15 Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI Terbaru Yang Benar

BPJS merupakan program kesehatan yang di gagas pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat. BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) iuaran di sahkan dengan kata lain setiap pengguna layanan BPJS dengan kondisi tertentu wajib ikut iuran, untuk cara bayar BPJS sendiri mudah salah satunya lewat ATM BRI.

Ada tiga kelas BPJS yang masing-masing memiliki Iuran yang berbeda-beda. Kelas-kelas dari BPJS kesehatan sendiri memiliki Proxy pembayaran iuran yang berbeda-beda dengan skema

  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 : Rp 150.000
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2 : Rp 100.000
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3 : Rp 42.000 (hanya wajib membayar Rp 25.500)

Membayar Iuran BPJS Kesehatan merupakan sebuah kewajiban yang harus kamu bayarkan jika memang mengikuti program dari pemerintah yang satu ini. Selanjutnya untuk keterlambatan Iuran setiap bulannya adalah tanggal 10.

Jika kamu terlambat melakukan pembayaran Iuran BPJS atau lewat dari tanggal 10 maka akan mendapatkan sanksi atau denda sebesar 2% dari total Iuran BPJS Kesehatan. Selain itu kartu BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan sehingga tidak bisa digunakan.

Dengan mekaniseme denda jika telat melakukan pembayaran maka di anjurkan untuk selalu melakukan pembayaran tepat waktu. Untuk pembayaran BPJS Kesehatan sendiri bisa di lakukan di berbagai tempat dan cara mulai dari Online sampai offline ke panter pembayaran BPJS seperti Alfamart dan Indomaret.

Salah satu metode pembayaran Iuran BPJS kesehatan yang cukup banyak di gunakan adalah melakukan pembayaran di mesin ATM. Buat kamu yang memiliki ATM BRI yuk simak ulasan Projektino.com kali ini menggenai cara bayar BPJS lewat ATM BRI yang mudah dan aman.

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI TerbaruBayar Iuran atau tagihan BPJS menggunakan bank BRI di jamin sangat mudah deh dimana kamu hanya perlu datang ke ATM BRI dengan membawa kartu ATM BRI saja. Proses pembayaran yang singkat di mesin ATM juga membuat kamu wajib menggunakan cara ini jika menjadi pengguna Bank BRI.

Saat mendatangi mesin ATM BRI pastikan selain membawa kartu ATM kamu juga wajib untuk membawa atau hafal no BPJS Kesehatan kamu. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini menggenai mekanisme dan proses bayar yang benar untuk Iuran BPJS Kesehatan Terbaru.

  1. Masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM.
  2. Pilih bahasa Indonesia supaya mudah di pahami selanjutnya masukkan PIN BRI.
  3. Pada menu utama pilih Transaksi Tunai.
  4. Selanjutnya silahkan pilih Pembayaran.
  5. Lalu pilih Lainnya Cari BPJS Kesehatan.
  6. Jika belum ada, maka pilih lagi Lainnya intinya sampai kamu menemukan menu BPJS.
  7. Pilih menu BPJS.
  8. Selanjutnya Pilih BPJS Kesehatan.
  9. Setelah itu Masukkan nomor virtual account atau no BPJS kamu pada kolom yang tersedia.
  10. Sebagai Contoh kode Bank BRI yaitu 8888 sehingga menjadi 8888(NOBPJS).
  11. Kemudian kamu masukkan nomor tersebut ke dalam inputan mesin ATM.
  12.  Cek nama dan data yang muncul pastikan sudah benar.
  13. Masukkan jumlah nominal Tagihan yang harus kamu bayar sesuai kelas.
  14. Tap Bayar.
  15. Maka Transaksi sudah selesai simpan bukti pembayaran berupa struk ATM sebagai bukti pembayaran.

Mudah banget deh buat bayar tagihan BPJS lewat ATM BRI sesuai dengan Tutorial diatas. Pastikan kamu pahami dulu prosenya sebelum mendatangi ATM BRI. Jangan sampai proses yang mudah menjadi lama karena kamu belum paham beberapa mekanisme yang ada di saat melakukan input.

Pastikan bayar sesuai dengan jumlah tagihan bulanan kamu sesuai dengan yang harus di bayarkan setiap bulannya. Untuk cek tagihan BPJS Bulanan kamu bisa cek tagihan mengunakan aplikasi Tokopedia. Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan di aplikasi tokopedia sendiri Gratis adapun caranya.

 

  1. Buka aplikasi Tokopedia.
  2. Pada menu utama pilih menu Top UP dan Tagihan.
  3. Di menu bayar silahkan pilih  BPJS.
  4. Lalu akan muncul beberapa kolom yang wajib di isi.
  5. Untuk jenis BPJS pilih BPJS kesehatan.
  6. Pilih Bayar Bulan ini.
  7. Masukan no Va BPJS Kamu dengan benar.
  8. Jika sudah Tap Cek tagihan.
  9. Maka otomatis nominal Tagihan akan muncul pada menu aplikasi.
  10. No tagihan ini yang nanitnya bisa kamu masukan pada saat bayar di ATM BRI.

Dari pada bingung bayar berapa tagihan kamu yang belum termasuk denda keterlambatan dan lainnya jika ada mending cek dulu di aplikasi Tokopedia berapa besaran tagihan kamu. Besaran tagihan iuran ini lah yang kamu gunakan untuk di masukan pada Nominal Tagihan di mesin ATM BRI.

KESIMPULAN

Bayar Iuran BPJS itu mudah sekali deh dimana kamu bisa melakukan berbagai jenis pembayaran BPJS baik Online maupun Offline di berbagai tempat. Jika cara bayar BPJS Lewat ATM BRI dirasa sulit kamu pengguna bank BRI bisa melakukan pembayaran menggunakan Aplikasi Mobile Banking BRI, dimana cara ini di sinyalir menurut Projektino lebih mudah.

Pentingnya bayar Iuran BPJS bagi para perserta BPJS tentunya sudah kamu ketahui, baghkan dengan nominal denda yang ada kamu rasanya memang harus wajib bayar tepat waktu. Banyak banget deh manfaat BPJS Kesehatan hampir sama dengan Cara Menyadap WA Pasangan Di HP Kita mungkin akan berguna untuk kamu.

Rafina Alfian

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar