15 Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam Untuk Ajukan Pinjaman Modal

Shopee memiliki layanan pinjaman bernama SPinjam atau Shopee Pinjam. Layanan ini memungkinkan pengguna Shopee mendapatkan pinjaman modal dalam bentuk uang tunai yang ditransfer ke rekening. Cara mengaktifkan Shopee Pinjam cukup mudah, namun tidak semua pengguna Shopee bisa mengaktifkannya.

Pinjaman ini berbeda dengan Shopee PayLater. Sebab Shopee Pinjam merupakan pinjaman dalam bentuk uang tunai. Sedangkan Shopee PayLater berbentuk limit kredit. Apabila mengaktifkan layanan ini maka akan mendapatkan pinjaman uang tunai yang nantinya ditransfer nomor rekening yang sudah didaftarkan.

Karena bentuknya uang tunai, maka bisa bebas digunakan untuk berbelanja di Shopee ataupun digunakan untuk kebutuhan lainnya. Batas pinjaman yang diberikan juga cukup besar. Bahkan lebih besar dibanding Shopee PayLater yang maksimal hanya 6 Juta Rupiah.

Sayangnya tidak semua pengguna Shopee bisa mengaktifkan pinjaman modal ini. Shopee Pinjam hanya bisa diaktifkan oleh pengguna terpilih yang telah ditentukan oleh pihak Shopee. Lalu bagiamana cara mengecek, apakah bisa mengaktifkan Shopee Pijam atau tidak? Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Tutorial Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam (SPinjam)

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Cara Mengaktifkan Shopee Pinjam

Menu Shopee Pinjam akan muncul secara otomatis pada tab “Saya” di aplikasi Shopee. Bagi yang belum bisa mengaktifkan pinjaman ini tidak perlu kecewa. Kalian bisa mengeceknya secara berkala dan jangan lupa untuk mengupdate aplikasi Shopee terbaru.

Bagi pengguna baru jangan harap bisa mengaktifkan Shopee Pinjam. Biasanya pinjaman ini baru akan muncul apabila anda sudah mengaktifkan Shopee Pay dan Shopee PayLater. Selain itu, anda harus sering berbelanja di Shopee agar pihak Shopee bisa mengetahui loyalitas anda.

Syarat lainnya adalah tidak boleh ada keterlambatan pembayaran Shopee PayLater. Sebab pihak Shopee akan melihat track record anda dalam berbelanja menggunakan aplikasi Shopee. Nah apabila layanan ini sudah bisa diaktifan, maka tinggal mencoba mengaktifkannya dengan mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu pilih Tab Saya, kemudian pilih menu bertuliskan SPinjam.Cara Mengaktifkan SPinjam
  2. Berikutnya klik tombol Aktifkan SekarangCara Aktifasi Shopee Pinjam
  3. Setelah itu anda harus memasukan Nomor Telepon apabila sebelumnya belum pernah memasukan nomor telepon di akun Shopee. Jika sudah, silahkan klik Lanjut.Masukan Nomor Telepon SPinjam
  4. Langkah berikutnya anda akan mendapatan kode Verifikasi yang dikirimkan via SMS ke nomor yang terdaftar pada aplikasi Shopee. Silahkan masukan kode tersebut, lalu klik Lanjut.Cara Daftar Shopee Pinjam
  5. Berikutnya anda harus memasukan 2 Kontak Darurat yang berisi Nama, Status Hubungan, dan Nomor Hp. Jika sudah silahkan klik Kirim.Kontak Darurat Shopee Pinjam
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan Verifikasi Wajah. Silahkan klik “Mulai Verifikasi Wajah” dan arahkan wajah anda ke dalam frame yang ditunjukan aplikasi. Setelah verifikasi wajah berhasil, maka akan muncul notifikasi bahwa aktivasi SPinjam sedang diproses.Mulai Verifikasi Wajah
  7. Proses verifikasi hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jika sudah disetujui maka akan muncul pop-up bertuliskan bahwa SPinjam berhasil diaktifkan dan akan muncul informasi mengenai batas kredit yang didapatkan.Shopee Pinjam

Cara Ajukan Pinjaman Shopee

Setelah berhasil mengaktifkan Shopee Pinjam, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan pinjaman. Proses pengajuan pinjaman hanya bisa dilakukan apabila tidak ada keterlambatan pembayaran Shopee PayLater maupun Shopee Pinjam.

Besaran pinjaman tergantung dari limit kredit yang didapatkan. Selain itu, setiap pengajuan pinjaman akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3% per transaksi. Selain itu, anda harus menyiapkan persyaratan berupa KTP dan rekening bank milik sendiri.

Untuk saat ini Shopee Pinjam hanya mendukung rekening dari Bank BCA, BRI, Mandiri, dan BNI. Bagi yang sudah memiliki rekening dari bank tersebut, maka tinggal mengajukan pinjaman dengan cara sebagai berikut

  1. Silahkan klik tab Saya pada aplikasi Shopee, kemudian pilih SPinjamCara Mengaktifkan SPinjam
  2. Berikutnya klik tombol AjukanCara Mengajukan Pinjaman Shopee Pinjam
  3. Kemudian akan muncul limit pinjaman yang bisa diajukan dan pilihan durasi pinjaman. Silahkan geser tombol sesuai dengan nominal yang akan diajukan. Setelah itu pilih Durasi Pinjaman.
  4. Langkah selanjutnya klik pada bagian Rekening Bank Kamu, lalu isi nama lengkap, nomor rekening, nama bank, nama cabang, dan kota. Jika sudah klik LanjutkanDetail Bank
  5. Kemudian konfirmasi rekening bank yang sudah dimasukan dengan cara klik tombol Konfirmasi.
  6. Langkah selanjutnya klik Ajukan Sekarang.Cara Mendapatkan Pinjaman Shopee Pinjam
  7. Kemudian anda harus memasukan PIN Shopee Pay. Jika belum mengaktfikan Shopee Pay maka akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan via SMS.Cara Mendapatkan Pinjaman Shopee Pinjam
  8. Setelah itu tinggal menunggu pengajuan pinjaman disetujui. Jika sudah disetujui, anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan Shopee Pinjam telah berhasil dan uang akan langsung ditransfer ke nomor rekening yang dimasukan saat mengajukan pinjaman.Pengajuan Pinjaman Shopee Berhasil

Menariknya, dana pinjaman akan langsung dikirimkan ke rekening dalam jangka waktu sangat singkat. Untuk rekening bank yang sudah terverifikasi bisa langsung terkirimkan secara instan (BCA, BRI, Mandiri). Sedangkan untuk bank BNI dan bank yang berlum terverifikasi membutuhkan waktu maksimal 2 hari kerja.

Bunga dan Biaya

Proses pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat menjadi salah satu kelebihan Shopee Pinjam. Namun perlu diingat, pinjaman ini akan dikenakan bunga. Adapun suku bunga terkecil Shopee pinjam adalah sebesar 2.45% per bulan. Selain itu pengguna Shopee Pinjam akan dikenakan biaya penangan sampai dengan 3% per transaksi.

Kemudian untuk tanggal jatuh tempo adalah tanggal 5 pada bulan berikutnya. Namun apabila pinjaman diterima dalam waktu 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo maka tagihan pinjaman bisa dibayarkan pada bulan berikutnya. Lalu bagaimana jika telat membayar tagihan?

Keterlambatan pembayaran tagihan Shopee Pinjaman akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5%. Pastikan membayar tagihan secara tepat waktu agar tidak mendapatkan denda.

Kesimpulan

Sudah menjadi kewajiban semua pengguna Shopee Pinjam untuk membayar tagihan secara tepat waktu. Selain denda, ada beberapa resiko jika tidak membayar Shopee Pinjam. Salah satunya adalah penagihan lapangan oleh debt collector dan nama anda akan masuk ke dalam blacklist BI Checking atau SLIK OJK.

Shopee Pinjam merupakan pinjaman tunai yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Itu artinya pinjaman ini sudah sangat terpercaya dan memiliki kekuatan hukum sehingga anda tidak perlu khawatir apabila meminjam uang melalui Shopee Pinjam.

Nah demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengaktifkan Shopee Pinjam. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang membutuhkan pinjaman uang dengan syarat yang muah, proses cepat, dan bunga ringan.

Cukup sekian informasi pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel projektino.com lainnya mengenai “Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan di Hp” dan beragam artikel bermanfaat lainnya. Jika masih ada pertanyaan seputar pinjaman Shopee tersebut, silahkan buka halaman help.shopee.co.id.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar