7 Cara Agar Penyimpanan iPhone Tidak Penuh

Banyak pengguna iPhone mengalami masalah memori penyimpanan penuh. Hal tersebut terjadi karena memori internal habis digunakan untuk menyimpan foto, video, aplikasi maupun game. Bagi yang mengalaminya tidak perlu khawatir. Silahkan simak tips cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh pada artikel projektino.com berikut ini.

Apple memasarkan iPhone dengan kapasitas memori berbeda-beda, ada yang 16GB, 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, 512GB, hingga 1TB. Namun sayang semua tipe iPhone tidak dilengkapi slot memori eksternal. Alhasil semua file harus tersimpan ke dalam memori internal yang otomatis membuat memori penyimpanan cepat penuh.

Bagi yang memiliki iPhone dengan kapasitas memori besar mungkin tidak terlalu mempermasalahkannya. Namun lain cerita bagi yang memiliki iPhone dengan kapasitas di bawah 64GB, kami yakin 100% akan kehabisan memori internal jika tidak pintar memanajemen memori penyimpanan. Terlebih bagi yang hobi menginstal game ataupun merekam video.

Sebenarnya Apple memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan ini, yakni menggunakan penyimpanan Cloud. Pengguna iPhone bisa memanfaatkan layanan iCloud yang tersedia secara gratis untuk menyimpan foto maupun video berukuran besar.

Penyimpanan iCloud mengharuskan pengguna iPhone untuk mengupload file secara online. Apple menyediakannya secara gratis, namun kapasitas-nya terbatas cuma 5GB. Jika ingin lebih maka harus berlangganan iCloud+ dengan harga tidak murah. Lalu bagaimana solusi lainnya? Apakah ada yang gratis? 

Tips Cara Agar Penyimpanan iPhone Tidak Penuh

1. Lihat Terlebih Dahulu Sisa Memori

Langkah pertama silahkan terlebih dahulu melihat sisa memori penyimpanan yang dimiliki iPhone. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings, kemudian pilih menu General. Setelah itu tinggal membuka menu iPhone Storage. Lalu akan muncul informasi mengenai sisa penyimpanan yang tersedia.

Melalui menu Phone Storage kita bisa mengetahui sisa memori yang tersedia dan jenis file yang memakan banyak memori. Selain itu, tersedia pula rekomendasi untuk mengosongkan memori penyimpanan dengan menghapus file video ataupun file lainnya yang tidak penting.

2. Mengoptimalkan Penyimpanan Foto

Seperti yang kami sampaikan di atas, iPhone dilengkapi fitur iCloud yang bisa digunakan untuk menyimpan foto dan video berukuran besar. Fitur tersebut bisa aktif secara otomatis apabila kalian mengaktifkan menu iCloud Photos pada bagian Settings, lalu pilih Photos. Kemudian tinggal aktifkan iCloud Photos.

Namun agar bisa menyimpan foto dan video berukuran besar ke iCloud secara otomatis kalian harus mengaktifkan pengaturan Optimize iPhone Storage. Dengan cara inilah kalian bisa mengoptimalkan memori penyimpanan iPhone agar tidak cepat penuh karena terlalu banyak foto dan video yang tersimpan.

3. Gunakan Layanan Cloud Lain

Mengingat kapasitas iCloud yang diberikan Apple terbatas hanya 5GB dan harus berlangganan apabila ingin mendapatkan memori penyimpanan lebih besar, maka kami sarankan untuk menggunakan layanan Cloud pihak ketiga untuk menyimpan foto, video, ataupun file berukuran besar.

Ada banyak sekali layanan Cloud yang tersedia untuk iPhone seperti Google Drive, DropBox, OneDrive, Google Photos, dll. Semuanya bisa digunakan secara gratis dan rata-rata memiliki memori penyimpanan lebih besar dibanding iCloud. Hanya saja setiap file harus diupload secara manual ke layanan cloud yang dipilih.

4. Hapus Game / Aplikasi

Managemen memori sangatlah penting, terutama bagi yang memiliki iPhone dengan kapasitas memori penyimpanan terbatas. Kami sarankan untuk menghapus aplikasi atau game yang jarang digunakan agar bisa menghemat ruang penyimpanan. Untuk menghapusnya bisa langsung dari App Drawer atau melalui menu iPhone Storage.

Untuk mengetahui ukuran aplikasi atau game yang sudah terinstal di iPhone, kalian bisa masuk ke menu Settings > General > iPhone Storage. Setelah itu akan muncul ukuran setiap aplikasi dan game yang terinstal sehingga anda bisa memutuskan mana yang akan dihapus.

5. Offload Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Bagi yang tidak mau menghapus aplikasi atau game bisa memanfaatkan fitur Offload. Fitur tersebut akan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan sehingga tidak ada cache yang tersimpan. Untuk mengaktifkannya silahkan masuk ke menu Settings > General > iPhone Storage. Lalu pilih aplikasi yang diinginkan, kemudian pilih Offload App.

6. Hapus Video dan Musik Dari Aplikasi Streaming

Bagi yang hobi mendownload film ataupun musik dari aplikasi streaming seperti Netflix dan Spotify maka secara otomatis data akan tersimpan pada aplikasi dan terenkripsi agar tidak bisa dibuka secara langsung melalui galeri. Itu artinya kita harus menghapusnya lewat aplikasi agar memori penyimpanan iPhone tidak penuh.

Cara menghapusnya cukup mudah. Kalian hanya perlu masuk ke menu Settings > General > iPhone Storage. Lalu pilih aplikasi yang diinginkan. Jika memang ada file yang terdownload maka akan muncul detail-nya. Nah untuk menghapusnya silahkan tekan Delete.

7. Hapus Cache Browser

Sebagian besar pengguna iPhone menggunakan browser Safari untuk browsing, streaming, ataupun kebutuhan lainnya. Semakin sering digunakan maka semakin banyak cache yang tersimpan. Kami sarankan untuk menghapusnya agar penyimpanan iPhone tidak penuh dan membuat performa Safari menjadi lebih cepat.

Untuk menghapusnya silahkan masuk ke menu Settings, lalu pilih Safari. Kemudian tekan Clear History dan Website Data. Bagi yang menggunakan browser lain seperti Chrome, Opera, Firefox, dll juga perlu melakukan hal yang sama. Tentu cara menghapusnya berbeda, tergantung dari browser yang digunakan. 

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips agar penyimpanan iPhone tidak penuh. Pada intinya kalian hanya perlu menghapus file-file berukuran besar atau menyimpannya ke Cloud. Setelah melakukannya, kami jamin memori akan kembali lega sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file lain ataupun untuk menginstal aplikasi serta game.

Cukup sekian tutorial projektino.com pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula artikel lainnya mengenai Cara Melihat Jumlah Kontak WA di Android  dan beragam artikel terbaru lainnya yang akan kami update setiap hari. 

Tinggalkan komentar