12 Cara Backup Kontak ke Gmail Android Terbaru

Sebagai pengguna ponsel android, tentu saja kita wajib mengetahui banyak hal termasuk urusan backup. Salah satunya untuk cara backup kontak ke gmail yang sebenarnya sangat di anjurkan bagi pengguna smartphone.

Yang namanya barang elektronik pasti akan ada resiko rusak kapanpun. Saat hal tersebut terjadi harusnya pengguna sudah bersiap dengan beberapa hal termasuk sudah melakukan backup.

Paling sering kita jumpai adalah kehilangan kontak karena hp atau smartphone mendadak rusak atau mati. Sangat celaka tentunya bila hal tersebut terjadi namun pengguna belum melakukan backup dan sejenisnya.

Terlebih jika di dalam kontak banyak no penting, mulai dari rekan kerja, keluarga dan lainnya. Untuk menghindari hal tersebut di kemudian hari maka kamu wajib tahu menggenai langkah-langkah melakukan backup data.

Untuk melakukan backup Kontak gmail android sangatlah mudah, bahkan lebih mudah dari CARA MASUK RECOVERY MODE SAMSUNG. Untuk bisa melakukan backup kontak di hp android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lainnya sendiri sangatlah mudah.

Cara Backup Kontak ke Gmail

Untuk HP Android sendiri saat akan melakukan backup kontak cukuplah mudah dan hampir sama. Asalkan ponsel sudah di sinkronisasikan maka untuk melakukan backup sebenarnya bisa di lakukan dengan sangat mudah.

Selain menggunakan Gmail atau Google kamu pengguna android juga bisa melakukan backup kontak dengan beberapa metode lainnya. Untuk detailnya kali ini Projektino.com bakalan sampaikan beberapa cara mudah yang wajib di praktekan.

Backup Kontak ke Gmail (Akun Google)

Ada beberapa langkah-langkah yang sama saat akan melakukan backup menggunakan akun Google. Hampir berbagai tipe dan merek HP memiliki cara yang sama untuk bisa backup kontak mereka.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di HP Android.
  2. Scrool kebawah pilih menu Akun.
  3. Lanjutkan cari akun Gmail atau Google.
  4. Masuk ke menu Sinkronisasi akun Google.
  5. Selanjutnya pastikan Kontak dicentang.
  6. Jika sudah, buka aplikasi Kontak.
  7. Ketuk tombol menu 3 baris.
  8. Lanjutkan dengan pilih Pengaturan.
  9. Silahkan pilih Pengaturan sinkronisasi kontak.
  10. Jangan lupa sinkronkan kontak perangkat.
  11. Pilih Kelola Pengaturan.
  12. Aktifkan Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.

Setelah pengguna mengaktifkan menu sinkronisasi ini maka dengan otomatis kontak sudah di backup dengab benar. Nantinya setiap kali pengguna memasukan kontak baru dan menyimpannya maka dengan otomatis akan terbackup sendiri.

Nantinya saat akan menggunakan backup, pengguna hanya perlu login menggunakan akun gmail yang ada di perangkat tersebut. Dengan otomatis nantinya HP akan melakukan sinkronisasi dan memunculkan kontak di menu, asalkan menu sinkronisasi sudah di aktifkan.

Backup Kontak ke Kartu SD

Sebagai opsi lanjutan, pengguna HP Android juga bisaa backup kontak ke kartu SD. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah. Bahkan tipe hp apapun juga menggunakan cara yang sama.

  1. Buka aplikasi/menu Kontak di HP.
  2. Tekan tombol menu 3 baris
  3. Selanjutnya masuk ke Pengaturan.
  4. Lanjtukan pilih menu Ekspor.
  5. Selanjutnya silahkan pilih kontak mana yang akan di backup.
  6. Lanjutkan pilih lokasi penyimpanan di KartuSD.
  7. Selesai, kontak berhasil di simpan pada kartu SD.
Setelah semua langkah diatas selesai, maka kamu sudah berhasil backup kontak ke microSD. Nantinya saat akan memulihkan backup, tinggal buka backup yang ada di folder kartu SD.
Salah satu hal yang mungkin perlu sangat di perhatikan adalah lokasi penyimpanan dari no kontak tersebut. Silahkan pilih lokasi yang mudah di akses untuk mempermudah pengguna dalam melakukan backup kembali suatu saat.

KESIMPULAN

Jadi itu dia beberapa langkah mudah yang perlu kamu ketahui saat akan melakukan backup kontak di hp android. Selain dua cara diatas sebenarnya ada beberapa cara lain seperti menggunakan kartu SIM.
Namun backup menggunakan kartu SIM diarasa kurang efektif, hal ini di karenakan saat SIM ganti maka akan hilang. Selain juga bakcup di kartu SIM sangat rawan karena kemampuan SIM menyimpan kontak memang sangat terbatas.
Demikian Tutorial kali ini, semoga bisa di aplikasikan dengan baik di HP Android kamu. Simak juga informasi menarik lainnya seperti “Harga iPhone 13 di Indonesia” yang juga lengkap dengan ulasan menggenai Spesifikasinya.

Tinggalkan komentar