16 Cara Tutup Akun Instagram Permanen Selamanya Lewat Hp

Banyak pengguna Instagram yang ingin tutup akun, namun mengalami kesulitan karena belum mengetahui cara tutup akun Instagram permanen. Padahal caranya cukup mudah dan bisa dilakukan lewat hp. Nah bagi yang ingin mengatahui caranya silahkan simak berikut ini. 

Instagram merupakan platform berbagi foto dan video. Melalui media social ini kita bisa mengupload ribuan foto secara gratis. Selain itu, Instagram juga memiliki fitur untuk mengupload video yang nantinya bisa ditonton oleh jutaan pengguna Instagram dari seluruh dunia.

Saat ini Instagram menjadi saah satu social media dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Kesuksesan ini tak lepas dari inovasi Instagram dalam menghadirkan kemudahan mengupload berbagai macam konten melalui smartphone.

Instagram juga bisa menjadi ladang bisnis menjanjikan karena kita bisa mengupload produk ataupun jasa melalui sosial media tersebut. Meskipun begitu, tentu saja banyak orang yang merasa bosan dan ingin menutup akun Instagram.

Selain karena bosan, banyak pengguna yang ingin menutup akun Instagram karena alasan privacy. Apapun alasannya, Instagram tetap memudahkan para penggunanya dalam menutup akun. Nah bagi yang belum mengetahui caranya, silahkan simak tutorial cara tutup akun Instagram permanen lewat hp di bawah ini.

Tutorial Cara Tutup Akun Instagram Permanen Lewat Hp

Untuk menutup akun Instagram permanen harus melalui browser. Sebab Instagram tidak menyediakan menu tutup akun pada aplikasi miliknya. Meskipun terdengar cukup ribet, namun sebenarnya cara tutup akun Instagram permanen sangatlah mudah.

Nantinya Instagram akan memberikan waktu selama 30 hari sebelum menghapus semua data secara permanen. Jadi anda tetap bisa kembali mengaktifkan akun apabila berubah pikiran. Namun setelah 30 hari setelah pengajuan tutup akun dikirim maka semua data akan terhapus permanen.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Instagram terlebih dahulu menonaktifkan akun secara sementara sebelum nantinya dinonaktifkan permanen. Hal ini sengaja dilakukan agar pengguna Instagram bisa kembali mengaktifkan akun apabil berubah pikiran.

Sebenarnya kita cukup menonaktifkan akun Instagram sementara agar nantinya bisa diaktifkan kembali. Jangan sampai menyesal semua data yang tersimpan di Instagram akan hilang seperti foto, video, followers, ataupun data lainnya.

Namun bagi yang sudah yakin 100% ingin tutup akun Instragram permanen maka bisa mencoba cara yang kami sampaikan di bawah ini.

Cara Backup Akun Instagram

Sebelum tutup akun, kami sarankan untuk terlebih dahulu membackup file-file penting yang ada di Instagram. Siapa tahu ada foto atau video penting yang sebelumnya sudah pernah diupload ke akun Instagram. Adapun cara backupnya silahkan simak dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Klik icon menu pada pojok kanan atas
  3. Lalu pilih Pengaturan
  4. Selanjutnya pilih Keamanan
  5. Kemudian klik Unduh Data
  6. Lalu masukan alamat email untuk membackup akun
  7. Jika sudah maka klik Minta Unduhan
  8. Kemudian Instagram akan mengirimkan data backup ke alamat email yang dimasukan

Cara Tutup Akun IG Permanen Selamanya

Setelah data berhasil dibackup maka anda tinggal menghapus akun IG secara permanen. Namun untuk menghapus akun tidak bisa melalui aplikasi Instagram. Anda harus menggunakan browser, lalu ikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan terlebih dahulu membuka browser yang ada di smartphone
  2. Kemudian buka halaman pengajuan tutup akun Instagram www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
  3. Kemudian login dengan akun Instragram yang akan dihapus secara permanen
  4. Lalu langkah selanjutnya adalah memilih opsi mengapa ingin menghapus akun Instagram. Silahkan pilih salah satu opsi yang tersedia
  5. Setelah itu akan muncul perintah untuk memasukan password Instagram. Silahkan masukan password pada kolom yang tersedia.
  6. Jika password sudah dimasukan maka tinggal klik tombol Delete
  7. Lalu akan muncul pop-up yang berisi apakah anda yakin ingin menghapus akun Instragram. Jika yakin 100% maka tinggal klik OK
  8. Setelah itu akun Instragram akan terhapus permanen

Instagram akan memberikan waktu selama 30 hari sebelum semua data pada akun terhapus permanen. Apabila anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkan akun yang dihapus permanen maka bisa kembali melakukan login dan otomatis pengajuan tutup akun akan dibatalkan.

Perlu diingat, jika sudah lebih dari 30 hari maka akun Instagram yang ditutup permanen tidak bisa lagi diaktifkan. Jadi lebih baik berpikir dua kali jika ingin tutup akun Instagram permanen. Terlebih bagi yang memiliki followers dalam jumlah banyak, tentu hal tersebut sangat disayangkan.

Dari pada tutup akun IG permanen lebih baik tutup akun sementara. Namun semuanya kembali ke keputusan masing-masing, apakah memang sudah yakin ingin menutup akun permanen atau tidak.

Kesimpulan

Sebagai salah satu sosial media dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, Instagram sukses membuat banyak orang ketagihan mengupload foto atuapun video pada platform miliknya. Namun tak sedikit yang merasa bosan dan ingin menghapus akun permanen.

Untungnya Instagram mempermudah para penggunanya dalam menghapus akun. Ada dua opsi yang diberikan, yakni tutup akun sementara dan permanen. Bagi yang ingin menutup akun sementara maka bisa menyimak caranya pada tutorial berikut “Cara Menonaktifkan Instragram Sementara”.

Nah demikianlah tutorial singkat yang kami sampaikan pada artikel projektino.com kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengguna IG yang ingin tutup akun secara permanen selamanya lewat hp. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi Tanpa ROOT dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan komentar