Cara Cek Garansi Realme – Smartphone Realme menjadi idola baru di Indonesia. Banyak orang membeli ponsel asal Tiongkok tersebut dikarekan harganya terjangkau.

Meskipun murah, bukan berarti kualitas hp Realme murahan. Terbukti rata-rata smartphone yang Realme pasarkan memiliki kualitas di atas rata-rata. Tak kalah dari merk yang harganya jauh lebih mahal.

Sejatinya Realme merupakan merk baru yang pada awalnya bagian dari Oppo. Namun sekarang Realme sudah berdiri sendiri dan menjadi salah satu pesaing Oppo di segmen menengah ke bawah.

Awal mulanya Realme hanya memasarkan smartphone murah, namun sekarang Realme berani memasarkan smartphone yang memiliki harga jual lebih mahal, yakni Realme X50 Pro.

Tak tanggung-tanggung, Realme memasarkan X50 Pro dengan harga belasan juta rupiah. Ini menjadi bukti bahwa Realme berani bersaing melawan merk yang sudah lebih berpengalaman dalam memasarkan smartphone flagship, khususnya Samsung.

Yah, Samsung menjadi lawan yang harus dikalahkan Realme agar mereka makin disegani. Untuk mengalahkan Samsung tentu tidak mudah.

Realme harus mempertahankan kualitas produk dan mengimbanginya dengan layanan purna jual yang bagus. Untungnya Realme sudah memiliki hal tersebut.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Realme memberikan masa garansi selama 12 bulan untuk setiap smartphone yang mereka pasarkan secara resmi di Indonesia. Garansi tersebut juga meliputi biaya penggantian spare part dan biaya servis.

Saat ini service center Realme juga telah tersebar di seluruh Indonesia sehingga memudahkan pengguna Realme untuk melakukan perbaikan dan klaim garansi jika terjadi kerusakan pada smartphone yang dimiliki.

Cara Cek Garansi Realme

Syarat Garansi Realme

Berbicara soal klaim garansi, tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi. Yang utama adalah masa garansi masih berlaku. Sebab klaim garansi tidak bisa dilakukan jika telah melewati batas waktu masa garansi.

Sebagian besar pengguna Realme pasti mengetahui apakah smartphone milikinya masih garansi atau tidak. Sebab garansi hp Realme dihitung sejak smartphone pertama kali dibeli

Namun bagi yang ragu dengan masa garansi hp Realme yang dimiliki maka bisa mengeceknya secara langsung melalui situs cek garansi Realme online. Nah untuk mengetahui cara cek garansi Realme online silahkan simak di bawah ini.

1. Cek IMEI Terlebih Dahulu

Cek IMEI Oppo

Sebelum mencoba cara cek garansi Realme Online, anda harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI pada smartphone yang akan dicek masa garansinya. Sebab cara cek garansi Realme online wajib menggunakan nomor IMEI.

Anda bisa dengan mudah mengetahui IMEI hp Realme dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka menu dial up atau panggilan telelpon, kemudan ketikan *#06# pada keypad. Selanjutnya akan muncul informasi IMEI.
  2. Cara kedua adalah dengan memeriksa bagian bawah kotak kemasan produk atau dusbook.
  3. Selain itu, anda bisa mengecek IMEI Realme melalui menu pengaturan. Silahkan Buka [ Pengaturan] > [ Tentang ponsel ] > [Status] > [IMEI]

Silahkan catat nomor IMEI yang didapatkan agar bisa dicek secara online.

2. Buka Aplikasi Browser

Setelah mengetahui nomor IMEI pada handphone yang akan dicek garansinya, lalu tinggal membuka aplikasi browser yang tersedia di smartphone ataupun perangkat lainnya, seperti komputer dan laptop.

3. Buka Situs Cek Garansi Hp Realme

Selanjutnya anda tinggal membuka situs cek garansi Realme online. Dimana situsnya adalah www.realme.com/id/support/phonecheck. Situs tersebut merupakan situs resmi Realme Indonesia sehingga dijamin keakuratannya dalam menentukan masa garansi hp Realme.

4. Masukan Nomor IMEI

Cara Mengecek Garansi Hp Realme Secara Online

Kemudian anda tinggal memasukan 15 digit nomor IMEI pada kolom Masukan Nomor IMEI Ponsel Anda. Pastikan memasukan nomor IMEI dengan benar. Sebab jika salah maka proses pengecekan garansi akan gagal.

Sebagai contoh kami akan mengecek garani hp Realme dengan nomor IMEI 862302042305836.

5. Klik Cek Sekarang

Cek Garansi Hp Realme

Langkah selanjutnya tinggal klik tombol “Cek Sekarang” untuk memulai pengecek garansi Realme

6. Melewati Proses Validasi

Selanjutnya anda harus melewati proses validasi dengan menggeser gambar ke kolom yang disediakan.

7. Melihat Masa Garansi

Cara Cek Garansi Realme

Kemudian akan muncul informasi mengenai Nomor IMEI, Warna Handphone, dan Waktu Registrasi. Pada bagian waktu registrasi akan terlihat tanggal dimana smartphone pertama kali diaktifkan.

Jika tanggal yang ditampilkan sudah melebihi 12 bulan maka garansi sudah tidak berlaku. Namun apabila kurang dari 12 bulan maka garansi masih aktif.

Dengan mencoba cara cek garansi Realme online ini anda bisa mengetahui apakah garansi masih berlaku atau tidak. Meskipun begitu bukan berarti anda bisa langsung klaim garansi.

Syarat Klaim Garansi Hp Realme

Untuk klaim garansi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Dimana peryaratannya adalah sebagai berikut.

  1. Masa garansi masih berlaku
  2. Membawa bukti
  3. Kerusakan smartphone tidak boleh disebabkan oleh kesalahan pengguna semisalnya terjatuh, terbantur, tertekan, terkena cairan, dll
  4. Saat klaim garansi membawa bukti pembelian yang valid, faktur asli, dan stiker nomor IMEI pada kartu garansi tidak boleh robek. Namun jika tidak ada kartu garansi dan bukti pembelian tetap bisa klaim garansi asalkan bisa membuktikan bahwa ponsel masih dalam masa garansi.
  5. Kerusakan smartphone tidak boleh dikarenakan oleh pembongkaran atau perbaikan di luar service center resmi Realme.
  6. Smartphone tidak boleh diroot
  7. Garansi tidak berlaku jika kerusakan smartphone disebabkan oleh penggunaan aksesoris tidak resmi atau non-realme yang menyebabkan overheating ataupun masalah lainnya.

Nah itulah beberapa syarat agar bisa klaim garansi di service center resmi Realme di seluruh Indonesia. Saat ini sudah ada puluhan service center yang bisa anda kunjungi untuk klaim garansi smartphone yang rusak.

Untuk mengetahui alamat service center terdekat, silahkan melihatnya pada halama berikut www.realme.com/id/support/services. Jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan di atas agar klaim garansi berjalan lancar.

Jika masa garansi habis anda tetap bisa melakukan perbaikan di service center resmi. Hanya saja biaya perbaikan dan penggantian spare-part sepenuhnya ditanggung pemilik smartphone.

FAQ

Nah apabila masih ada pertanyaan seputar cara cek garansi Realme online silahkan simak halaman FAQ berikut ini.

Apakah Bisa Mengecek Garansi Realme Online?

Sangat bisa, karena Realme sudah menyediakan situs khusus untuk pengecekan garansi secara online

Bagaimana Cara Mengecek Garansi Realme Online?

Caranya adalah dengan memasukan IMEI hp Realme pada situs cek status garansi yang disediakan oleh Realme

Berapa Lama Masa Garansi Hp Realme?

Realme memberikan masa garansi selama 12 bulan

Apabila Bisa Klaim Garansi Setelah Garansi Habis?

Tidak bisa. Sebab syarat utama klaim garansi adalah masa garansi masih berlaku. Jika ingin melakukan perbaikan anda harus mengeluarkan biaya untuk penggantian sparepart dan biaya service.

Dimana Tempat Klam Garansi Realme?

Anda bisa mendatangi service center Realme terdekat

Apakah Bisa Klaim Garansi Layar Pecah/ Retak?

Tidak bisa, karena kerusakan tersebut disebabkan oleh faktor kesalahan pengguna (human error)

Apakah Bisa Klaim Garansi Tanpa Nota?

Bisa selama anda bisa membuktikan bahwa smartphone yang dimiliki masih dalam status garansi.

Nah cuku sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi cara cek garansi Realme online di atas bermanfaat. Simak pula informasi sebelumnya mengenai cara cek garansi hp Oppo dan beragam artikel menarik lainnya.