunakan untuk mengecek keaslian hp Xiaomi.

Apabila nomor IMEI yang dicek melalui situs buy.mi.co.id/id/registration tidak keluar, maka bisa dipastikan merupakan hp Xiaomi palsu. Selain itu kalian juga bisa mengecek IMEI Xiaomi melalui situs imei.info. Lalu masukan nomor IMEI ke kolom yang tersedia.

Jika IMEI yang diinputkan pada situs imei.info merupakan IMEI Xiaomi asli, maka akan muncul informasi mengenai model, brand, dan IMEI seperti pada gambar di atas. Selain itu, kita juga bisa melihat informasi spesifikasi dan mengecek garansi yang berlaku apakah masih aktif atau tidak.

Imei.info bukanlah situs resmi milik Xiaomi. Namun cara mengecek IMEI Xiaomi melalui situs imei.info bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengetahui keaslian nomor IMEI. Lalu bagaimana cara mengetahui nomor IMEI terdaftar atau tidak?

Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Terdaftar atau Tidak

Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Terdaftar atau Tidak

Peraturan mengenai pemblokiran IMEI untuk smartphone ilegal atau blackmarket telah berlaku di Indonesia. Peraturan tersebut berlaku untuk semua merk smartphone, tak terkecuali Xiaomi. Nah untuk mengetahui apakah IMEI terdaftar atau tidak, silahkan simak dibawah ini.

  1. Cek nomor IMEI dengan kode dek IMEI Xiaomi *#06# atau cara lainnya
  2. Kemudian buka situs https://imei.kemenperin.go.id/
  3. Lalu masukan IMEI ke kolom pencarian
  4. Kemudian klik icon icon pencarian
  5. Apabila IMEI terdaftar, maka akan muncul tulisan IMEI terdaftar di database Kemenperin. Namun apabila tidak terdaftar, maka tulisannya adalah IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.

Jika IMEI telah terdaftar, maka kalian tidak perlu takut kena blokir. Pemblokiran tersebut akan mengakibatkan handphone tidak bisa menggunakan operator seluler Indonesia. Jadi pastikan IMEI hp kalian tidak terblokir.

Seperti yang kalian lihat di atas, ada beberapa cara mengecek IMEI Xiaomi yang bisa digunakan untuk mengetahui keaslian serta garansi Xiaomi. Cukup sekian informasi kali ini, simak pula artikel sebelumnya tentang cara menghemat baterai Samsung.