Batas FUP Indihome 2021 : 10mbps, 20mbps, 30mbps, 40mbps & 50mbps

Banyak pengguna Indihome yang mengeluh koneksi internet tiba-tiba lemot. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah tersebut. Namun yang paling sering terjadi adalah karena melewati batas pemakaian wajar atau FUP Indihome.

Indihome menggunakan sistem FUP (Fair Usage Privacy) untuk membatasi pemakaian internet penggunanya. Jika pengguna sudah mencapai batas pemakaian tertentu maka kecepatan internet akan diturunkan. Inilah yang menjadi penyebab internet Indihome tiba-tiba lemot.

[toc]

Meskipun menerapkan sistem FUP, namun koneksi Indihome tetap unlimited. Pengguna bisa bebas download, browsing, streaming, ataupun bermain game online tanpa perlu khawatir internet mati. Hanya saja koneksi akan menjadi lambat apabila FUP tercapai.

Besaran FUP Indihome tergantung dari paket internet yang digunakan. Indihome sendiri menyediakan beragam pilihan kecepatan, mulai dari 10 mbps sampai 100 mbps. Batas FUP yang diberikan juga tergolong besar dan menurut kami sudah lebih dari cukup untuk pemakaian normal.

Kami yakin banyak pengguna Indihome yang belum mengetahui batas FUP dari paket internet yang digunakan. Oleh sebab itu kami akan memberikan informasinya pada artikel projektino.com berikut ini.

Daftar Batas FUP Indihome 2021

Batas FUP Indihome 2021

Batas FUP Indihome

Pelanggan Indihome akan mendapat batas pemakaian wajar, sesuai paket internet yang digunakan. Setiap paket internet Indihome memiliki batas FUP berbeda-beda. Bagi yang ingin mengetahui berapa batas FUP paket internet yang digunakan silahkan simak di bawah ini.

1. FUP Indihome 10mbps

BATAS FUP PEMAKAIAN DATA KECEPATAN 
FUP 1 >300 GB 7.5 mbps
FUP 2 >400 GB 4 mbps

Paket Internet Indihome 10 mbps merupakan paket internet termurah yang ditawarkan Indihome. Bagi yang memilih paket ini maka akan mendapatkan batas FUP pertama sebesar 300GB. Apabila pemakaian internet sudah melebihi 300GB maka kecepatan berkurang menjadi 7.5 mbps.

Kemudian apabila melebihi 400GB maka kecepatan internet kembali diturunkan menjadi 4 mbps. Penurunan kecepatan dari 10 mbps menjadi 4 mbps tentu sangat terasa, terutama saat dipakai streaming video dan download game. Oleh karena itulah kami sarankan untuk upgrade ke 20 mbps yang memiliki batas FUP lebih besar.

2. FUP Indihome 20mbps

FUP PEMAKAIAN DATA KECEPATAN 
FUP 1 >500 GB 15 mbps
FUP 2 >800 GB 8 mbps

Bagi yang upgrade dari 10 mbps ke 20 mbps atau yang selama ini memakai paket internet Indihome 20 mbps maka akan mendapatkan batas FUP Indihome sebesar 500 GB. Kecepatan internet akan menurun menjadi 15 mbps apabila pemakaian data internet sudah melebihi 500GB.

Kami sendiri memakai paket internet 20mbps dan selama ini sangat jarang mencapai batas FUP. Namun bagi yang sering download file-file besar maka sia-siap mendapatkan FUP Kedua jika pemakaian data melebihi 800 GB. Apbila hal tersebut terjadi maka kecepatan internet diturunkan menjadi 8 mbps.

3. FUP Indihome 30mbps

BATAS FUP PEMAKAIAN DATA KECEPATAN 
FUP 1 >700 GB 22.5 mbps
FUP 2 >1.200 GB 12 mbps

Apabila ingin batas FUP Indihome yang lebih besar maka bisa berlangganan paket internet 30 mbps. Untuk paket internet ini memiliki batas pemakaian wajar (FUP) sebesar 700 GB. Jika sudah melebihi FUP tersebut maka kecepatan internet diturunkan menjadi 22.5 mbps.

Kemudian untuk batas FUP yang kedua adalah ketika pemakaian internet mencapai 1.200 GB. Jika mencapai batas tersebut maka anda harus rela kecepatan internet menurun mejadi 12 mbps. Meskipun penurunannya cukup lumayan, namun tetap bisa diandalkan untuk steraming dan bermain game online.

4. FUP Indihome 40mbps

BATAS FUP PEMAKAIAN DATA KECEPATAN 
FUP 1 >900 GB 30 mbps
FUP 2 >1.600 GB 16 mbps

Selanjutnya untuk FUP Indihome 40 mbps adalah sebesar 900 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 30 mbps. Lalu batas FUP yang kedua adlah 1.600 GB dengan penurunan kecepatan menjadi 16 mbps. Kami rasa pengguna Indihome 40 mbps akan sulitas mencapai batas FUP tersebut, jadi tak perlu khawatir internet menjadi lemot.

Setiap pengguna Indihome memiliki kebiasaan sendiri-sendiri dalam mengakses internet. Bisa saja kuota 900GB tidak mencukupi dalam waktu satu bulan. Jika hal tersebut terjadi maka mau tidak mau kecepatan internet akan diturunkan. Namun asalkan tidak mencapai 1.600 GB kami rasa masih sangat aman.

5. FUP Indihome 50mbps

BATAS FUP PEMAKAIAN DATA KECEPATAN 
FUP 1 >1.200 GB 37.5 mbps
FUP 2 >2.000 GB 20 mbps

Bagi yang hobi download, streaming, dan bermain game online pasti membutuhkan koneksi internet yang cepat. Nah paket internet yang tepat adalah 50 mbps. Apabila memilih paket tersebut maka akan mendapatkan batas pemakaian wajar sebesar 1.200GB dengan penurunan kecepatan menjadi 37.5 mbps.

Kemudian jika pemakaian internet mencapai 2.000GB maka kecepatan internet diturunkan menjadi 20 mbps. Kecepatan internet 20 mbps masih tergolong cepat untuk steraming, download, dan browsing. Lalu bagaimana jika berlangganan paket intenet 100 mbps?

6. FUP Indihome 100mbps

BATAS FUP PEMAKAIAN DATA KECEPATAN
FUP 1 >2.000 GB 50 mbps

Bagi yang berencana pasang WiFi di rumah dengan kecepatan 100 mbps maka akan mendapatkan kuota sebesar 2.000GB. FUP paket internet Indihome 1000 mbps menjadi yang paling besar. Namun perlu diingat, harga paket internet ini merupakan yang termahal dibanding paket internet lainnya. Sebab biaya berlangganan paket tersebut mencapai Rp. 920.000/bulan (Internet Only).

Bagi yang bekerja dengan mengandalkan internet, tentu membutuhkan akses internet yang kencang dan stabil. Jadi tidak ada salahnya mengeluarkan biaya 900 Ribuan per bulan untuk berlangganan paket internet Indihome 100 mbps. Namun apabila cuma pemakaian standar, maka lebih baik memilih paket 10 mbps, 20 mbps, 30 mbps, 40 mbps, atau 50 mbps saja.

Cara Cek Pemakaian Kuota

Cara Cek Kuota Indihome

Sebenarnya peraturan FUP cukup mengecewakan. Sebab sebelumnya pengguna Indihome bisa bebas mengakses internet tanpa perlu terkena FUP. Namun Indihome sudah mengambil keputusan tersebut, sehingga mau tidak mau pelanggan harus menerimanya.

Agar tidak mencapai FUP, pelanggan harus mengatur pemakaian internet setiap bulannya. Pelanggan Indihome juga bisa mengecek sisa kuota melalui situs yang disediakan secara khusus oleh Indihome. Nah, untuk mengetahui cara cek sisa kuota Indihome silahkan simak di bawah ini.

  1. Buka situs cek kuota Indihome subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota
  2. Kemudian masukan Nomor Internet kalian.
  3. Berikutnya klik Submit
  4. Setelah itu akan muncul sisa kota pemakaian internet Indihome.

Kesimpulan

Indihome sengaja pemberikan batasan FUP untuk mengatur pemakaian internet para pelangganannya. Sebenarnya hal ini cukup mengecewakan, karena perusahaan lain seperti Biznet, MyRepublic, dll tidak mengenakan FUP pada pelangganannya.

Bagi yang tinggal di kota mungkin akan memilih layanan internet lainnya yang lebih murah, lebih cepat, dan tanpa FUP. Namun bagi yang tinggal di daerah dan hanya tercover jaringan Indihome maka mau tidak mau harus berlangganan paket internet milik BUMN tersebut.

Meksipun memiliki banyak kekurangan, namun Indihome menjadi perusahaan layanan internet terbesar di Indonesia. Kesuksesan ini tak lepas dari jangkauan yang luas dan proses pemasangan yang mudah. Terlebih saat ini sudah ada pendaftaran Indihome online yang memudahkan semua orang untuk berlangganan.

Sebelum berlangganan Indihome kami sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui batas FUP Indihome sehingga bisa memilih paket internet yang tepat. Nah cukup sekian informasi projektino.com pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Tarik Tunai Dana Di Alfamart” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Avatar

Penggila gadget yang hobi ngeblog dan oprak-oprek Android.

Tinggalkan komentar