10 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Adakan yang mengalami hp Xiaomi panas? Masalah tersebut tentu ada penyebabnya. Oleh karena itulah kami akan memberikan informasi mengenai penyebab beserta cara mengatasi hp Xiaomi panas pada arikel berikut.

Masalah hp cepat panas bisa terjadi di semua merk smartphone, seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dll. Jika mengalami masalah ini maka akan mengakibatkan smartphone kurang nyaman dipegang.

Selain mengurangi kenyamanan, masalah ini juga bisa mengakibatkan baterai  cepat habis dan menjadi rusak. Jika sudah rusak maka wajib diganti. Biayanya tentu tidak sedikit, karena harga baterai bisa mencapai ratusan ribu.

Apabila menggunakan baterai non-original mungkin lebih murah. Namun kami tidak menyarankan hal tersebut. Sebab daya tahan baterai non-original sangat buruk dan bisa sewaktu-waktu kembali mengalami kerusakan.

Jika terpaksa mengganti baterai maka belilah baterai original di service center resmi Xiaomi yang terjamin kualitasnya. Namun mengganti baterai saja tidak cukup. Kita tetap harus mengetahui penyebab hp Xiaomi panas agar bisa terhindar dari masalah tersebut.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab hp Xiaomi panas. Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut, silahkan simak informasi projektino.com yang kami sampaikan di bawah ini.

Penyebab Hp Xiaomi Panas

Penyebab Hp Xiaomi Panas

1. Terlalu Lama Bermain Game

Smartphone dengan penggunaan normal seharusnya tidak panas. Jika mengalami masalah ini maka pasti ada penyebabnya.

Panas yang timbul pada hp Xiaomi bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada baiknya meluangkan waktu untuk memeriksa penyebab panas tersebut.

Apabila cuma sekedar hangat setelah bermain game selama 15 menit atau lebih mahal merupakan hal yang wajar. Sebab hardware dan software dipaksa bekerja terlalu keras.

Namun apabila terasa sangat panas setelah bermain game maka kemungkinan disebabkan oleh chipset atau processor yang digunakan.

Ada beberapa jenis chipset yang dikenal panas. Sebagai contoh adalah chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang notabennya merupakan chipset yang digunakan Xiaomi Mi 11.

Kinerja Snapdragon 888 memang sangat powerfull dan bisa menjalankan semua game HD dengan sangat lancar.

Meskipun powerfull, namun chipset Snapdragon 888 sering kali mengalami overheat yang otomatis membuat hp panas ketika dipakai bermain game ataupun pekerjaan berat lainnya.

Jika masalah yang terjadi disebabkan oleh hardware maka anda tidak perlu khawatir. Kami yakin produsen smartphone telah mempertimbangkan penggunaan chipset pada smartphone yang mereka pasarkan.

Agar baterai tidak terlalu panas kami sarankan untuk mengatur waktu bermain game. Selain itu, anda bisa mencoba menggunakan cooler external agar bisa mendinginkan smartphone saat bermain game.


2. Bug Pada Aplikasi

Apabila kalian menjalankan sebuah aplikasi dan baterai hp menjadi panas maka kemungkinan terjadi bug pada aplikasi yang tersebut.

Biasanya pembuat aplikasi akan langsung memberikan update apabila terjadi masalah pada aplikasi yang dibuat. Anda cukup mengupdatenya dan masalah ini bisa teratasi.

Jika ternyata tidak ada update terbaru maka lebih baik menghapus aplikasi tersebut. Setelah itu tinggal melalukan reset dan lihat apakah baterai hp masih panas atau tidak.


3. Penggunaan Kamera Secara Intensif

Penyebab selanjutnya adalah penggunakan kamera secara intensif, khususnya untuk merekam video. Biasanya hal ini terjadi karena memilih resolusi video terlalu tinggi sehingga kinerja smartphone menjadi berat.

Panas yang timpul sebenarnya cukup wajar. Biasanya produsen akan mengeluarkan peringatan apabila smartphone terlalu panas ketika merekam.

Bahkan untuk beberapa tipe smartphone membatasi waktu perekaman untuk menghindari panas berlebih.

Solusinya adalah mengganti resolusi video menjadi lebih rendah sehingga tetap bisa merekam dalam waktu lama tanpa perlu merasakan panas pada baterai.


4. Ada Malware

Apabila smartphone terasa lemot dan terlalu panas maka kemungkinan ada malware. Biasanya malware berasal dari aplikasi yang anda instal dari toko aplikasi pihak ketiga atau dalam bentuk apk.

Malware bisa mencuri data-data penting yang ada di smartphone. Saat melaware bekerja maka akan menimpulkan panas pada baterai dan membuat hp menjadi lemot.

Untuk mengatasi malware kami sarankan jangan menginstal aplikasi selain dari Play Store. Apabila ada aplikasi yang mencurigakan lebih baik langsung di hapus.


5. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Kecerahan layar yang terlalu tinggi juga bisa membuat panas berlebih pada baterai.

Ada baiknya mengatur kecerahan layar sekitar 60% agar terhindar dari masalah ini.

Jika penyebabnya hanya sekedar kecerahan layar telalu tinggi maka anda tidak perlu khawatir.


6. Sinyal Tidak Stabil

Penyebab selanjutnya adalah karena sinyal tidak stabil. Jika mengalami masalah ini maka handphone akan bekerja keras mencari sinyal dan membuatnya menjadi panas.

Kami sarankan untuk menggunakan mode pesawat apabila berada dilokasi yang sinyalnya tidak stabil. Selain itu, anda juga bisa mencoba “Cara Mengunci Jaringan 4G” yang kami sampaikan pada artikel sebelumnya.


7. Kabel Charger Bermasalah

Apabila mengalami hp Xiaomi panas saat mengisi daya maka kemungkinan kabel charger bermasalah. Biasanya hal ini terjadi karena menggunakan kabel non-original.

Kabel charger sangatlah penting karena harus sesuai dengan kemampuan daya yang bisa dikeluarkan charger. Jika tidak sesuai maka bisa berujung panas pada baterai hp.

Apabila membeli kabel non-original kami sarankan untuk memilih merk yang sudah terpercaya kualiasnya seperi Orico, Baseus, Acome, UNEED, Aukey, dll. Harganya memang lebih mahal, namun kualitasnya terjamin.


8. Masalah Baterai

Pasti kalian pernah mendengar kasus hp terbakar. Salah satu penyebabnya adalah korsleting pada baterai sehingga membuat baterai meledak.

Sebelum meledak pasti handphone akan terasa sangat panas. Hal ini pernah terjadi pada Samsung Galaxy Note 7 yang akhirnya ditarik dari pasaran.

Jika baterai bermasalah lebih baik langsung diganti. Gunakan baterai original yang dijamin aman dan pastinya lebih awet dibanding baterai non-original.


9. Bug Pada Sistem Operasi

Selain bug pada aplikasi, bug pada software juga bisa mengakibatkan hp Xiaomi panas. Untuk mengatasi hp Xiaomi panas harus menunggu pembaharuan sistem (software) yang diberikan Xiaomi

Anda bisa mengeceknya secara manual pada bagian pengaturan atau menunggu notifikasi update software. 


10. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjala di Background

Semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang (Background) maka bisa mengakibatkan hp panas. Sebab aplikasi tersebut akan menggunakan banyak sumber daya seperti CPU, Wi-Fi, ataupun jaringan seluler.

Agar bisa mengatasi penyebab hp Xiaomi panas ini harus mengidentifikasi aplikasi apa yang menyebabkan masalah tersebut. Caranya adalah masuk ke Pengaturan (Setelan), lalu pilih menu Baterai.

Kemudian cari aplikasi yang banyak memakan banyak sumber daya. Setelah itu kalian bisa memutuskan untuk menghapus ataupun menonaktifkan aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Panas

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Seperti yang kalian lihat di atas, ada banyak sekali penyebab hp Xiaomi panas. Setelah mengetahui penyebabnya maka kita bisa memutuskan cara mengatasinya. Kami akan mencoba merangkum beberapa cara mengatasi hp Xiaomi panas yang bisa kalian simak di bawah ini.

  1. Jangan beramain game terlalu lama. Jika sudah terasa hangat lebih baik berhenti terlebih dahulu
  2. Gunakan aplikasi penghemat baterai
  3. Selalu melakukan update setiap ada permberitahuan pembaharuan sistem
  4. Atur kecerahan layar maksimal 60%
  5. Selalu menggunakan kabel dan charger berkualitas. 
  6. Apabila harus ganti baterai, maka lebih baik mengganti baterai di service center resmi Xiaomi
  7. Jangan menginstal aplikasi dari sumber tidak terpercaya karena bisa mengandung malware

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis. Selain tips di atas, anda juga bisa menyimak tips sebelumnya mengenai “Cara Menghemat Baterai Xiaomi“. Dengan mengikuti tips di atas semua masalah hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis bisa teratasi.

Masalah tersebut bisa terjadi disemua tipe hp Xiaomi, baik yang murah ataupun yang mahal. Silahkan terlebih dahulu memahami penyebabnya lalu tinggal mencoba cara mengatasi hp Xiaomi panas di atas. Selain tips tersebut kami juga masih memiliki banyak tips lainnya seperti “Cara Mengatur Jam di HP Samsung” dan beragam artikel lainnya. 

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar