7 Cara Membuka File RAR di Android Tanpa Aplikasi

Ada jenis file yang bisa di simpan pada smartphone android, salah satu yang paling sering kita jumpai mungkin adalah file RAR. File RAR sendiri merupakan file yang di perkecil dengan tujuan memberikan kemudahan. Sedangkan Cara Membuka File RAR di Android sendiri membutuhkan beberapa trik.

Kamu bisa membuka file RAR di HP Android dengan beberapa langkah mudah, namun yang paling lazim adalah dengan menggunakan Aplikasi. Meskipun sebenarnya ada fitur bawaan dari ponsel android yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka file RAR.

Namun sayangnya tidak semua pengguna ponsel android bisa memanfaatkan fitur bawaan pada ponsel mereka untuk membuka File kompress. Kebanyakan dari pengguna android yang hendak membuka file RAR menggunakan aplikasi tambahan dan sejenisnya.

Sama mudahnya dengan MEMBUAT FILE ZIP di Android, untuk membuka file RAR juga bisa di lakukan dengan cepat. Ketidak tahuan pengguna mungkin membuat cara membuka file RAR menjadi lama dan ribet.

File RAR yang ingin di buka biasanya berisikan berbagai jenis dokumen yang seperti Video, File, Gambar dan lainnya. Sudah ssangat sewajarnya jika pengguna smartphone paham betul mengenai cara membuka file RAR di HP android. Pasalnya suatu saat pastinya fitur ini akan digunakan untuk membuka file RAR.

Cara Membuka File RAR di Android

Ada beberapa cara mudah untuk bisa membuka file RAR di HP android menurut PROJEKTINO.COM mulai dari menggunakan fitur bawaan sampai dengan aplikasi tambahan. Dari beberapa cara yang ada kamu bisa memilih cara apa yang kiranya akan kamu gunakan untuk bisa membuka file RAR android.

Namun perlu di ingat, setiap tipe ponsel android yang ada memiliki cara untuk membuka file RAR yang berbeda-beda. Jadi kamu tidak bias menerapkan cara yang sama di setiap ponsel android yang ada jika ingin membuka file RAR. Nah, berikut ini Cara Membuka File RAR di Android yang wajib kamu ketahui.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Android

Cara paling mudah untuk bisa membuka file RAR adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan dari HP Android. Dimana setiap ponsel android memiliki fitur bawaan untuk membuka file RAR. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuka file RAR yang kamu maksud.

Jadi tanpa menggunakan fitur tambahan atau aplikasi, kamu sudah bisa membuka file RAR yang ada di android. Caranya juga sangat mudah karena hanya perlu hafal lokasi file RAR yang di simpan pada ponsel android kamu.

  1. Buka aplikasi File Manager di HP Android
  2. Cari di mana lokasi file RAR yang hendak kamu Exstrak
  3. Selanjutnya kamu bisa Tap File RAR yang hendak di Exstrak
  4. Lalu pilih menu Extrak, dan pilih lokasi penyimpanan
  5. Selesai

Meskipun mudah namun cara diatas saat ini di aplikasikan pada ponsel Xiaomi, beberapa ponsel android lainnya juga menggunakan cara yang sama. Jangan lupa di ingat lokasi penyimpanan pada ponsel android kamu. Biasanya pengguna lupa meletakan hasil exstrak menggunakan cara ini.

2. Ekstrak Online

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan metode ekstrak online, Cara ini bisa menjadi cara alternatif mudah yang bisa pengguna ponsel android coba. Ada banyak situs penyedia jasa ekstrak untuk ponsel android maupun smartphone lainnya.

Salah satu situs yang paling banyak digunakan adalah situs Unrar, dimana situs ini bisa menjadi pilihan menarik untuk saat ini. Tampilannya yang mudah di pahami dan juga situsnya sangat user interface di ponsel membuanya nyaman digunakan.

  1. Buka Browser di Android
  2. Masuk ke situs https://unrar.online/
  3. Klik icon panah kebawah pada situs tersebut
  4. Lalu pilih file RAR yang akan dibuka
  5. Jika sudah klik Oke pada file, maka selanjutnya menunggu akan upload data
  6. Lanjut download file ZIP hasil ekstrak online
  7. Nantinya file ZIP tersebut tinggal kamu download dan exstrak lagi file Zip

Cara ini memang cukup ribet dengan beberapa langkah yang perlu di lakukan seperti upload dan download. Belum lagi hasil download baru akan menjadi file ZIP yang perlu di ekstrak lagi. Namun opsi ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk kamu yang hendak melakukan exstrak di ponsel android dengan mudah.

3. Gunakan Aplikasi Zarchiver

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, dimana opsi kali ini bisa menjadi opsi yang sangat menarik untuk bisa kita gunakan. Cara yang satu ini bisa menjadi opsi yang sangat menarik untuk bisa kita aplikasikan di ponsel android.

Terlebih jika kita sering menggunakan aplikasi ini untuk melakukan ekstrak maka dengan otomatis bisa di aplikasikan dengan mudah. Kamu aplikasi ini bisa di simpan dan bisa di gunakan suatu saat kalau memang nanti digunakan lagi.

  1. Download aplikasi Zarchiver di playstore
  2. Buka aplikasi lalu berikan akses izin
  3. Silahkan pilih File yang akan di ekstrak
  4. Jika sudah pilih ekstrak dan pilih lokasi penyimpanannya
  5. Selesai

Dibandingkan dengan cara yang lain mungkin menggunakan aplikasi lebih mudah. Sebenarnya selain aplikasi Zarchiver sendiri akan ada banyak pilihan aplikasi exstrak lainnya yang bisa menjadi pilihan. Aplikasi yang satu ini juga memiliki banyak kelebihan salah satunya yakni ukuran aplikasi yang terbilang cukup kecil.

KESIMPULAN

Nah, jadi itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat hendak membuka RAR di HP tanpa aplikasi dengan fitur bawaan HP android. Namun kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan dan juga situs tambahan untuk membuka file RAR.

File RAR di hp android sebenarnya bisa dibuka dengan fitur bawaan pada ponsel android kamu, jadi silahkan manfaatkan fitur bawaan ponsel terlebih dahulu sebelum menggunakan cara tambahan. Ketahui juga “Cara Mengetahui Orang yang Memakai WiFi Kita di Android” pada informasi sebelumnya dari Projektino.

Tinggalkan komentar