3 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri Di Android

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Android adalah browser yang terbuka sendiri. Masalah seperti ini biasanya sering muncul ketika HP Android sedang digunakan untuk aktivitas seperti main game, Chatting, nonton YouTube dan aktivitas lainnya pada HP Android.

Terkadang browser yang terinstal di HP Android tiba-tiba terbuka sendiri dan langsung menuju kesebuah website yang tidak diketahui asalnya. Maka dari itu, disini akan dijelaskan tentang masalah tersebut mulai dari penyebab hingga cara untuk mengatasinya.

Sebelum menuju ke cara mengatasi masalah browser yang terbuka sendiri, ada baiknya ketahui dahulu sebab-sebabnya agar lebih mudah saat mengatasi masalah tersebut. Browser yang terbuka sendiri biasanya disebabkan oleh virus adware yang merupakan sebuah virus yang mampu menginstal dan menjalankan sendiri tanpa sepengetahuan pengguna Android.

Biasanya, ketika adware sudah berjalan maka akan muncul pop-up atau iklan yang mengarahkan ke halaman tertentu pada saat melakukan browser di HP Android. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi yang terbuka sendiri pada HP Android.

Tutorial Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri Di AndroidAplikasi Keluar Sendiri Di Android sendiri sangat lah merepotkan, dimana kebanyaknayakan ini di karenakan RAM habis pada ponsel. Namun dalam beberapa kejadian hadirnya Virus juga membuat ponsel menjadi sering keluar sendiri saat menjalankan aplikasi tertentu.

Sama halnya dengan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan untuk Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri juga perlu di ketahui penyebabnya. Untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti langkah Projektino.com berikut ini untuk Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri yang mudah.

1. Gunakan Aplikasi Antivirus

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar SendiriAda banyak pilihan aplikasi-aplikasi antivirus di Android yang bisa dipilih dan biasanya banyak tersedia di Play Store. Para developer juga pastinya sudah menyadari tentang adanya masalah pada HP Android yang disebabkan oleh adware ini.

Untuk itu, kebanyakan dari mereka sudah menanamkan proteksi HP dari adware melalui aplikasi antivirus yang mereka buat. Cara ini juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah browser yang terbuka sendiri akibat adware.

Agar tidak salah pilih aplikasi antivirus, sebaiknya pilihlah aplikasi antivirus yang digunkan oleh banyak orang dan memiliki ulasan yang baik serta sudah memiliki rating hingga 4,5 keatas. Dengan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah diunduh oleh banyak orang tersebut, maka akan lebih terjamin kualitasnya dan lebih aman saat menggunakan aplikasi antivirus tersebut.

Cara mengunduhnya pun cukup mudah, yaitu dengan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Play Store di HP Android.
  2. Kemudian ketik kata kunci “antivirus” pada kolom pencarian.
  3. Lalu pilih aplikasi antivirus yang memiliki rating dan jumlah download terbanyak.
  4. Setelah itu pilih tombol “Instal”.
  5. Kemudian tunggu sampai proses pengunduhan selesai.
  6. Jika sudah terinstal, maka muncul pilihan “Buka” dan aplikasi antivirus sudah bisa digunakan untuk mengatasi masalah browser yang terbuka sendiri akibat adware.

2. Hapus Aplikasi Pemicu Adware

ADWARECara selanjutnya untuk mengatasi browser yang terbuka sendiri di HP Android adalah dengan menghapus aplikasi pemicu adware. Aplikasi yang menimbulkan adware pada HP ini biasanya mempunyai nama yang tidak jelas atau mempunyai nama acak sehingga berbeda dengan aplikasi normal yang memiliki nama yang mudah dikenali.

Selain itu, aplikasi adware juga kebanyakan memiliki ikon yang acak dan memiliki kualitas yang rendah dari segi gambar. Aplikasi ini juga bisa menginstal sendiri sehingga terkadang tidak menyadari bahwa ada aplikasi yang mencurigakan dalam HP, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi pemicu adware.

  1. Buka menu “Settings“.
  2. Kemudian pilih “Aplikasi“.
  3. Selanjutnya cari aplikasi yang dicurigai sebagai aplikasi penyebab adware.
  4. Jika sudah ketemu, maka tinggal hapus saja aplikasi tersebut agar HP Android bisa normal kembali tanpa adanya masalah browser yang terbuka sendiri.

3. Lakukan Factory Reset

Cara Mengatasi AplikasiCara yang terakhir adalah melakukan facory reset pada HP Android untuk mengatasi masalah browser yang terbuka sendiri. Cara ini dilakukan jika sudah melakukan cara-cara diatas, namun masih belum bisa mengatasi masalah browser yang terbuka sediri di Android.

Hal ini kemungkinan ada adware yang tersembunyi di HP sehingga sulit untuk menghapusnya kecuali dalam mode root. Jika HP belum di root, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan factory reset pada HP, namun sebelum melakukan cara tersebut sebaiknya backup terlebih dahulu agar data-data yang penting tidak ikut terhapus. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan factory reset pada HP Android.

  1. Pertama buka menu “Settings” pada HP.
  2. Kemudian pilih menu “Managemen umum” dan pilih menu “Reset“.
  3. Selanjutnya pilih “Reset data pabrik“.
  4. Apabila sudah pilih menu tersebut, maka perangkat akan mereset ke pengaturan pabrik dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Jika sudah selesai, maka semua data yang ada di HP akan hilang termasuk adware yang menyebabkan masalah pada HP.

Demikianlah cara-cara untuk mengatasi browser yang tiba-tiba terbuka sendiri pada Android yang sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengatasi masalah tersebut. Dari ke-3 cara diatas, bisa dipilih mana yang paling mudah untuk dilakukan agar brwser yang terbuka sendiri bisa teratasi.

Kesimpulan

Cara diatas juga merupakan teknik dasar dan sederhana untuk mengatasi masalah tersebut sehingga kebanyakan orang bisa melakukannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, simak juga informasi menarik lainnya seperti Cara Merekam Layar HP Vivo Y12s pada artikel sebelumnya.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar