7 Cara Agar Telegram Tidak Lemot di HP Android

Jika kamu sedang mengalami beberapa kendala saat menggunakan Telegram seperti lemot saat digunakan kamu sebenarnya ga perlu bingung. Ada beberapa faktor yang akan membuat Telegram menjadi lemot saat digunakan baik di perangkat Mobile maupun PC.

Salah satu hal yang paling mencolok saat Telegram menjadi lambat adalah masuknya pesan yang menjadi delay. Pesan yang masuk menjadi delay di telegram sendiri tentunya akan sangat mengganu terlebih jika pesan tersebut merupakan pesan penting di Channel Telegram.

Ada beberapa penyebab yang membuat Telegram menjadi lemot, namun sebelumnya kamu perlu tau kalau telegram lemot bukan hanya karena Telegramnya itu sendiri. Ada beberapa faktor lainnya seperti Jaringan dan device yang digunakan memang tidak optimal.

Jangan lupakan juga pengaruh koneksi internet yang perlu kamu perhatikan jika merasa telegram yang digunakan lemot. Koneksi internet yang buruk memang bakalan menjadi penyebab utama tele menjadi lambat, oleh sebab itu pastikan koneksi kamu mendukung.

Buat kamu yang Donwload Telegram di Laptop juga mungkin akan menjumpai telegram menjadi cukup lemot dengan beberapa hal di dalamnya. Untuk kondisi di perangkat seperti Laptop atau PC juga sebenarnya sama ada beberapa hal yang memperngaruhi tele menjadi lemot saat digunakan.

Tutorial Cara Agar Telegram Tidak Lemot

Cara Agar Telegram Tidak Lemot di HP AndroidKamu pengguna aplikasi telegram juga wajib tau menggenai spesifikasi device yang kamu gunakan. Untuk beberapa smartphone dengan RAM 2GB kebawah sudah jelas untuk menjalankan aplikasi Telegram akan sedikit keteteran, terlebih jika pengguna bargabung dengan banyak Channel.

Saat kamu sedang mencari Cara Agar Telegram Tidak Lemot seharusnya kamu ga perlu cemas karena ada beberapa kiat agar Telegram bisa digunakan dengan normal. Mulai dari aplikasi telegram sampai Device yang digunakan juga perlu di optimalkan, untuk lengkapnya simak ulasan ulasan Projektino.com berikut ini.Cara Agar Telegram Tidak Lemot

1. Internet Tidak Stabil

Salah satu hal yang menyebabkan telegram menjadi lemot di hp maupun di pc sudah pasti ada pada koneksi internetnya. Maka dari itu saat kamu menjumpai koneksi internet Telegram menjadi lemot atau lambat maka kamu wajib cek koneksi internet kamu.

Baik saat menggunakan data seluler maupun wifi, pastikan internet kamu dalam kondisi yang cukup bagus dan stabil. Untuk sebuah aplikasi chatting online sudah pasti Internet menjadi salah satu bagian yang paling penting.

2. Spesifikasi Device

Pastikan lagi spesifikasi ponsel kamu cukup mempuni untuk menjalankan aplikasi Telegram. Ada beberapa hal yang membuat kamu wajib tau seperti RAM yang cukup longgar unuk menjalankan aplikasi Telegram.

Jika pengguna menggunakan telegram dengan channel yang banyak sudah pasti aplikasi akan banyak memakan RAM. Hal ini akan cukup menjadi masalah apabila ponsel kamu tidak dibekali dengan RAM yang besar, oleh sebab itu pastikan lagi spek RAM kamu cukup.

3. Terlalu Banyak Bergabung Ke Channel

Alasan lainnya adalah kamu terlalu banyak bergabung ke channel telegram yang membuat aplikasi menjadi lemot. Hal ini akan semakin parah jika di dalam channel tersebut berisi berbagai file atau video dengan ukuran yang besar.

Buat kamu yang merasa kan tersebut maka alangkah baiknya mulai selektif dalam memilih channel yang kamu ikuti. Hal ini sebenarnya ga akan menjadi masalah apabila kamu memiliki device dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

4. Terlalu Banyak Cache Telegram

Cara Agar Telegram Tidak Lemot yang selanjutnya adalah karena cache yang menumpuk pada aplikasi Telegram. Saat kamu mulai mengalami aplikasi lemot maka coba periksa bagian cache di aplikasi Telegram yang kamu miliki.

Kamu bisa memeriksanya dengan melakukan pengecek Setting>Aplikasi>Cache lalu clear semua cache yang ada di aplikasi Telegram. Selain menghapus cache langsung di aplikasi Telegram kamu juga bisa memanfaatkan fitur untuk menghilangkan cache dengan aplikasi tambahan.

5. Update Aplikasi

Langkah selanjutnya kamu bisa melakukan pengecekan apakah kamu sudah menggunakan aplikasi versi terbaru. Jadi silahkan periksa apakah aplikasi yang digunakan merupkan sudah Versi paling baru atau belum dengan.

Bisanya aplikasi yang belum di update menjadi salah satu hal yang membuat aplikasi versi lama menjadi lemot. Silahkan periksa di Playstore lalu cari aplikasi telegram jika ada opsi UPDATE maka silahkan lakukan update untuk mengatasi aplikasi menjadi lemot.

6. Penyimpanan Penuh

Penyimpanan ponsel yang penuh juga bakalan membuat aplikasi tidak berjalan maksimal. Hal ini akan menjadi sangat terasa jika kamu menggunakan aplikasi online saat memori internal penuh.

Untuk mengatasinya kamu bisa menyiapkan MicorSD sebagai memori tambahan. Pastikan pindah beberapa file yang ada di penyimpanan internal ke microSD supaya memori internal lebih lega sehingga aplikasi yang tersimpan di memori internal akan lancar.

7. Instal Ulang Telegram

Cara Agar Telegram Tidak Lemot yang terahir jika semua cara diatas sudah di coba adalah dengan melakukan instal ulang. Silahkan hapus dahulu aplikasi Telegram yang sedang kamu gunakan sekarang, selanjutnya silahkan instal dan login lagi seperti biasanya.

Hal ini bisanya cukup efektif untuk mengatasi beberapa bug pada aplikasi dan juga ponsel saat menjalankan aplikasi Telegram. Jangan lupa juga kamu instal aplikasi yang versi terbaru, untuk lebih aman silahkan unduh saja di playstore.

Kesimpulan

Setidanya 7 cara diatas di jamin bakalan mengoptimalkan perfoma aplikasi telegram saat pengguna merasakan cukup lemot. Jangan lupa juga aplikasi yang digunakan bakalan semakin optimal jika ponsel atau DEVICE yang digunakan memiliki spek yang mempuni.

Jadi saat beberapa aplikasi memang sudah cukup lemot dan cara-cara lain sudah tidak bisa membuat aplikasi semakin optimal maka Projektino berkesimuplan sudah saatnya kamu updrade device kamu. Demikian ulasan singkat kali ini semoga bisa bermanfaat dan di aplikasikan dengan baik, ketahui juga Cara Mematikan HP Realme Yang Hang pada informasi sebelumnya.

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar