10 Cara Mengatasi HP Restart Sendiri Dengan Mudah

HP yang restart sendiri merupakan masalah yang sering terjadi pada HP Android jika sudah digunakan dalam waktu yang lama. Dengan pemakaian yang lama, secara otomatis HP memiliki banyak file sampah dan kinerja HP pun ikut menurun sehingga sistem pada HP akan melakukan restart sendiri, hal ini pastinya akan sangat mengganggu saat menggunakan HP tersebut.

Selain itu, ada penyebab lain yang menyebabkan HP restart sendiri secara berulang-ulang. Diantaranya yaitu, Memory internal terlalu penuh, HP terlalu panas, Sistem Bug, Sistem Crash, RAM penuh dan masih banyak lainnya yang menyebabkan HP sering restart sendiri.

Adapun cara untuk mengatasi HP yang restart sendiri adalah tinggal fokus saja kepada penyebab-peyebab tersebut. Dengan fokus terhadap penyebab HP melakukan restart sendiri, maka saat mengatasi masalah ini bisa lebih efektif.

Selain itu, jika cara mengatasinya lebih fokus terhadap penyebabnya, maka untuk menyelesaikan HP restart sendiri juga bisa tepat sasaran. Cara-cara untuk mengatasi Cara Mengatasi HP Restart Sendiri adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri
Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Ada banyak hal yang membuat Cara Mengatasi HP Restart Sendiri mulai dari software sampai dengan hardware yang bermasalah. Nah sebelum memperbaiki ada baiknya kamu untuk mencari penyebab kenapa hp tersebut mengalami restar sendiri.

Sama halnya dengan Cara Reset HP Xiaomi, langkah untuk memperbaiki hp yang serinh restar sendiri juga cukup mudah. Simak ulasan Droidpedia.id berikut ini untuk mengetasi kerusakan pada smartphone yang sering restar sendiri.

1. Update Sistem HP

Sistem UpdateCara yang pertama adalah meng-update sistem pada HP. Dengan meng-update sistem HP secara rutin, secara otomatis sistem akan memperbaiki bug dan melakukan keamanan pada sistem sehingga HP tidak akan melakukan restart sendiri.
Dibawah ini adalah cara-cara untuk meng-update sistem pada HP. Caranya yaitu,

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Kemudian pilih menu About / Tentang Telepon.
  3. Selanjutnya, masuk ke System Updates.
  4. Setelah masuk ke system tersebut lalu cek apakah tersedia update didalamnya.

2. Aktifkan Aplikasi Sistem yang Ter-Disable

Dalam HP Android, terdapat 2 golongan aplikasi yaitu, aplikasi sistem dan aplikasi yang diinstall dari Playstore. Saat menambah ruangan penyimpanan, terkadang tidak sengaja menon-aktifkan aplikasi sistem yang menyebabkan HP menjadi malfungsi dan bahkan menyebabkan HP melakukan restart sendiri.

Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan dengan cara seperti dibawah ini,

  1. Buka menu Settings.
  2. Gulir kebawah dan cari menu Aplikasi.
  3. Setelah ketemu, pilih menu Aplikasi tersebut lalu pilih Aplikasi Sistem.
  4. Kemudian cari aplikasi sistem yang ter-disable.
  5. Dan terakhir aktifkan aplikasi sistem yang ter-disable tersebut.

3. Matikan HP Sebentar

Setiap HP memiliki limitasi suhu komponen yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan HP akan restart sendiri jika HP terlalu panas karena pemakaian yang terus-menerus.

Sistem HP akan melakukan restart secara otomatis karena bertujuan agar komponen yang terdapat didalamnya tidak mengalami kerusakan karena overheat. Cara untuk mengatasi hal ini juga sangat mudah, yaitu hanya dengan mematikan HP sebentar sampai suhu pada komponen HP normal kembali.

4. Reset HP

Reset DeviceHP dengan sistem yang sering mengalami Crash atau sistem yang tidak stabil, biasanya akan sedikit susah untuk mengatasinya. Cara yang paling tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan me-reset HP ke pengaturan pabrik agar sistem bisa kembali seperti saat pertama membeli HP tersebut.

Namun, sebelum melakukan cara ini lebih baik backup data terlebih dahulu agar data-data penting yang ada di HP tidak hilang. Untuk lebih jelasnya bisa ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

  1. Pilih menu Settings / Setelan.
  2. Cari menu Backup and Reset.
  3. Setelah itu masuk ke Factory Reset.
  4. Kemudian lakukan reset agar HP kembali ke pengaturan pabrik.

5. Bersihkan RAM Pada HP

Cara Mengatasi HP Restart SendiriHP Android juga memiliki kapasitas RAM yang berbeda-beda tergantung dari versi dan tipe Androidnya. Ada yang memiliki kapasitas kecil yaitu hanya 512 MB saja dan ada yang memiliki kapasitas besar hingga 8 GB.

Dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan pada HP seperti, Mendownload Game, Menyimpan Video, Mendownload Aplikasi dan masih banyak lainnya pada HP, maka akan semakin banyak pula memory yang terkuras sehingga menyebabkan sistem HP mengalami Crash dan HP bisa restart sendiri. Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah membersihkan RAM dengan cara Paksa

  1. Berhenti Aplikasi yang tidak perlu.
  2. Cara untuk membersihkan RAM dengan Paksa Berhenti Aplikasi yaitu,
  3. Buka Setelan pada HP.
  4. Cari menu Aplikasi.
  5. Pilih aplikasi yang akan dipaksa berhenti.
  6. Setelah ketemu pilih tulisan “PAKSA BERHENTI“.
  7. Ketika aplikasi sudah berhenti, maka RAM pada HP akan bertambah.

Demikian cara untuk mengatasi HP yang restart sendiri yang bisa dicoba. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, namun cara diatas merupakan cara yang biasa digunakan dan cara yang sederhana untuk dicoba ketika HP mengalami restart sendiri.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara mengatasi kerusakan pada ponsel android yang sering restar sendiri. Pastikan kamu mengetahui peneyabab awal kerusakan tersebut sehingga nantinya saat akan memperbaiki sudah tau akan menggunakan metode perbaikian yang mana.

Sebagai contoh hp yang sering restar sendiri diakibatkan karena sebelumnya terkena air. Maka langkah memperbaikinya maka akan berbeda dengan yang mengalami keurakan pada software. Kerusakan pada hardware di ponsel memang butuh penannganan ahli dengan cara di service.

Jika dari ke-5 cara diatas belum berhasil, maka sebaiknya dibawa saja ke tukang servis HP yang berpengalaman agar hasilnya lebih memuaskan. Semoga bermanfaat, baca juga informasi menggenai Browser Tanpa Blokir Internet pada ulasan sebelumnya.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar