Sebagian besar pengguna hp Oppo belum mengetahui cara mengecek garansi Oppo Online. Padahal Oppo sudah menyediakan situs yang dirancang khusus untuk mengecek masa garansi smartphone, apakah masih berlaku atau sudah habis.

Mengetahui masa garansi memang sangat penting, terutama saat membeli hp Oppo bekas. Jika handphone yang dibeli ternyata garansinya masih aktif maka anda bisa dengan klaim garansi ke service center Oppo jika terjadi kerusakan.

Untuk klaim garansi di service center resmi Oppo tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun asalkan kerusakan bukan disebabkan faktor human error, kami yakin klaim garansi akan berjalan dengan lancar dan mudah.

Berapa Lama Masa Garansi Hp Oppo?

Sebelum klaim garansi ada baiknya terlebih dahulu mengetahui masa garansi handphone yang dimiliki. Sejatinya semua hp Oppo yang dijual secara resmi di Indonesia memiliki masa garansi hingga 12 bulan. Jadi setelah 12 bulan garansi akan hangus.

Masa garansi yang diberikan memang cukup lama. Namun dibanding merk lain bisa dikatakan garansi hp Oppo tergolong sebentar. Sebab Xiaomi saja berani memberikan masa garansi hingga 2 tahun, namun hanya untuk beberapa tipe tertentu saja seperti Redm 9A, Redmi 8A, dan Redmi 8.

Selama smartphone dalam masa garansi anda tidak perlu khawatir mengalami kegagalan fungsi dalam pemakaian normal. Sebab Oppo akan memberikan service perbaikan secara gratis. Tidak hanya service, biaya penggantian komponen spare part juga ditanggung pihak Oppo.

Akan tetapi jika kerusakan disebabkan oleh bencana ataupun penggunaan yang tidak benar seperti terjatuh, tertekan dan terkena cairan maka garansi tidak akan berlaku. Selain itu, rooting juga akan menyebabkan garansi hangus.

Cara Mengecek Garansi Oppo Online

Setelah mengetahui seputar masa garansi hp Oppo, maka kita tinggal membahas mengenai cara mengecek garansi Oppo. Ada dua cara untuk cek garansi Oppo, yakni secara online dan melihat nota pembelian.

Bagi yang membeli hp Oppo baru tidak perlu melakukan pengecekan secara online karena bisa melihat secara langsung dari nota pembelian. Apabila pembeliannya sudah lebih dari 12 bulan maka secara otomatis garansi sudah tidak berlaku.

Namun bagi yang membeli hp Oppo bekas dan tidak dilengkapi nota pembelian maka lebih baik mencoba cara mengecek garansi Oppo online. Caranya sangat mudah, karena Oppo sudah menyediakan situs yang dikhususkan untuk cek garansi secara online.

Nah bagi yang ingin mengetahui cara mengecek garansi Oppo online silahkan menyimak informasi projektino.com berikut ini.

1. Cek IMEI

Agar bisa mengecek garansi hp Oppo online anda perlu terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI pada handphone yang dicek. Untungnya cara cek IMEI hp Oppo sangatlah mudah dan sama saja dengan cara cek IMEI Xiaomi dan beragam smartphone lainnya.

Ada tiga metode yang anda bisa coba untuk mengecek IMEI Oppo. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Ketikan kode rahasia *#06# pada menu dial up hp Oppo. Kemudian akan muncul dua nomor IMEI yang merupakan IMEI slot kartu sim pertama dan kedua.
  2. Cara kedua adalah dengan melihat bagian belakang dusbook smartphone. Disana akan terlihat informasi nomor IMEI dan beragam informasi lainnya seputar smartphone
  3. Kemudian cara yang ketiga adalah melalui menu pengaturan hp Oppo. Dimana caranya adalah masuk ke [Pengaturan] / [Setelan] > [Tentang Ponsel] > [Status] > [IMEI].

Setelah mengetahui nomor IMEI smartphone yang akan dicek garansinya, maka anda tinggal mencatat IMEI tersebut agar bisa dicek secara onine.

2. Buka Situs Pemeriksaan Status Garansi

Langkah selanjutnya tinggal membuka situs cek status garansi Oppo melalui browser yang ada di smartphone, komputer, atuapun laptop. Adapun situsnya adalah oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status

4. Masukan Nomor IMEI

Setelah situs terbuka, kemudian masukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Pastikan nomor IMEI yang dimasukan benar. Apabila salah maka tidak akan bisa dicek.

Sebagai contoh kami akan memasukan nomor IMEI 868498030239591 yang merupakan IMEI Oppo A71 2018. Silahkan anda memasukan nomor IMEI berbeda, sesuai dengan IMEI pada smartphone yang dicek garansinya.

5. Masukan Kode Validasi

Selanjutnya masukan kode validasi yang ditampilkan pada situs cek garansi Oppo.

6. Klik Cek Sekarang

Kemudian klik tombol cek sekarang untuk melanjutkan proses pengecekan garansi hp Oppo.

7. Melihat Status Garansi

Setelah itu akan muncul informasi mengenai tipe handphone dan nomor IMEI yang dimasukan. Kemudian pada bagian bawah akan terlihat informasi masa garansi, apakan masih berlaku atau tidak.

Pada pengecekan yang kami lakukan ternyata garansi smartphone sudah habis. Selain itu juga ada pemberitahuan bahwa layanan garansi hanya berlaku di Indonesia.

Kesimpulan

Silahkan anda mencoba cara mengecek garansi Oppo online yang kami sampaikan di atas. Dengan mencoba tutorial di atas maka anda bisa mengetahui apakah masa garansi smartphone masih aktif atau tidak. Nah apabila masih ada pertanyaan, silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Berapa Lama Masa Garansi Hp Oppo

Untuk masa garansi selama 12 bulan, termasuk biaya penggantian komponen dan biaya perbaikan atau service

Apakah Ada Cara Cek Garansi Oppo Tanpa Online?

Ada, anda bisa melihat garansi dari nota pembelian atau menghubungi contact center Oppo melalui telepon di nomor (021) 2907 6776 dan email support.id@oppo.com

Apakah Bisa Cek Garansi Oppo Online Tanpa IMEI?

Tidak bisa, anda wajib menggunakan IMEI untuk mengecek garansi online

Apakah Data Yang Ditampilkan Valid?

Sangat valid, karena situs yang digunakan merupakan situs resmi yang disediakan Oppo.

Nah demikianlah informasi mengenai cara cek garansi hp Oppo online. Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa simak pula artikel sebelumnya mengenai cara pasang wifi di rumah yang bisa menjadi referensi bagi anda yang belum memiliki koneksi WiFi.