7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Rusak

Masalah yang sering terjadi pada pengguna laptop adalah Keyboard tidak berfungsi. Jika mengalami hal ini maka keyboard tidak bisa digunakan untuk mengetik ataupun sebagai navigasi saat mengoperasikan laptop.

Keyboard yang tidak berfungsi memang sangat merepotkan. Tentu anda ingin segera mengatasi masalah ini agar laptop bisa digunakan secara normal untuk mengetik ataupun bermain game.

Cara mengatasi permasalahan ini tergantung penyebabnya. Jika disebabkan kerusakan komponen maka mau tidak mau harus melakukan perbaikan atau bahkan penggantian sparepart yang notabennya membutuhkan biaya tidak sedikit.

Apabila tidak memiliki uang untuk melakukan perbaikan maka bisa menggunakan keyboard eksternal, baik yang menggunakan kabel ataupun sudah wireless. Namun kekurangan menggunakan keyboard eksternal adalah kurang ringkas.

Tentu akan terasa ribet jika harus berpergian menggunakan keyboard eksternal. Padahal sejatinya laptop merupakan perangkat portable yang harus bisa dibawa kemana saja secara mudah, tanpa ribet.

Nah daripada harus ribet membawa keyboard eksternal saat berpergian membawa laptop, kami sarankan untuk mencoba beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi pada artikel projektino.com berikut ini.

Tips Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

1. Restart Laptop

Terkadang laptop tidak berfungsi disebabkan oleh masalah sepele, seperti tidak sengaja terdisable ataupun karena masalah pada aplikasi. Jika disebabkan hal tersebut maka cara mengatasinya sangat mudah.

Anda bisa mencoba melakukan restart, lalu tunggu sampai proses restart selesai. Kemudian lihat apakah keyboard kembali normal atau tidak. Jika tetap tidak berfungsi maka kemungkinan disebabkan oleh permasalahan lainnya.

Selain restart, anda juga bisa terlebih dahulu mematikan laptop dan tunggu beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. Bagi yang memiliki laptop dengan baterai bongkar pasang juga bisa melepasnya terlebih dahulu.

2. Buka Kunci Keyboard Laptop

Mungkin banyak yang belum tahu, bahwa keyboard laptop bisa dikunci. Apabila kunci tersebut diaktifakan maka otomatis keyboard laptop tidak berfungsi. Lalu bagaimana cara membuka kunci tersebut?

Cara membukanya cukup mudah, karena bisa menggunakan tombol kombinasi. Hanya saja setiap laptop memiliki metode buka kunci keyboard berbeda-beda.

Untuk memastikannya, silahkan mencoba salah satu kode buka kunci keyboard laptop di bawah ini, sesuai dengan tipe laptop yang anda miliki.

  • Fn + F11 (Acer, Toshiba, Samsung)
  • Fn + Num Lock (Sony)
  • Ctrl + Printscr (HP Pavillion)
  • Fn + F8 (HP atau HP Omen)
  • Fn + F4 untuk (Dell)
  • Shift + Num Lock (Universal)
  • Fn + Numlock untuk (Lenovo, ASUS)
  • Fn + F11 + Scroll lock (Universal)

3. Cek Driver Keyboard

Keyboard laptop yang bisa berfungsi secara normal apabila diduduk driver yang tepat. Nah apabila salah menginstal driver laptop maka bisa menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mengecek driver keyboard.

Cara mengeceknya sangat mudah. Anda bisa mengeceknya melalui Device Manager. Untuk membuka Device Manager bisa mencarinya pada kolom pencarian Windows. Setelah Device Manager terbuka, kemudian pilih bagian Keyboard.

Apabila terjadi masalah pada driver maka biasanya akan ada peringatan pada bagian Keyboard. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan update driver keyboard dengan cara sebagai berikut

  1. Buka Device Manager
  2. Klik kanan Driver keyboard
  3. Kemudian pilih Update Driver Software
  4. Berikutnya pilih opsi Automatically Update Driver Software
  5. Jika update driver berhasil, kemudian restart laptop

4. Bersihkan Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan membersihkan keyboard. Bisa saja ada kotoran seperti debu, dll yang menempel pada keyboard sehingga membuatnya tidak berfungsi.

Nah untuk membersihkan keyboard laptop bisa menggunakan kain bersih agar semua debu yang menempel bisa hilang. Selain itu, anda bisa mencoba melepas tombol keyboard yang tidak berfungsi.

Bagi yang belum pernah melepas tombol keyboard maka harus hati-hati. Untuk melepasnya butuh teknik khusus agar tidak merusak karet yang ada didalamnya. Jika sudah berhasil dilepas, maka tinggal membersihkan karet dari kotoran.

5. Cek Konektor Keyboard

Untuk menghubungkan laptop dengan keyboard harus menggunakan konektor. Nah apabila konektor bermasalah, tentu membuat keyboard tidak bisa berfungsi. Untuk memastikan penyebab tersebut maka harus membongkar laptop.

Tentu cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi ini cukup sulit karena untuk membongkar laptop butuh keahlian khusus. Bagi yang ragu membongkar sendiri ada baiknya membawa laptop ke teknisi yang sudah berpengalaman.

6. Service Keyboard

Solusi yang terakhir adalah dengan melakukan service laptop ke service center resmi ataupun tempat service yang berpengalaman. Apabila garansi masih berlaku biasanya tidak akan dikenakan biaya.

Namun apabila garansi sudah habis dan harus dilakuka penggantian sparepart maka bisa dikenakan biaya sekitar Rp. 200 Ribu – Rp. 400 Ribu. Biaya tersebut tergantung dari jenis laptop yang anda miliki.

Penggantian keyboard memang terkadang dibutuhkan apabila komponen keyboard sudah rusak. Biasanya hal ini terjadi karena faktor pemakaian dan umur laptop.

7. Gunakan Keyboard Eksternal

Bagi yang belum memiliki uang untuk membayar biaya service keyboard laptop maka tidak ada salahnya terlebih dahulu menggunakan keyboard eksternal yang disambungkan lewat kabel USB ataupun via Bluetooth.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak bisa berfungsi. Silahkan mencoba tutorial di atas. Apabila semuanya suduah dicoba dan ternyata keyboard tetap tidak berfungsi, maka jalan satu-satunya adalah melakukan perbaikan ke service center.

Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang mengalami masalah keyboard laptop tidak berfungsi. Simak pula artikel lainnya mengenai Cara Mengunci Aplikasi di HP OPPO dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan komentar