Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi bisa dilakukan tanpa root. Caranya juga sangat mudah, namun kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur untuk mengapus aplikasi bawaan hp Xiaomi. Aplikasi tersebut bernama Redmi System Manager. Bagi Mi Fans garis keras mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi tersebut, karena sejatinya Redmi System Manager merupakan aplikasi lama keluaran tahun 2017.

Dengan menginstal Redmi System Manager kita bisa menghapus aplikasi bawaan Xiaomi seperti Google Play Music, Google Play Movie, Google Photos, dan masih banyak lagi lainnya. Namun perlu kalian ketahui, bahwa tidak semua aplikasi bisa dihapus. Sebab ada beberapa aplikasi yang dirancang secara khusus untuk mendukung system hp Xiaomi yang menggunakan sistem operasi MIUI.

Apabila ingin memaksakan semua aplikasi harus di hapus, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan rooting. Tidak semua orang menyukai jalan tersebut. Pasalnya hp Xiaomi yang diroot berpotensi kehilangan garansi. Oleh karena itulah kami lebih menyarankan cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root.

Namun ada konsekuensi menghapus aplikasi bawaan tanpa root, yakni aplikasi tidak benar-benar terhapus, melainkan dinonaktifkan. Itu artinya aplikasi masih tetap ada, dan bisa diaktifkan kembali sewaktu-waktu. Apabila ingin benar-benar terhapus, maka kalian harus melakukan root terlebih dahulu.

Dari pada garansi hilang dan beresiko terjadi error karena kesalahan rooting, maka lebih baik memilih menontaktifkan aplikasi. Lagi pula aplikasi yang dinonaktifkan menggunakan Redmi System Manager akan hilang dari home screen, jadi sama saja kita menghapusnya. Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?

Download Redmi System Manager

Kalian tidak akan menjumpai aplikasi Redmi System Manager di Play Store. Lalu bagaimana cara menginstalnya? Untuk mendapatkan aplikasi tersebut kalian harus download melalui toko aplikasi pihak ketiga. Kami sarankan untuk mengundunya melalui apkpure.com yang sudah terpercaya dan pastinya aman.

Untuk mengunduhnya, kalian bisa memilih versi 2.0.3. Namun versi tersebut tidak bisa diinstal secra langsung karena membuktuhkan aplikasi bernama XAPK Installer agar bisa menginstal aplikasi dalam format XAPK. Bagi yang tidak mau ribet, kami sarankan untuk mengunduh Redmi System Manager v1.1 yang bisa diunduh “DI SINI“.

Setelah aplikasi berhasil di download, kemudian kita tinggal menginstalnya. Aplikasi tersebut memiliki ukuran hanya sebesar 945.9 KB dan dapat berjalan di semua tipe hp Xiaomi. Namun untuk versi 2.0.3 kemungkinan hanya terbatas untuk tipe tertentu saja, jadi lebih baik langsung mendownlaod versi v1.1 yang tersedia gratis di apkpure.com.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Silahkan mengikuti step-by-step cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root dibawah ini agar bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Langsung saja silahkan simak  caranya berikut ini.

1. Buka Aplikasi Redmi System Manager

Setelah aplikasi terinstal, lalu buka aplikasi Redmi System Manager atau System App Remover pada homescreen. Kemudian klik Start

2. Pilih Aplikasi Yang Dihapus

Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang akan dihapus. Sebagai contoh kami akan menghapus aplikasi Google Duo yang merupakan aplikasi bawaan hp Xiaomi. Silahkan klik aplikasi tersebut.

3. Klik Nonaktifkan

Kemudian akan muncul opsi Nonaktifkan dan Paksa Berhenti. Nah agar aplikasi bisa terhapus dari homescreen, maka pilihlah Nonaktifkan.

4. Setujui Menonaktifkan Aplikasi

Selanjutnya akan muncul peringatan pada bagian bawah. Silahkan pilih Menonaktifkan aplikasi.

5. Aplikasi Terhapus

Aplikasi yang tadinya ada di homescreen akan langsung hilang apabila kalian mencoba cara menghapus aplikasi bawaan Samsung tanpa root di atas. Namun sejatinya aplikasi tidak benar-benar terhapus, karena hanya dinonaktifkan saja.

Tanpa disadari menonaktifkan aplikasi yang tidak penting menjadi salah satu cara menghemat baterai hp Xiaomi. Sebab aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan berjalan pada background, sehingga konsumsi baterai lebih irit.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Yang Dihapus

Seperti yang kami sampaikan di atas, aplikasi bawaan Xiaomi yang dihapus masih bisa diaktifkan kembali. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya kembali? Untuk mengetahui caranya, silahkan simak dibawah ini.

  1. Buka kembali aplikasi Redmi System Manager yang sudah diinstal sebelumnya.
  2. Kemudian klik Start
  3. Lalu cari aplikasi yang sudah dinoaktifkan. Klik aplikasi tersebut
  4. Setelah itu klik tombol Aktifkan.
  5. Kemudian silahkan kembali ke homecreen, dan aplikasi yang dihapus sebelumnya akan kembali lagi.

Tutorial yang kami sampaikan di atas memang sangat mudah, dan kami yakin semua pengguna hp Xiaomi bisa melakukannya. Yang paling penting kalian harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Redmi System manager agar bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus secara langsung dari menu kelola aplikasi yang ada pada pengaturan hp Xiaomi.

Sayangnya tidak semua aplikasi bisa dihapus menggunakan cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang kami sampaikan di atas. Kalian hanya bisa menghapus beberapa aplikasi saja yang tidak terhubung dengan sistem. Kekurangan tersebut tidak jadi masalah selama apliksi bawaan yang menggangu bisa kita hilangkan dari homescreen.

Silahkan mencoba cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root dengan mengikuti setiap langkah yang kami sampaikan. Jangan lupa simak pula informasi mengenai kode warna css dan cara menghapus akun Gmail pada artikel projektino.com sebelumnya. Sekian & Terima Kasih