5 Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Samsung

Smartphone Samsung memiliki banyak fitur. Namun tidak semua fitur bisa diakses secara langsung. Ada beberapa fitur tersembunyi yang hanya bisa diakses dengan mengaktifkan opsi pengembang atau developer options. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui apa saja fitur tersebut, silahkan simak tutorial cara mengaktifkan opsi pengembang Samsung berikut ini.

Semua smartphone Android memiliki fitur Opsi Pengembang yang disembunyikan secara default. Hal itu dikarenakan terdapat banyak pengaturan yang bisa mempengaruhi performa dan kinerja smartphone sehingga lebih baik disembunyikan. Apabila salah mengatur menu yang ada di opsi pengembang maka bisa membuat smartphone lemot atau bahkan error.

Bagi yang belum terbiasa menggunakan hp Android lebih baik jangan mengaktifkan opsi pengembang. Fitur ini hanya dikhususkan untuk pengguna yang membutuhkan akses lebih ke sistem smartphone. Sebagai contoh untuk menginstal custom ROM, rooting, flashing ROM, dan berbagai kebutuhan lainnya seperti mengaktifkan USB Debugging untuk kebutuhan pengembangan aplikasi.

Apapun tujuan kalian mengaktifkan opsi pengembang, yang paling penting kita harus terlebih dahulu mengetahui cara mengaktifkannya. Nah bagi yang bingung cara mengaktifkan opsi pengembang di hp Samsung, silahkan simak tutorial projektino.com berikut ini.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Samsung

Cara mengaktifkan opsi pengembang di hp Samsung tidak berbeda jauh dengan smartphone merek lain. Namun perlu diingat, hp Samsung memiliki tampilan menu berbeda karena menggunakan One UI sehingga langkah-langkahnya akan berbeda. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Masuk Ke Pengaturan / Settings

    Langkah pertama, silahkan masuk ke menu Pengaturan atau Settings yang ada di hp Samsung. Kemudian dilanjutkan dengan menekan menu About Phone atau Tentang Ponsel.

  2. Pilih Menu Software Information

    Setelah masuk ke menu About Phone, selanjutnya akan muncul informasi mengenai smartphone Samsung. Nah untuk mengaktifkan Opsi Pengembang, silahkan terlebih dahulu memilih menu Software Information.

  3. Tekan Build Number 7 Kali

    Kemudian akan muncul informasi software yang digunakan hp Samsung. Pada menu ini, silahkan anda tekan bagian Build Number sebanyak 7 kali. Setelah itu dilanjutkan dengan memasukan pattern, PIN, atau password untuk mengaktifkan Opsi Pengembang.

  4. Buka Menu Developer Options atau Opsi Pengembang

    Setelah developer options atau opsi pengembang aktif, maka anda tinggal membukanya. Biasanya menu tersebut terletak pada bagian Settings > General > Developer Options. Selain itu, untuk beberapa tipe hp Samsung biasanya berada di bagian bawah menu Settings.

  5. Klik Tombol Switch

    Kemudian untuk menonanaktifkan opsi pengembang tinggal menekan tombol switch pada bagian bawah sampai off.

Setelah opsi pengembang aktif, maka sekarang anda bisa memanfaatkan semua fitur yang tersedia. Setiap fitur memiliki fungsi berbeda-beda. Kalian harus hati-hati karena ada beberapa pengaturan yang bisa mempengaruhi performa smartphone, bisa menjadi lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat di atas, cara mengaktifkan opsi pengembang di hp Samsung sangatlah mudah. Caranya tidak berbeda jauh dengan cara mengaktifkan opsi pengembang hp Xiaomi ataupun smartphone merek lainnya. Kalian hanya perlu menekan build number sebanyak 7 kali dan secara otomatis opsi pengembang akan aktif.

Nah demikianlah ulasan projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Nonton Live Streaming Bola Gratis Tanpa Aplikasi dan beragam artikel lainnya seputar dunia teknologi dan gadget di Indonesia.

Tinggalkan komentar