10 Cara Cek Garansi Samsung Online dan Dengan Kode IMEI

Ada beberapa cara cek garansi hp Samsung. Cara termudah adalah mengecek secara online melalui situs yang dikhususkan untuk mengecek garansi hp Samsung. Sebagai pengguna hp Samsung kalian harus mengetahui caranya sehingga bisa mengetahui apakah garansi masih berlaku atau tidak.

Masalah garansi memang sangat penting, terutama bagi yang membeli hp Samsung bekas. Samsung sendiri memberikan masa garansi selama 1 tahun untuk semua smartphone yang mereka pasarkan di Indonesia. Apabila masa berlaku sudah habis maka pengguna tidak bisa klaim garansi ke service center Samsung.

Yah, salah satu syarat klaim garansi Samsung adalah masa garansi masih berlaku. Jika sudah habis maka tidak bisa klaim garansi dan mau tidak mau harus mengeluarkan biaya perbaikan dan penggantian spare-part. Lain cerita bagi yang membeli hp Smasung baru maka tidak perlu melakukan pengecekan garansi.

Masa garansi hp Samsung akan mulai berlaku sejak pertama kali smartphone dihidupkan atau diaktifkan. Pengguna akan mendapatkan garansi selama 1 tahun penuh dan selama masa garansi bisa melakukan klaim garansi pada saat terjadi kerusakan yang bersifat malfungsi atau bukan karena faktor humah error.

Apabila kerusakan dikarenakan human error seperti terjatuh, terbentur, terkena air, dll maka garansi tidak akan berlaku. Selain itu ada beberapa ketentuan lainnya yang wajib dipenuhi agar bisa klaim garansi. Nah sebelum membahas mengenai ketentuan garansi hp Samsung, silahkan simak terlebih dahulu informasi cara cek garansi Samsung berikut ini.

Tutorial Cara Cek Garansi Samsung

Cara Cek Garansi Samsung

Semua smarthone Samsung yang resmi dipasarkan di Indonesia akan mendapatkan garansi resmi SEIN (Samsung Electronics Indonesia). Untuk smartphone non-resmi maka tidak akan bisa klaim garansi di Service Center Samsung Indonesia.

Untuk mengetahui smartphone yang dibeli merupakan produk resmi atau non-resmi maka kita harus mengecek garansi hp Samsung. Melalui metode ini kita bisa mengetahui negara pembuatan smartphone. Apabila dibuat di Indonesia maka kami yakin 100% merupakan produk resmi

Samsung sudah memiliki pabrik perakitan di Indoensia sehingga semua produk resmi akan dibuat di Indonesia. Apabila handphone kalian merupakan hp Samsung buatan Vietnam, Korea, ataupun Negara lainnya maka kami pastikan merupakan produk non-resmi.

Resiko membeli hp Samsung non-resmi adalah tidak bisa klaim garansi di Indonesia. Nah untuk mengetahui apakah hp kalian garansi resmi atau tidak, maka bisa mencoba tutorial cek garansi hp Samsung pada artikel projektino.com berikut ini.

1. Cek Garansi Hp Samsung Dengan Kode

Cara Cek Garansi Hp Samsung

Agar bisa mengetahui garansi hp Samsung kita harus terlebih dahulu mengecek nomor IMEI. Sebab di dalam nomor IMEI tersimpan beragam informasi seputar smartphone, seperti spesifikasi, tipe, hingga garansi. Nah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara cek garansi Samsung silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Silahkan terlebih dahulu mengecek IMEI hp Samsung yang dicek garansinya. Caranya adalah dengan mengetikan kode *#06# pada menu panggilan telepon
  2. Kemudian secara otomatis akan muncul nomor IMEI. Silahkan catat atau screenshot nomor IMEI yang ditampilkan
  3. Selanjutnya tinggal membuka situs imei.info
  4. Langkah berikutnya masukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia, kemudian masukan captch dan klik tombol “Check“.
  5. Setelah itu akan muncul beragam informasi smartphone, seperti Model, Brand, IMEI, hingga spesifikasi. Nah untuk mengecek garansi hp Samsung silahkan menu “Check SN / Warranty / Carrier“.
  6. Kemudian klik tombol “Check SN & Warranty & Carrier“.
  7. Silahkan tunggu beberapa detik, kemudian akan muncul informasi mengenai tanggal produksi, masa berlaku garansi, dan regional.Cara Mengecek Garansi Hp Samsung

Melalui metode ini kita bisa dengan mudah mengetahui masa garansi hp Samsung. Sebab imei.info akan menampilkan informasi mengenai kapan masa berlaku garansi berakhir dan tanggal produksi smartphone. Selain itu, tersedia pula informasi Regional dimaka smartphone dipasarkan.

Untuk beberapa informasi sepert negara pembuatan memang tidak terlalu akurat, namun yang paling penting kita bisa mengetahui Regional pemasaran smartphone sehingga bisa mengetahui apakah smartphone tersebut merupakan produk resmi Indonesia atau non-resmi yang berasal dari luar negeri.

2. Cek Garansi Samsung Via Call Center

Selain cara di atas, kalian juga bisa mengecek garansi hp Samsung melalui Customer Service Samsung. Samsung menyediakan beragam metode untuk menghubungi custumer service, mulai dari live chat, email, telepon, hingga via whatsapp. Nah agar lebih mudah mengecek garansi hp Samsung kami sarankan untuk menghubungi Call Center lewat WhatsApp.

Silahkan anda mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor 0818-02155777. Anda bisa bertanya berbagai macam hal, termasuk sisa masa garansi smartphone yang dimiliki. Nantinya petugas Call Center akan menanyakan nomor IMEI, kemudian mengeceknya secara online.

Cara cek garansi Samsung ini memang lebih efektif karena akan dicek secara langsung oleh petugas Call Center Samsung. Selain via WhatsApp, anda juga bisa menghubungi Call Center dengan kontak di bawah ini.

  1. Telepon : 0800-112-7777 / 0800-112-8888
  2. Whatsapp : 0818-02155777
  3. Live Chat

Masih ada satu lagi cara cek garansi Samsung, yakni dengan mengeceknya secara langsung di Service Center Samsung terdekat. Nah untuk mengetahui lokasi Pusat Service Center Samsung silahkan “KLIK DI SINI“.

Syarat dan Ketentuan Garansi  

Meskipun sudah mengetahui masa garansi hp Samsung, namun tidak semua kerusakan hp Samsung bisa tercover garansi. Sebab ada beberapa syarat dan ketentuan garansi Samsung yang akan menentukan apakah smartphone bisa tercover garansi atau tidak. Samsung sendiri memberikan garansi selama 1 tahun penuh, asalkan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Garansi hanya berlaku untuk smartphone Samsung yang dipasarkan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia dan berlaku di Indonesia.
  2. Samsung memberikan garansi selama 12 bulan yang mencakup biaya perbaikan dan biaya penggantian spare-part
  3. Garansi hanya berlaku apabila kerusakan bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna atau Human Error seperti terjatuh, terbentur, atau terkena air
  4. Modifikasi smartphone seperti root dan instal custom rom bisa menyebabkan garansi hangus
  5. Buku garansi harus sesuai dengan Nomor IMEI, Nomor Seri, dan Model.

Kesimpulan

Silahkan anda mencoba tutorial cara cek garansi Samsung yang kami sampaikan di atas. Apabila garansi masih berlaku dan merupakan produk resmi Indonesia maka bisa melakukan klaim garansi di Service Center terdekat.

Namun kami tidak menjamin 100% klaim garansi dapat diterima, karena tergantung dari kerusakan smartphone yang diklaim. Jika kerusakan karena faktor human error maka kecil kemungkinan bisa klaim garansi.

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar garansi hp Samsung silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Berapa Lama Masa Garansi Hp Samsung?

Samsung memberikan garansi selama 1 tahun, termasuk biaya perbaikan dan penggantian sparepart

Apakah Garansi Bisa Hangus?

Tentu saja bisa. Garansi akan hangus apabila melewati masa garansi dan kerusakan smartphone disebabkan karena faktor kesalahan pengguna.

Bagaimana Cara Mengecek Garansi Samsung Online?

Anda bisa mengecek garansi melalui situs imei.info, lalu masukan nomor IMEI smartphone yang akan dicek.

Apakah Bisa Cek Garansi Samsung Via Call Center?

Bisa, silahkan hubungi call center lewat telepon di nomor 0800-112-7777 / 0800-112-8888 atau via Whatsapp di nomor 0818-02155777

Nah demikianlah informasi seputar cara mengecek garansi hp Samsung secara online dan via call center. Cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Remote HP Dari PC dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar