4 Cara Cek IMEI Hp Infinix Terdaftar atau Tidak

Infinix semakin berjaya di Indonesia. Banyak orang sudah mengetahui kualitas smartfren tersebut. Alhasil semakin banyak jumlah pengguna hp Infinix di Indonesia. Nah bagi yang baru pertama kali membelinya, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek nomor IMEI smartphone yang dibeli. Lalu bagaimanakah cara cek IMEI hp Infinix?

Saat ini semua smartphone android yang dipasarkan di Indonesia wajib memiliki nomor IMEI yang terdaftar di situs Kemenperin. Bagi yang membeli hp Infinix baru dengan garansi resmi Indonesia, kami yakin sudah terdaftar. Namun lain cerita jika membeli hp Infinix bekas yang belum tentu berasal dari Indonesia.

Jika nomor IMEI tidak terdaftar maka bisa mengakibatkan sinyal terblokir. Hal ini mengakibatkan smartphone tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan provider seluler di Indonesia, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, dll. Oleh karena itulah lebih baik terlebih dahulu mengecek nomor IMEI jika membeli hp Infinix bekas.

Untungnya cara cek IMEI hp Infinix sangat mudah. Caranya tidak berbeda jauh dengan smartphone merek lain seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan berbagai merk lainnya. Nah bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan simak informasi projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Cek IMEI Hp Infinix

1. Cek IMEI Infinix Dengan Kode

Ada beberapa cara mengecek IMEI hp Infinix. Salah satu caranya adalah menggunakan kode cek IMEI. Kode tersebut bersifat universal. Itu artinya bisa kita gunakan di semua jenis handphone. Dimana kodenya adalah sebagai berikut

  1. Buka menu telepon yang tersedia di hp Infinix
  2. Kemudian tekan *#06#
  3. Lalu secara otomatis akan muncul informasi nomor IMEI hp Infinix

Nantinya akan muncul dua nomor IMEI, yakni IMEI1 dan IMEI2. Nomornya berbeda karena merupakan nomor IMEI dari slot SIM pertama dan kedua.

2. Cek IMEI Lewat Pengaturan

Selain lewat kode, anda juga bisa mengecek nomor IMEI melalui menu Pengaturan/Setelan atau Setting yang tersedia di hp Infinix. Cara mengeceknya sangat mudah, dimana langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Pertama, silahkan buka menu Setting atau Setelan
  2. Kemudian pilih menu Lainnya
  3. Lalu pilih menu Tentang Ponsel
  4. Setelah itu akan muncul informasi IMEI pada bagian Tentang Ponsel atau About Phone

3. Cek IMEI Di Dusbook

Cara termudah mengecek IMEI hp Infinix adalah melihat nomor IMEI pada bagian kotak paket ponsel Infinix. Menurut kami inilah cara yang termudah. Namun belum tentu nomor IMEI yang ada di dusbook merupakan IMEI yang asli. Kami sarankan untuk membandingkan IMEI yang ada di kotak paket dengan IMEI yang muncul saat dicek melalui kode *#06#.

Jika IMEI yang tampil sama maka berarti IMEI tersebut akurat 100%. Lain cerita jika IMEI yang muncul berbeda. Maka berarti kotak tersebut merupakan kotak kemasan palsu.

4. Cara Cek IMEI Terdaftar atau Tidak

Setelah mengetahui nomor IMEI pada hp Infinix yang dimiliki, selanjutnya tinggal mengecek apakah IMEI tersebut terdaftar atau tidak. Caranya adalah melalui situs cek IMEI yang disediakan Kemenperin. Cara mengeceknya juga sangat mudah, dan untuk mengetahuinya silahkan simak berikut ini.

  1. Buka website cek IMEI Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Kemudian masukan nomor IMEI pada kolom tersedia
  3. Lalu akan muncul informasi apakah IMEI terdaftar atau tidak

Kesimpulan

Apabila sudah dicek dan ternyata muncul informasi bahwa IMEI terdaftar maka anda tidak perlu takut sinyal terblokir. Smartphone dipastikan bisa digunakan secara normal untuk mengakses layanan telepon, sms, dan internet dari berbagai provider seluler yang ada di Indonesia.

ika ternyata tidak terdaftar maka berarti smartphone kalian bukan smartphone resmi garansi Indonesia. Memang ada cara untuk membuka blokir tersebut, namun tidak bersifat permanen dan nantinya bisa kembali diblokir sewaktu-waktu. 

Nah demikianlah informasi seputar cara cek IMEI hp Infinix. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula artikel lainnya mengenai Cara Mengecek Kuota Smartfren dan berbagai  artikel teknologi lainnya yang ada di Indonesia. 

Tinggalkan komentar