8 Kelebihan dan Kekurangan Realme C30 : Harga & Spesifikasi

Realme memiliki banyak sekali tipe hp murah. Salah satu yang terbaru adalah Realme C30. Ponsel ini dibanderol cuma 1 Jutaan dengan menawarkan spesifikasi bertenaga Octa Core yang dibarengi baterai besar dan kamera berteknologi AI. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui spesifikasinya, silahkan simak review projektino.com mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C30 berikut ini.

Sebenarnya dari segi spesifikasinya cukup standar, namun sebanding dengan harganya. Realme C30 dipasarkan untuk mengisi segmen entry-level, melawan smartphone murah dari Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, dan berbagai rival lainnya yang bersaing di rentang harga 1 Jutaan.

Meskipun murah, namun bukan berarti Realme C30 murahan. Ponsel ini menawarkan desain stylish dengan bodi ultra tipis. Ketebalannya cuma 8.5 mm dengan desain vertical stripe yang dibalut warna Lake Blue, Demin Black, dan Bamboo Green. Ada tiga pilihan warna yang tersedia. Anda tinggal memilihnya sesuai selera.

Desain yang stylish menjadi salah satu kelebihan utama Realme C30. Di sisi lain, smartphone ini juga memiliki kelebihan dari segi performa yang mampu menghasilkan skor AnTuTu hingga 210 Ribuan. Lalu bagaimana dengan kekurangannya?

Kelebihan dan Kekurangan Realme C30

1. Layar Besar

Sebagai hp sejutaan, Realme C30 menawarkan layar berukuran cukup besar. Layarnya seluas 6.5 inci dengan panel IPS yang menampilkan gambar beresolusi 720 x 1600 pixels. Resolusinya memang standar dan menggunakan panel biasa-biasa saja. Namun kekurangan tersebut sangat bisa dimaklumi, mengingat harganya cuma sejutaan.

2. Desain Ultra Tipis

Balutan desain elegan dengan garis vertikal di bodi belakang menjadi salah satu kelebihan Realme C30. Bodinya juga sangat tipis, yakni 8.5 mm. Sedangkan dimensi panjangnya berukuran 164.1 mm, lebar 75.6 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Lalu bobotnya seberat 182 gram yang membuatnya nyaman dioperasikan.

3. Ditenagai Prosesor Unisoc

Bukan Mediatek ataupun Qualcomm yang digunakan sebagai dapur pacu Realme C30, melainkan prosesor Unisoc Tiger T612 dengan kecepatan Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan dibarengi GPU Mali-G57. Performanya terbilang lumayan dan bisa bersaing melawan chipset sekelasnya.

Terbukti dengan skor AnTuTu yang mencapai 210 Ribuan poin sehingga membuat performa Realme C30 bisa diandalkan untuk multitasking berbagai macam aplikasi dan menjalankan game-game ringan. Selain itu, tersedia pula Ram berkapasitas 2GB dan memori internal 32GB.

4. Mengadopsi Realme UI Go

Yah, kapasitas RAM yang tersedia memang sangat kecil. Namun kami jamin performanya cukup lancar. Sebab ponsel ini menggunakan sistem operasi Realme UI Go berbasis Android 11 yang dioptimalkan untuk smartphone dengan Ram kecil.

Realme C30 juga memiliki slot MicroSD yang dibuat terpisah dari kartu SIM. Itu artinya anda bisa menggunakan dua nomor + MicroSD secara bersamaan. Namun koneksi internetnya cuma mentuk 4G dan sudah ada fitur Wi-Fi, Bluetooth V5.0, GPS (GPS / GLONASS / GALILEO).

4. Masih Pakai MicroUSB

Ada satu kekurangan pada sektor konektivitas yang cukup mengecewakan, yakni masih menggunakan port MicroUSB 2.0. Seharusnya ponsel ini menggunakan USB Type-C yang menjadi standar wajib smartphone masa kini.

5. Tidak Ada Fingerprint

Kekurangan lainnya adalah tidak memiliki Fingerprint Sensor. Padahal fitur tersebut sangat penting karena bisa menjaga keamanan smartphone secara maksimal.

6. Baterai 5.000 mAh

Untuk menutupi kekurangan di atas, Realme memberikan baterai dengan kapasitas sangat besar, yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar maka daya tahan baterainya menjadi sangat awet. Alhasil anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat bermain game, menonton film, ataupun aktivitas lainnya.

7. Resolusi Kamera Rendah

Sayang tidak ada fitur Fast Charging yang bisa membantu meningkatkan kecepatan pengisian baterai. Kemudian untuk sektor fotografi hanya tersedia satu kamera belakang. Resolusinya sangat kecil, yakni 8 Megapixel. Kamera tersebut sudah dilengkapi teknologi AI dan HDR Mode untuk meningkatkan kualitas foto dan video.

Dari segi kualitas sudah pasti sangat standar, sesuai dengan resolusinya. Lalu untuk bagian depan terpasang lensa beresolusi 5 Megapixel. Kamera depannya cuma bisa merekam video HD. Sedangkan untuk kamera belakang bisa merekam video Full HD 1080p@30fps.

8. Harga Realme C30

Dengan semua kelebihan dan kekurangan Realme C30 di atas, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp. 1.499.000. Harganya murah meriah sehingga bisa menjadi alternatif bagi yang mencari hp Android sejutaan. Namun perlu diingat, smartphone ini memiliki beberapa kekurangan yang mungkin akan terasa kurang memuaskan bagi sebagian orang.

Realme C30 lebih cocok bagi yang mencari smartphone untuk mobilitas standar. Bagi yang mencari hp Android untuk bermain game, kami sarankan membeli Realme GT Neo 3T yang memiliki spesifikasi jauh lebih powerfull. Hanya saja harganya jauh lebih mahal dibanding harga Realme C30 yang cuma sejutaan.

Kesimpulan

Realme C30 memang memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. Yang pasti smartphone ini hanya cocok untuk penggunaan standar. Jika ingin bermain game berat kami sarankan memilih tipe lainnya. Begitu pula dengan hal fotografi yang hanya dibekali satu kamera depan belakang yang notabennya memiliki resolusi minim.

Dibalik semua kekurangan Realme C30, smartphone ini menawarkan kelebihan pada segi daya baterai. Sebab ada baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sayangnya belum dioptimalkan oleh fitur Fast Charging dan port USB Type-C.

Silahkan anda putuskan sendiri apakah smartphone ini layak dibeli atau tidak. Cukup sekian ulasan kelebihan dan kekurangan Realme C30. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi sebelum membeli ponsel Android sejutaan dari Realme. Simak pula artikel lainnya mengenai Cara Mendownload Aplikasi di Laptop Via Playstore dan beragam artikel seputar dunia gadget dan teknologi di Indonesia. 

Tinggalkan komentar