10 Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total Dengan Mudah

Ada banyak nama pada kerusakan ponsel android salah satunya adalah Hardbrik, Hardbrick adalah kondisi dimana smartphone tidak mau menyala atau mati total (MATOT). Kerusakan jenis ini juga sering kita jumpai di HP Vivo, sedangkan untuk Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total membutuhkan beberapa langkah.

Memperbaiki Hardbrick pada HP memang bukan hal yang mudah. Hardbrick merupakan salah satu masalah pada HP yang sulit untuk diatasi, namun bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi karena ada beberapa cara yang bisa dicoba.

Langkah-langkah yang harus dilakukan juga banyak dan itupun belum menjamin berhasil atau tidak untuk memperbaikinya. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba agar tahu hasilnya. Sama halnya dengan Cara Reset HP Samsung Yang Terkunci memperbiki hp yang matot juga cukup berresiko.

Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total ini bisa dilakukan untuk HP merek apa saja tak harus Vivo. Sebelum lanjut ke cara-cara untuk mengatasi HP Hardbrick, sebaiknya ketahui dahulu apa itu Hardbrick dan Shoftbrick.

Hardbrick adalah keadaan perangkat HP Android yang tidak dapat melakukan boot sama sekali dan tidak bisa dicharge serta tidak bisa melakukan pemulihan (recovery). Sedangkan Shoftbrick adalah keadaan perangkat Android yang terjadi karena beberapa masalah shoftware seperti loop boot dibeberapa titik selama boot.

Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total

Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati TotalDalam MTK Android terdapat banyak partisi seperti Preloader, Booting, Recovery dan lainnya. Namun jika Preloader ini rusak, maka bisa jadi BOOT yang terdapat di dalam HP akan mati sehingga HP tidak akan mampu mendeteksi ke PC.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan Preloader ini rusak, biasanya karena HP di flash secara lengkap dengan file yang salah atau menghapus Preloader sehingga menyebabkan Preloader ini menjadi rusak. Preloader ini rusak bisa diketahui setelah HP tidak mendeteksi dengan PC saat HP tersebut di flash.

1. Mengatasi HP Vivo Hardbrick Ketika macet di BootLoop

Setelah mengetahui berbagai masalah sulit yang biasa terjadi pada HP Android, sekarang lanjut ke Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total dengan Hardbrick. Dibawah ini adalah cara-cara untuk mengatasi HP Hardbrick yaitu,

  1. Pertama masuk ke recovery mode (mode pemulihan) di HP dengan cara menekan volume up + tombol home + tombol power secara bersamaan.
  2. Setelah itu gunakan tombol volume untuk navigasi menu dan tombol power untuk memilih item dalam menu tersebut.
  3. Lalu gulir kebawah dan pilih “Advanced“.
  4. Selanjutnya pilih “Wipe Dalvik Cache“.
  5. Setelah itu kembali ke halaman utama dan pilih “Wipe Cache partition“.
  6. Jika sudah, kemudian pilih “Wipe Data / Factory Reset” untuk menghapus semua pengaturan dan aplikasi dengan menggunakan ROM yang benar.
  7. Setelah itu REBOOT perangkat HP Android tersebut.

Hardbrick atau mati total juga bisa di akali dengan beberapa cara. Untuk pengguna HP Vivo mungkin masih belum banyak yang tau menggenai cara yang satu ini dengan mngatasi bootlopnya.

2. Mengatasi HP Hardbrick Menggunakan Software One Click Unbrick

Selanjutnya cara untuk mengatasi HP Harbrick adalah dengan menggunakan Software One Click Unbrick. Cara ini dilakukan jika cara sebelumnya belum berhasil mengatasi HP Hardbrick. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut,

  1. Download terlebih dahulu java agar Software One Click Unbrick bisa digunakan di PC.
  2. Setelah itu download One Click Unbrick Tool untuk HP Android.
  3. Lalu ekstrak file-file yang sudah didownload tadi.
  4. Setelah melihat folder “OneClick” lalu copy file “OneClick.jar” dan paste kedalam “OneClick heimdalloneclick resources HeimdallPackage”.
  5. Kemudian klik kanan di file “oneclickloader.exe” dan pilih “Run as Administrator”.
  6. Lalu lanjutkan dengan instalasi Heimdall.
  7. Setelah terinstall akan muncul tulisan “One Click Unbrick”
  8. Kini HP tersebut bisa dihubungkan dengan PC lalu klik pada tombol unsoft brick untuk proses selanjutnya.

Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total yang selanjutnya dengan menggunakan software one clik unbrck dengan mudah di perangkat pc. Untuk pemula cara diatas mungkin terbilang cukup ribet.

3. Mengatasi HP Hardbrick Ketika Macet atau Terjebak di Recovery Mode

Jika HP terjebak di recovery mode, maka hal yang harus dilakukan adalah download Odin terlebih dahulu. Setelah mendownload Odin dan recovery.tar file lewat komputer, maka sekarang bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini,

  1. Buka dan jalankan Odin menggunakan Run As Administrator di PC.
  2. Pastikan HP dalam kondisi off lalu tekan tombol volume up + tombol home + tombol power untuk menyalakan kembali HP tersebut.
  3. Setelah itu tekan tombol volume atas untuk menghubungkan ke PC.
  4. Saat Odin mengenali perangkat HP tersebut lalu klik opsi PDA dan arahkan ke file recovery.tar yang telah didownload sbelumnya.
  5. Setelah itu pilih file yang akan di recovery lalu start.
  6. Selanjutnya proses flashing akan terselesaikan dan Odin akan menunjukkan tombol PASS dengan latar belakang hijau kemudian HP akan reboot.

Demikianlah Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total yang bisa dicoba. Dari ke 3 cara diatas bisa dipilih mana yang paling mudah dan sesuai dengan kerusakan pada HP yang mengalami mati total kususnya ponsel Vivo Jika tidak bisa dilakukan sendiri.

Kesimpulan

Maka langkah yang terakhir adalah bawa ke Counter HP atau dibawa ke tukang service HP yang sudah berpengalaman. Jangan lupa periksa garansi ponsel Vivo kamu, jika masih dalam masa garansi maka di anjurkan klaim saja garansi ponsel tersebut.

Cara Memperbaiki HP Vivo Yang Mati Total atau hardbrik bisa di akali dengan berbagai cara salah satunya 3 cara diatas. Baca juga informasi lainnya seperti Harga Paket Indihome Internet Terbaru pada artikel Projektino.com sebelumnya.

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar