11 Cara Cek Saldo SMS Banking BNI : Format & Biaya

Bagi nasabah yang sudah mengaktifkan layanan SMS Banking BNI maka bisa cek cek saldo menggunakan fasilitas perbankan tersebut. Caranya sangat mudah, karena hanya perlu mengetikan format sms cek saldo SMS Banking BNI ke nomor 3346.

Fasilitas SMS Banking sangat membantu nasabah Bank BNI untuk mengecek sisa saldo rekening tabungan. Terlebih fasilitas ini bisa digunakan untuk cek saldo dimanapun dan kapanpun menggunakan semua jenis handphone.

Agar bisa cek saldo BNI lewat SMS, nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan SMS Banking BNI. Kami sudah pernah membahas caranya pada artikel sebelumnya mengenai “Cara Daftar SMS Banking BNI“.

Untuk mengecek saldo tidak perlu melakukan aktivasi transaksi finansial di kantor cabang. Anda hanya perlu mendaftarkan nomor handphone di ATM BNI terdekat. Setelah itu fasilitas perbankan ini bisa langsung digunakan untuk cek saldo.

Ada dua cara mengecek saldo SMS Banking BNI. Cara yang pertama adalah menggunakan format sms banking BNI. Sedangkan cara yang kedua menggunakan aplikasi BNI SMS Banking yang tersedia untuk smartphone Android dan iPhone.

Aplikasi BNI SMS Bangking dikhususkan bagi nasabah yang memiliki smartphone Android maupun iPhone. Sedangkan untuk nasabah yang masih menggunakan handphone jadul maak bisa cek saldo menggunakan format sms banking.

Kami yakin sebagian besar nasabah Bank BNI belum mengetahui format cek saldo SMS Banking BNI. Oleh karena itulah kami akan memberikan informasinya pada artikel projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Cek Saldo SMS Banking BNI

Format Cek Saldo SMS Banking BNI

1. Format SMS Banking

Proses pengecekan saldo BNI lewat SMS akan dikenakan biaya SMS Kirim dan SMS Terima. Untuk biaya SMS Kirim sekitar Rp. 250 sd Rp. 400. Sedangkan untuk biaya SMS terima sekitar Rp. 600 sd Rp. 660, tergantung dari provider yang digunakan.

Meskipun cek saldo BNI lewat SMS tidak gratis, namun cara ini tetap bisa menjadi pilihan utama untuk mengetahu sisa saldo rekening. Terlebih SMS Banking bisa diakses di semua tempat, tanpa perlu tergantung dari sinyal internet.

Bagi yang berada di daerah terpencil dan ingin mengetahui sisa saldo rekening maka bisa mencoba cara mengecek saldo BNI berikut ini.

  1. Buka menu SMS pada handphone kalian
  2. Kemudian ketik SAL
  3. Setelah itu kirim ke nomor 3346
  4. Tungu beberapa detik, lalu anda akan mendapatkan balasan SMS berisi sisa saldo rekening.

2. Aplikasi BNI SMS Banking

Cara Mengecek Saldo SMS Banking BNI

Cara mengecek saldo SMS Banking BNI yang kedua adalah menggunakan aplikasi BNI SMS Banking yang bisa didownload melalui Play Store atau App Store. Lalu bagiaman cara menggunakan aplikasi tersebut untuk cek saldo?

Pada dasarnya cara cek saldo SMS Banking BNI menggunakanal aplikasi tidak berbeda jauh dengan cara di atas. Hanya saja anda tidak perlu menuliskan format sms banking secara manual.

Aplikasi BNI SMS Banking akan langsung menampilkan format SMS Banking sehingga bisa langsung dikirim ke nommor 3346. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka aplikasi BNI SMS Banking
  2. Pada halama utama pilih Informasi
  3. Selanjutnya pilih Informasi Saldo
  4. Kemudian klik Proses
  5. Setelah itu secara otomatis akan masuk ke menu SMS dan menampilkan format SMS Banking untuk cek saldo
  6. Silakan kalian kirimkan format sms tersebut
  7. Berikutnya akan ada balasan SMS mengenai sisa saldo rekening.

Selain cara di atas, masih ada satu lagi cara mengecek saldo rekening BNI lewat SMS. Caranya adalah menggunakan kode USSD *141#. Sayangnya tidak semua provider mendukung layanan tersebut.

Kode USSD *141# hanya bisa digunakan untu cek saldo bagi pengguna provider Telkomsel, XL, Indosat, dan beberapa operator lainnya. Silahkan anda mencoba sendiri, apakah provider yang digunakan bisa mengakses kode USSD tersebut atau tidak.

Kesimpulan

Sama halnya dengan cek saldo SMS Banking Mandiri, pengecekan saldo rekening BNI lewat SMS bisa menjadi solusi bagi nasabah Bank BNI yang ingin mengecek saldo rekening lewat hp. Namun agar bisa melakukan hal tersebut, nasabah harus terlebih dahulu mengaktifkan layanan SMS Banking BNI di ATM.

Sebenarnya Bank BNI masih memiliki fasilitas internet banking dan mobile banking yang bisa digunakan untuk cek saldo lewat hp. Hanya saja kedua layanan tersebut membutuhkan koneksi internet sehingga tidak bisa digunakan untuk cek saldo di daerah terpencil yang belum mendukung jaringan internet.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara mengecek saldo BNI lewat SMS silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Bisa Cek Saldo BNI Lewat SMS?

Bisa, namun anda harus terlebiih dahulu mengaktifkan fasilitas SMS Banking BNI.

Bagaimana Cara Mengaktifkan SMS Banking BNI?

Apabila hanya sekedar untuk cek saldo, anda bisa mengaktifkan fasilitas perbankan ini di ATM. Namun untuk transaksi finansial seperti transfer, bayar tagihan, dll maka harus aktivasi di kantor cabang

Apa Format Cek Saldo BNI Lewat SMS Banking?

Silahkan ketik SAL, lalu kirim ke 3346

Apakah Cek Saldo SMS Banking BNI Dikenakan Biaya?

Yah, transaksi menggunakan sms banking akan dikenakan biaya sms kirim dan sms diterima.

Berapa Biaya Cek Saldo SMS Banking BNI?

Untuk provider Telkomsel dikenakan biaya sms kirim Rp. 300- Rp. 400. Lalu ada pula biaya SMS terima sebesar Rp. 600 – Rp. 660. Sedangkan untuk provider lainnya dikenakan biaya Rp. 250 – Rp. 400 untuk SMS Kirim dan Rp. 300 – Rp. 650 untuk SMS terima.

Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BNI yang ingin mengetahui cara cek saldo lewat SMS. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Membuat Rekening Mandiri Syariah Online” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar