6 Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Semua smartphone Android dilengkapi fitur Opsi Pengembang atau Opsi Developer, tak terkecuali Xiaomi. Fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya cukup mudah, namun banyak pengguna hp Xiaomi yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur opsi pengembang. Oleh karena itulah kami akan memberikan tutorialnya berikut ini.

Opsi Pengembang bisa dikatakan sebagai salah satu fitur tersembunyi. Melalui fitur tersebut, kita bisa mengakses berbagai macam menu untuk mengoptimalkan performa hp Xiaomi seperti mengatur kecepatan animasi, mengaktifkan USB Debugging, dan berbagai macam pengaturan lainnya.

Bagi yang ingin melakukan root juga wajib mengaktifkan Opsi Pengembang agar bisa unlock bootloader yang menjadi syarat wajib sebelum melakukan rooting. Masih banyak fungsi lainnya yang hanya bisa kalian ketahui apabila mengaktifkan fitur tersebut.

Untungnya cara mengaktifkan Opsi Pengembang di hp Xiaomi sangat mudah. Semua tipe memiliki cara yang sama, dan untuk mengetahuinya silahkan mengikuti setiap langkah pada tutorial projektino.com berikut ini.

Tutorial Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Fungsi Opsi Pengembang sangatlah penting, terutama bagi para developer yang ingin mengembangkan aplikasi untuk hp Xiaomi. Selain itu, Opsi Pengembang juga bisa digunakan untuk mengatasi hp Xiaomi yang lemot. Caranya adalah dengan mengatur “Batas Proses Latar Belakang” menjadi “Tidak Ada Proses Latar Belakang”.

Jika memilih tidak ada proses latar belakang maka berarti tidak ada aplikasi yang berjalan di Background sehingga bisa mengatasi hp Xiaomi yang lemot. Tak hanya itu, anda juga bisa meningkatkan performa hp Xiaomi dengan mengatur skala animasi yang tersedia di Opsi Pengembang.

Semua menu yang tersedia pada Opsi Pengembang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Bagi yang penasaran dengan semua fitur yang tersedia, silahkan simak tutorial cara mengaktifkan Opsi Pengembang di hp Xiaomi berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka menu Setelan atau Setting yang ada di hp Xiaomi
  2. Berikutnya pilih menu Tentang Telepon
  3. Setelah itu silahkan anda ketuk 5 kali pada bagian Versi MIUI sampai muncul notifikasi bahwa “Sekarang Anda Sudah Developer“.
  4. Kemudian untuk membuka Opsi Pengembang yang sudah aktif, silahkan kembali lagi ke halaman Setelan, lalu pilih menu Setelan Tambahan
  5. Selanjutnya pilih menu Opsi Pengembang
  6. Opsi Pengembang Berhasil Diaktifkan

Menu yang tersedia pada Opsi Pengembang sangatlah banyak. Kami sarankan untuk hati-hati saat mengubah suatu pengaturan. Sebab kesalahan mengatur Opsi Pengembang bisa membuat hp Xiaomi error. Jika memang tidak dibutuhkan lebih baik menonaktifkan Opsi Pengembang dengan cara mengklik tombol nonaktif pada bagian atas. 

Sebagai catatan, kami menggunak menggunakan hp Xiaomi Redmi Note 11 dengan sistem operasi Android 11. Bagi yang menggunakan smartphone tipe lain caranya sama saja. Pada intinya anda hanya perlu masuk ke menu Tentang Ponsel, lalu ketuk 5 kali pada bagian versi MIUI sampai muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah aktif. 

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat di atas, cara mengaktifkan opsi developer di hp Xiaomi sangatlah mudah. Silahkan anda mengikuti tutorial di atas agar bisa mengaktifkan fitur tersembunyi tersebut. Setelah aktif maka barulah anda bisa mengubah dan mengaktifkan berbagai macam menu yang tersedia.

Cukup sekian informasi singkat pada artikel projektino.com kali ini. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengguna hp Xiaomi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Melihat Waktu Penggunaan Aplikasi di Xiaomi dan berbagai macam aritkel bermanfaat lainnya. 

Tinggalkan komentar