10 Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Di HP Samsung Tanpa ROOT

HP Android atau Ponsel pintar ini merupakan salah satu alat yang paling banyak digunakan di Dunia untuk memudahkan berbagai macam aktivitas. Seperti, berkomunikasi, menjelajah internet, bermain game dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan HP Android ini.

Trend Menggunakan Android juga banyak semakin banyak, bahkan bisa mengalahkan pengguna dari Windows, iPhone atau sistem operasi lainnya dari tahun ke tahun. Berbagai masalah juga semakin banyak bermunculan saat menggunakan ponsel android.

Karena penggunaannya yang mudah dan banyaknya aplikasi yang bisa membantu pekerjaan serta harganya yang terjangkau sehingga HP Android ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Salah satu merek HP Android yang sudah terkenal di Indonesia yaitu merek Samsung.

Bukan tanpa alasan rasanya jika HP Samsung setiap tahunnya mengeluarkan tipe-tipe terbaru dan pastinya semakin canggih yang membuat produk HP dari Samsung ini banyak yang menggunakannya. Perfoma samsung yang baik di semua tipe tentunya menjadi alasan utamanya.HP

Samsung juga sudah sangat populer di Indonesia dan sudah mempunyai nama yang lebih baik dari nama merek HP Android lainnya. Dengan demikian, orang yang menggunakan HP Samsung akan terlihat lebih istimewa karena memiliki HP yang bermerek.

Meskipun HP Samsung banyak digunakan di Indonesia, namun ada beberapa jenis HP Samsung yang belum memiliki support bahasa Indonesia. Biasanya jenis HP Samsung yang belum support bahasa Indonesia yaitu jenis Samsung Global, sedangkan untuk jenis HP Samsung yang sudah support bahasa Indonesia yaitu Samsung jenis SEIN.

Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Di HP Samsung Tanpa ROOT

Dibawah ini adalah cara-cara menambahkan bahasa untuk HP Samsung yang belum support bahasa Indonesia. Perhatikan dengan baik langkah dari Projektino.com berikut ini agar kamu bisa melakukan pergantian bahasa dengan baik dan benar di ponsel samsung.

1. Menggunakan Aplikasi Set Locale & Language

HP Samsung yang belum memiliki layanan bahasa Indonesia pastinya akan membuat kesulitan bagi para penggunanya, maka dari itu gunakan fitur Set Locale and Language untuk mengaksesnya. Dengan aplikasi ini, pengguna HP Android bisa dengan mudah untuk mengaktifkan bahasa Indonesia dan bahkan bahasa dari negara lainpun bisa diaktifkan dengan aplikasi ini.

Dengan cara ini, kemungkinan berhasil sangat besar untuk menambahkan bahasa Indonesia, namun kelemahannya adalah aplikasi ini tidak permanen sehingga saat HP Android sireset maka aplikasi ini harus diinstall kembali. Berikut ini adalah cara-cara menambah bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Set Locale and Language.

  1. Download dan install aplikasi Set Locale and Language.
  2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian cari dan pilih bahasa Indonesia dalam aplikasi tersebut.
  4. Setelah bahasa Indonesia dipilih, maka HP Samsung sudah bisa mendapatkan layanan bahasa Indonesia.

2. Menggunakan Layanan Flash Stock Rom

Cara ini juga bisa digunakan untuk menambahkan bahasa Indonesia pada HP Samsung. Dengan menggunakan layanan flash stock rom peluang berhasil untuk menambhakan bahasa Indonesia sangat besar, namun ada beberapa resiko yang perlu diketahui sebelum melakukannya.
Salah satu resiko tersebut adalah data yang sudah tersimpan pada perangkat akan terhapus. Dengan demikian, sebelum melakukan cara ini sebaiknya back up data terlebih dahulu agar data tetap aman.

Selain itu, cara ini juga dinilai sangat efisien untuk menambahkan bahasa Indonesia karena bersifat permanen sehingga tidak mengganggu kenyamanan bagi para penggunanya. Cara yang satu ini juga tidak hanya diterapkan pada HP Samsung saja, namun HP Android lain juga bisa menggunakan cara ini untuk menambahkan bahasa Indonesia.

Cara untuk menambahkan bahasa Indonesia menggunakan layanan flash stock rom ini membutuhkan alat bantu lain yang bernama QFIL. Sebelum melakukan langkah-langkah berikutnya, siapkan dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan seperti,

  • PC atau Laptop.
  • QPTS.
  • Driver untuk kebutuhan Qualqomm.
  • Firmware untuk HP Android yang digunakan.
  • Pastikan baterai HP diatas 50%.

Setelah semua bahan terpenuhi, sekarang tinggal ikuti langkah-langkah untuk menambahkan bahasa Indonesia tanpa root di HP Samsung. Langkah-langkah tersebut yaitu,

  1. Pertama buka dahulu aplikasi QFIL.
  2. Setelah itu, pilih menu “browse” dan di “program patch” pilih firmware yang sesuai dengan perangkat yang akan ditambahkan bahasa.
  3. Jangan lupa pilih prog-emmc-firehose_Samsung.
  4. Lalu pilih “load XML” dan klik xml atau bisa juga rawprogram_unspare.xml sesuai dengan firmware yang digunakan lalu pilih patc0.xml.
  5. Setelah itu hubungkan HP Android di kondisi 9008 dan pastikan terdeteksi oleh aplikasi tersebut.
  6. Jika terjadi masalah karena belum terdeteksi, maka cek driver dibagian device manager, apabila terdapat tanda seru berarti driver belum terinstall pada perangkat.
  7. Langkah yang terakhir yaitu download aplikasi QFIL dan tunggu hingga proses flash selasai dilakukan.
  8. Setelah proses flash selesai, maka bahasa Indonesia sudah ada di HP Android Samsung.

3. UPGRADE OS

Cara yang terakhir untuk menambahkan bahasa Indonesia pada HP Samsung adalah dengan meng-upgrade OS. Cara ini memakan waktu yang cukup lama dan memiliki cara yang rumit untuk melakukannya.

Tidak hanya itu saja, cara ini juga memiliki berbagai resiko yang merugikan untuk perangkat Android. Salah satu diantaranya adalah data yang tersimpan pada perangkat akan hilang.

Jadi, sbelum melakukan cara ini sebaiknya back up dahulu semua data yang tersimpan pada perangkat agar tidak terhapus saat memalukan cara ini. Jika ingin melakukan cara ini, sebaiknya serahkan saja kepada yang ahli seperti dibawa ke Counter atau teknisi lain yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.

Setelah berhasil meng-upgared OS pada Android, maka layanan bahasa Indonesiapun sudah bisa dinikmati di HP Android Samsung. Dengan demikian, HP Samsung sudah bisa digunakan dengan mudah karena memiliki bahasa yang bisa dimengerti oleh para penggunanya.

Nah, dari ke-3 cara diatas bisa dipilih mana yang paling mudah dan paling aman untuk menambahkan bahasa Indonesia di HP Android. Terutama bagi yang menggunakan HP Samsung bisa pilih cara manual. Dibawa ke Counter saja untuk mendapatkan layanan bahasa Indonesia tergantung keinginan penggunanya.

Kesimpulan

Banyak dari ponsel yang di luar negeri hadir di Tanah Air dengan tidak membawa bahasa Indonesia. Bagi sebagian dari kita yang tidak paham betul bahasa asing mungkin Cara Menambahkan Bahasa Indonesia Di HP Samsung Tanpa ROOT merupakan pilihan tepat.

Mudah banget deh untuk mengatasi ponsel android tidak ada bahasa Indonesianya seperti uraian projektino diatas. Sama mudahnya dengan Cara Cek Garansi Xiaomi Online yang sebelumnya sudah projektino ulas di artikel sebelumnya.

Hai salam kenal semuanya. Perkenalkan nama saya Rafina. Saya merupakan penulis projektino.com yang masih menjadi mahasiswa di salah satu perguruaan swasta di Bandung

Tinggalkan komentar